Nissan Livina Rasa Xpander Segera Meluncur, Ini Tanggapan Kompetitor

16/02/2019
Kabar kemunculan Nissan Livina Xpander sudah menemukan titik terang. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan bakal meluncurkan pada 19 Februari 2019. Menarik untuk disimak seperti apa tanggapan para kompetitor terkait model terbaru Nissan ini.

Belum usai hingar bingar kemunculan New Avanza 2019 dan Grand New Xenia, publik otomotif Indonesia sudah diramaikan dengan kehadiran Nissan Livina. Meski belum resmi diluncurkan pemberitaan model baru yang sudah lama dinanti kehadirannya ini sudah gencar di media, terutama sejak viral gambar mobil oranye berbodi Xpander dan berwajah khas Nissan tengah melaju di jalanan.

>>> Baca juga: Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

Foto Nissan Livina tampak samping

Sosok mobil diduga Nissan Livina tertangkap kamera netizen

Tidak lagi sembunyi-sembunyi, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku distributor dan agen pemegang merek (APM) Nissan di Indonesia memastikan model baru ini bakal segera diluncurkan. Lewat undangan resmi yang dikirim melalui surat elektronik, media diharapkan bisa hadir di acara peluncuran yang bakal dilakukan pada 19 Februari 2019.

Terkait dengan kehadirannya, berbagai respon muncul dari banyak kalangan mulai awak media, pengamat otomotif hingga masyarakat umum. Tak terkecuali para kompetitor seperti Daihatsu dan Toyota juga memberikan respon atas kehadiran Nissan Livina ini.

Daihatsu

Bagi Daihatsu, tidak ada yang spesial dengan kehadiran Nissan Livina Xpander, dalam artian kehadirannya tidak akan terlalu berpengaruh pada Daihatsu Xenia. Hal tersebut disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Daihatu Motor (ADM) Amelia Tjandra di sela-sela test drive Daihatsu Xenia di Sibolga Sumatera Utara (13/2/2019).

"Biasa saja, namanya pasar global pasti ada kompetisi jadi biasa saja. Dia (Nissan Livina) bukan saingan kita, kalau keluar yang kena siapa. Kita bukan saingan Xpander, kalau produk itu kembaran Xpander ya tanya saja yang kena dampaknya siapa," tutur Amel kepada wartawan seperti dikutip dari Kompas, (14/2/2019). "Kita tidak bisa duga-duga kerena kan belum keluar. Kalau memang begitu (mirip dengan Avanza-Xenia), ya mereka tinggal bertarung dengan pasarnya mereka. Saya bilang dari awal saya konsisten, tidak ada pengaruhnya," lanjutnya.

>>> Daihatsu Xenia Over Target, Inden Hingga 3 Bulan

Tampak eksterior samping Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Grand New Xenia hadir dengan tampilan lebih modern

Toyota

Sebagai pabrikan yang merasakan langsung beratnya persaingan dengan Mitsubishi Xpander kehadiran Nissan Livina sudah pasti tidak bakal diabaikan oleh Toyota. Meski demikian penguasa pasar otomotif roda empat di Indonesia ini sama sekali tidak khawatir dan mengaku sudah menyiapkan strategi untuk tetap berada di level tertinggi.

"Kami akan berusaha menjaga level penjualan Avanza di level 6.000-7.000 unit per bulan. Tentunya dengan beberapa strategi baru dari kami," Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto seperti dikutip dari detikOto, Kamis (14/2/2019).

Cukup bisa dimaklumi jika kemunculan Nissan Livina ini lebih 'menghebohkan' ketimbang kemunculan Datsun Cross pada Januari 2018 silam atau Nissan Terra di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Antusiasme tinggi bermunculan sebab Nissan Livina digadang bisa lebih sukses dibanding Nissan Grand Livina. Salah satu alasan paling kuat, Nissan Livina hadir mengusung platform Mitsubishi Xpander yang sudah terbukti meraup kesuksesan besar.

>>> Baca di sini Review Toyota Avanza Veloz 2019

Review eksklusif New Veloz, varian termahal Toyota Avanza 2019

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain