Pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Ditarget Rampung Akhir Juni 2020

11/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Ditarget Rampung Akhir Juni 2020
Pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A sudah mencapai 98,7 persen. Jasa Marga menargetkan akhir Juni 2020 pembangunan selesai.

Pandemi virus Corona (COVID-19) tak menghentikan pekerjaan sejumlah proyek infrastruktur di tanah air. Salah satunya pekerjaan kontruksi jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Proyek ini terus berjalan dan memasuki tahap akhir.

Target rampung akhir Juni

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebut hingga 9 Juni 2020 pekerjaan konstruksi tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak telah mencapai 98,7%. Kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Marga Sarana Jabar (MSJ), selaku pengelola menargetkan pekerjaan dapat selesai 100% pada akhir bulan Juni 2020. Dengan begitu jalan yang tersambung dengan Seksi 1 dan Seksi 2B bisa segera dioperasikan.

>>> Larangan Mudik Berakhir, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka Lagi

Foto menunjukkan plang Jalan Tol BORR

Pembangunan Jalan Tol BORR terus berlanjut di tengah pandemi COVID-19

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo berharap konstruksi pekerjaan dapat segera tuntas dan Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak dapat segera beroperasi sehingga dapat menyambung dengan Seksi 1 hingga Seksi 2B Sentul-Simpang Yasmin yang sudah selesai dan beroperasi sejak lama.

"Kami targetkan akhir bulan ini pekerjaan konstruksi dapat selesai dan segera dioperasikan setelah mengikuti berbagai uji laik sesuai ketentuan yang berlaku," tutur Direktur Utama, PT MSJ Hendro Atmodjo, sebagaimana dirilis Jasa Marga, (10/6/2020).

Spesifikasi Jalan Tol BORR

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) atau Jalan Tol Lingkar Luar Bogor merupakan serangkaian jalan tol yang melingkar mengintari Kota Bogor menghubungkan Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda. Panjang keseluruhannya mencapai 12 Km dan terbagi menjadi beberapa Seksi, sebagai berikut:

  • Seksi 1 Sentul-Kedunghalang, sepanjang 3,85 Km. Dibangun sejak Maret 2008 dan resmi beroperasi November 2009
  • Seksi 2A Kedunghalang-Kedungbadak, sepanjang 1,95 Km. Beroperasi akhir Mei 2014.
  • Seksi 2B Kedungbadak-Simpang Yasmin, sepanjang 2,65 Km. Beroperasi awal Juni 2018
  • Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak, sepanjang 2,85 Km.
  • Seksi 3B Semplak-Junction Salabenda, sepanjang 4 Km

Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak berupa jalan tol layang yang dibangun menggunakan 2.166 box girder. Pemasangannya telah dimulai sejak September 2019. Hingga saat ini semua box girder sudah terpasang dan sedang dilakukan uji beban.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal Berikut!

Foto menunjukkan jalan tol BORR

Jalan Tol BORR memperlancar akses di Kota Bogor

"Hingga saat ini, box girder telah terpasang 100% atau sebanyak 2.166 buah dan untuk memenuhi persyaratan kelaikan fungsi konstruksi jembatan tol maka akan dilakukan Uji Beban (Loading test) secara statis dan dinamis pada 14-17 Juni mendatang oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR," papar Hendro.

Bila sudah beroperasi penuh, Jalan Tol BORR dapat mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar. Jalan Tol Lingkar Bogor ini juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top