Recall Ferrari 812 Superfast Kembali Diumumkan Akibat Kaca Belakang Bisa Terlepas

23/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Recall Ferrari 812 Superfast Kembali Diumumkan Akibat Kaca Belakang Bisa Terlepas
Recall Ferrari 812 Superfast kembali diumumkan untuk kali kedua. Dan yang terbaru recall terjadi lantaran ada risiko kaca belakang mobil bisa terlepas akibat pengikat yang kurang baik.

Tidak ada hal yang sempurna memang di dunia ini. Meskipun itu sebuah brand otomotif mewah yang sudah puluhan tahun menghadirkan produk berkualitas yang dibuat terbatas dengan tingkat kepresisian yang tinggi, masih mungkin juga terjadi suatu kesalahan.

Kali ini kita berbicara tentang Ferrari, sebuah merek otomotif yang sudah lebih dari satu dekade memproduksi mobil berperforma terbaik. Namun Kuda Jingkrak ini tetap memiliki sebuah kecacatan produk yang harus segera diperbaiki. Kali ini unitnya menimpa Ferrari 812 Superfast yang harus dilakukan kampanye penarikan kembali (recall) demi alasan keselamatan.

Recall Ferrari 812 Superfast ini pun harus dilakukan terhadpa lebihd ari 1.000 mobil yang sudah diapsarkan pabrikan tersebut.

>>> FCA Pertimbangkan Recall Hingga 1 Juta Mobil Bermesin 2,4 Liter

Kaca Belakang Ferrari 812 Superfast Bisa Terlepas

Ferrari 812 Superfast rear

Ferrari menyebut kesalahan ada pada pemasok komponen untuk kaca belakang

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (23/10/2020), menurut laporan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), recall Ferrari Superfast harus dilakukan karena ada sistem pengikat kaca jendela belakang yang salah. Ferrari bahkan sudah menerima setidaknya tiga laporan dari jaringan bengkel resmi mereka terkait masalah tersebut.

Pabrikan yang bermarkas di Maranello itu mengklaim kalau kesalahan ada pada pemasok untuk komponen kac abelakang itu. Ini karena area kaca yang menempel di body tidak lebih dulu dibersihkan sehingga membuat suatu saat bisa terlepas. Sebenarnya menurut Ferrari kasus ini sudah pernah terdeteksi dan diatasi di jalur perakitan, namun sepertinya masih banyak unit Ferrari 812 Superfast yang mengalami hal demikian.

Menurut NHTSA, recall ini melibatkan 1.063 unit yang bukan hanya terjual di Italia dan Amerika Serikat (AS), namun juga unit yang tersebar di seluruh dunia. Nantinya surat pemberitahuan kepada seluruh pemilik mobil ini, secara resmi akan dikirimkan oleh Ferrari secara ekslusif.

>>> Lakukan 3 Hal Ini untuk Merawat Kaca Jendela Mobil Anda

Bukan Recall yang Pertama

Ferrari 812 Superfast front

Ferrari juga pernah mengumumkan recall untuk 812 Superfast

>>> Review Ferrari 812 Superfast 2017 Indonesia, Sportscar Mesin Depan Paling Bertenaga

Mengingat Ferrari melaporkan kalau saat proses perakitan sudah ada beberapa unit yang diperbaiki, namun ternyata kasus jedela belakang terlepas masih terjadi, maka NHTSA menyarankan agar jendela dan sistem perekatnya tersebut harus diganti. Proses recall Ferrari 812 Superfast pun dijadwalkan dimulai Desember 2020.

Ternyata catatan NHTSA juga menunjukkan kalau recall untuk 812 Superfast bukan kali pertama diterima Ferrari. Pada Februari 2019 silam, produsen mobil asal Italia itu juga harus mengumumkan penarikan kembali terhadap mobil sport tersebut. Kesalahannya ada pada komponen pemisah uap haban bakar yang retak atau bocor. Sama seperti jendela belakang, komponen yang retak itu diklaim kesalahan dari pemasok, karena ditemukan fakta bahwa kondisi pengelasan komponen tidak sempurna.

Kedua kasus recall 812 Superfast ini pun menandakan jika sebuah mobil super berharga miliaran rupiah tidak menjamin produk yang diberikan sempurna. Padahal berbekal mesin 6.500 cc V12 Superfast menjadi salah satu mobil Ferrari terkuat. Tenaganya mencapai 789 Hp dengan kemampuan melesat 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik dengan kecepatan tertinggi 340 km/jam.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top