Konsumsi BBM Pertamina Naik 10 Persen Sejak PSBB Transisi

29/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Konsumsi BBM Pertamina Naik 10 Persen Sejak PSBB Transisi
Konsumsi BBM Pertamina mulai meningkat sejak dimulainya fase new normal atau PSBB transisi, pertanda makin banyak yang pakai kendaraan bermotor di jalan.

Pertamina menyatakan konsumsi BBM meningkat 10 persen sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi 8 Juni 2020 lalu. Rata-rata menjadi 114 KL per hari. Meski demikian angkanya masih di bawah rata-rata normal 135 ribu kilo liter (KL) per hari (Januari-Februari 2020).

“Jika selama PSBB, konsumsi BBM secara umum mengalami penurunan sekitar 26 persen, saat ini penurunannya berkurang menjadi sekitar 16 persen dibanding rerata konsumsi normal,” tutur Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, seperti dikutip Cintamobil dari Pertamina, (27/6/2020).

Makin banyak yang berkendara

Peningkatan konsumsi BBM di atas, menurut Fajriyah merupakan pertanda makin banyak kendaraan bermotor yang beroperasi, terutama karena di masa PSBB transisi aktivitas berkendara mulai diizinkan. Baik kendaraan pribadi maupun berbagai moda transportasi umum. Baik yang menggunakan BBM gasoline (Pertalite dan Pertamax series), maupun yang menggunakan BBM gasoil (solar, biosolar, dan Dex series).

Dijelaskan lebih terperinci, jelang semester kedua 2020 dengan kebijakan transisi new normal, konsumsi gasoline tercatat 78,82 ribu KL sementara konsumsi gasoil mencapai 34,99 ribu KL.

>>> Pengemudi Mobil Tak Perlu Turun Saat Isi BBM di SPBU

Foto aktivitas di salah satu SPBU Pertamina

Terjadi peningkatan volume kendaraan di masa PSBB transisi

Strategi meningkatkan penjualan

Pertamina terus menggenjot konsumsi BBM dengan beragam upaya, seperti menjaga distribusi, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, hingga beragam promo menarik. Pertamina juga memperluas jaringan layanan Pertamina Delivery Service (PDS) di sejumlah daerah.

“Untuk mendorong tingkat penjualan sekaligus menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan tugas untuk menyediakan energi, Pertamina tetap mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri, sehingga seluruh SPBU tetap beroperasi melayani konsumen baik pada masa PSBB, New Normal maupun Normal. Selain itu, program promosi cashback dan Berbagi Berkah My Pertamina juga tetap berlanjut sebagai stimulus bagi konsumen,” kata Fajriyah.

"Pemulihan ekonomi di sejumlah wilayah belum merata. Kami masih terus memantau perkembangan pandemi Covid 19. Namun untuk memastikan kebutuhan energi terpenuhi, Pertamina tetap menyediakan BBM di seluruh wilayah sesuai permintaan. Dengan pasokan yang tersedia dalam jumlah yang aman, Pertamina dapat berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi nasional dan selalu siap melayani masyarakat,” pungkasnya.

>>> Pertamina Tepis Kabar Premium Akan Dihapus di Indonesia

Foto SPBU Rest Area 429A Semarang berlatar belakang gunung Ungaran

Pertamina menjamin pasokan BBM selama PSBB transisi aman

>>> Berita otomotif yang terbaru dan menarik selalu ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top