Belum Dihapus, Pertamina Masih Jual BBM Premium!

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Belum Dihapus, Pertamina Masih Jual BBM Premium!
PT Pertamina (Persero) kembali menegaskan bahwa pihaknya hingga saat ini masih jual BBM premium yang tersedia di 4.700 outletnya dengan bensin jenis lain.

Kabar tentang penghapusan BBM jenis premium kembali mencuat. PT Pertamina (Persero) memang diketahui tengah mengkaji varian produk BBM jenis bensin yang lebih ramah lingkungan untuk dijual. 

Kajian tersebut berkaitan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.20 tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, bensin yang harus dijual ke publik minimum harus mengandung RON 91.

Menanggapi kebijakan tersebut, Pertamina pun menyebut pihaknya masih menjual BBM jenis Premium di 4.700 outletnya di Tanah Air. 

BBM Pertamina

Pertamina masih jual BBM Premium

>>> Fakta Dibalik Pertalite Harga Khusus yang Dijual Rp 6.450 per Liter

Pertamina Masih Jual BBM Premium Sesuai Penugasan Pemerintah

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan sampai saat ini Pertamina masih jual BBM Premium atau BBM RON 88 yang merupakan penugasan dari Pemerintah. Sepanjang peraturan berlaku, maka penugasan pun tetap dijalankan Pertamina dengan sebaik-baiknya. 

“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium di Indonesia,” ujar Fajriyah dalam keterangan resminya yang dilihat Cintamobil.com, Rabu (2/9/2020).

Selain Premium, Pertamina juga menyediakan jenis BBM Umum yang meliputi Perta Series (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo)  dan Dex Series (Pertamina Dex dan Dexlite). 

“Pertamina juga masih menyediakan Pertalite dan BBM lainnya di SPBU di Indonesia. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

>>> Konsumsi BBM Pertamina Naik 10 Persen Sejak PSBB Transisi

Dorong Masyarakat Gunakan BBM yang Lebih Ramah Lingkungan

Penugasan penyaluran BBM jenis Premium tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 serta Kepmen ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018.

BBM Premium

Dorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan

Namun dalam rangka mendukung agenda global untuk mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dan sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 Tahun 2017, Pertamina terus konsisten mengedukasi konsumen dan mendorong penggunaan BBM dengan kualitas lebih baik serta lebih ramah lingkungan

“Sesuai kesepakatan dunia dan Pemerintah, setiap negara berupaya menurunkan emisi karbon  dan mengurangi polusi udara, salah satunya dengan menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Seperti yang sudah kita rasakan sejak PSBB, langit biru dan udara lebih baik, untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas,” tandasnya. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Konsumsi BBM di RI Turun karena Pandemi Covid-19

26/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Meski dihantam pandemi Covid-19 yang membuat konsumsi BBM harian semester I turun 13 persen. Pertamina optimis kinerja di tahun 2020 akan tetap positif.

Lihat juga

Konsumsi BBM di Bali Naik 11% dalam Sebulan

25/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Pertamina (Persero) MOR V Jatimbalinus melaporkan dalam satu bulan konsumsi BBM di Bali naik 11 persen dari 2.600 Kilo Liter (KL) menjadi 2.900 KL per hari.

Lihat juga

Konsumsi BBM di Tol Sumatra Naik 13,6% Selama Libur Panjang

24/08/2020

Mobil baru

3 menit

Pertamina MOR II Sumatra bagian selatan mencatat konsumsi BBM di SBPU Tol Sumatra naik signifikan hingga 13,6 persen selama masa libur panjang 1 Muharram 1442 H

Lihat juga

Promo Merdeka Pertamina, Beli BBM Dapat Cashback 30%

07/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Sambut HUT RI ke 75 Pertamina hadirkan Promo Merdeka berupa Cashback 30% untuk setiap pembelian BBM di SPBU. Berlaku syarat dan ketentuannya sebagai berikut!

Lihat juga

Pemerintah Dorong Penggunaan BBM RON 91 pada Mobil Bensin

22/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah terus melakukan pengembangan akan penerapan standar emisi Euro 4. Salah satunya adalah mendorong penggunaan BBM RON 91 pada mobil bensin di RI.

Lihat juga
 
back to top