Daihatsu Xenia Over Target, Inden Hingga 3 Bulan

14/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Daihatsu Xenia Over Target, Inden Hingga 3 Bulan
Belum ada satu bulan Daihatsu Xenia baru diluncurkan, ADM sudah mencatatkan SPK sebanyak 3.726 unit. Pencapaian ini memastikan Daihatsu Xenia sudah over target dari yang dicanangkan sebelumnya.

Keputusan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Daihatsu Xenia pada 15 Januari 2019 lalu berbuah manis. Hingga 11 Februari 2019 atau belum genap satu bulan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang masuk sudah mencapai 3.726 unit. Angka ini jauh melebihi target yang dicanangkan ADM pada saat peluncuran dimana Xenia baru hanya diproyeksi bisa terjual 3.000 unit perbulan.

"Untuk penjualan kami menargetkan Grand New Xenia 3.000 unit per bulan, naik sedikit dibanding 2018 yang kisaran per bulan itu 2.500 unit," tutur Marketing Director ADM Amelia Tjandra kepada wartawan di sela-sela acara peluncuran Xenia baru, Selasa (15/1/2019) lalu.

Foto saat Peluncuran Daihatsu Xenia baru

Peresmian Daihatsu Grand New Xenia di Astra Biz Centre di awal Januari 2019

"Hari ini, dengan jangka waktu yang hampir satu bulan capaian Xenia baru luar biasa," kata Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/2/2019) malam. "SPK Grand New Xenia sampai 11 Februari 2019 adalah 3.726. Artinya, challange kita bisa dilalui. Mudah-mudahan ini terus makin meningkat," lanjutnya.

Dari jumlah sebanyak itu, Daihatsu Xenia varian 1.3 R menjadi model paling laris dengan kontribusi sebesar 63%, disusul varian 1.3 X dengan kontribusi 28% dan varian 1.5 dengan kontribusi 9 % atau sebanyak 335 unit. Secara persentase varian paling baru yaitu 1.5 masih di bawah target yang dicanangkan saat peluncuran yaitu 10%. Namun untuk perhitungan secara unit varian 1.5 sudah mencapai target 300 unit.

"Jadi ini target selama periode peluncuran. Nanti akan kembali kami monitor dan observasi lagi. Varian baru 1.500 cc itu diperkiran 10 persen dari total penjualan karena kan baru, nanti dilihat apakah bertambah atau tetap setelah ada evaluasi," tutur Deputy Chief Executife PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto pada saat acara peluncuran, Selasa (15/1/2019).

>>> Penjelasan Berbagai Perubahan dan Penambahan Daihatsu Grand New Xenia

Inden hingga 3 bulan

Tingginya minat konsumen pada Daihatsu Xenia baru ini membawa efek pada distribusi unit ke tangan konsumen. Di Sumatera sebagaimana dituturkan Regional Manager Sumatera PT Astra International Daihatsu Sales Opertation (AI-DSO) Budhy Lau, konsumen harus bersabar hingga 3 bulan untuk mendapatkan unit Xenia yang dipesan untuk warna-warna tertentu. Namun bukan berarti unitnya terbatas, tapi lebih karena faktor peroduksi dan pengiriman.

Foto Daihatsu Xenia 2019 tampak dari samping depan

Calon konsumen di Sumatera harus menunggu hingga 3 bulan untuk mendapatkan unit Xenia baru

"Saat ini indennya tiga bulan untuk tipe dan warna tertentu ya. Misalnya dari warna, favoritnya itu sekaran pearl white, itu indenya sedikit panjang. Kalau yang warna bisa sekitar dua bulan," tutur Budhy kepada media di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/2/2019).

>>> Berita mobil yang baru diluncurkan bisa Anda dapatkan di sini

Bisa dimaklumi sebab jika distribusi Daihatsu Xenia belum stabil. ADM harus membagi unit secara proporsional untuk semua wilayah agar tidak terjadi kesenjangan wilayah satu dengan yang lain. Diakui oleh Budhy, lamanya waktu inden ini membuat sebagian calon konsumen beralih pilihan.

"Respon dan demand cukup baik, hanya kita butuh suplai yang lebih cepat. Pemesanan Xenia yang kita temui baru 430, namun karena faktor tadi, maka jumlah outstanding SPK sekarang itu 350 unit. Sebagian konsumen yang tidak sabar, kita tawarkan dengan produk lain seperti Terios karena secara harga ketemu dengan Xenia tertinggi," kata Budhy.

Seperti diketahui Daihatsu Xenia baru atau Grand New Xenia diluncurkan di hari yang sama Toyota Avanza baru juga diluncurkan, yaitu Selasa (15/1/2019). Meski tidak menyandang status All New, penyegaran yang diusung cukup mencolok. Terutama di bagian depan yang kini tampil lebih gagah dan modern. Selain itu ADM juga menambahkan varian baru yaitu mesin 1.5 menggantikan varian 1.0 yang dihapus dari daftar line up.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

>>> Simak selalu berita otomotif terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tak Terdengar Gaungnya, Ini Hasil Jualan Daihatsu Xenia

03/12/2018

Pasar mobil

Dikabarkan beberapa waktu lalu kalau produksi Xenia dihentikan demi mempersiapkan diri memproduksi model terbaru yang segera datang. Meski kabar ini dibantah, tak urung menimbulkan rasa penasaran berapa sebenarnya hasil jualan Daihatsu Xenia selama ini.

Lihat juga

Avanza-Xenia 2019 Bukan DN Multisix 2017, Kemana Mobil Konsep Cantik Ini?

10/01/2019

Mobil baru

Bocoran sosok Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 berbeda jauh dari sosok mobil konsep Daihatsu DN Multisix. Desain lampu bertingkat, tata letak gril dan foglamp frame trapesium membuat keduanya lebih mirip Toyota Vellfire dan Voxy. Lalu kemana DN Multisix yang pernah digadang jadi penerus Avanza-Xenia?

Lihat juga

Hadang Laju Avanza-Xenia, Ini Usulan Mitsubishi Motor ke Bos Di Jepang

28/01/2019

Pasar mobil

Kehadiran Avanza-Xenia 2019 bikin persaingan makin ketat. Khususnya Mitsubishi yang jadi kompetitor utama dengan Misubishi Xpander-nya menyatakan siap menghadang laju si kembar. Satu ide bahkan sudah diusulkan ke principal di Jepang. Bagaimana reaksi bos di Jepang terhadap usulan Mitsubishi Motor ini?

Lihat juga

Di Bawah Bayang-Bayang Toyota, Penjualan Daihatsu Meningkat Pesat

22/10/2018

Pasar mobil

Daihatsu kokoh di peringkat kedua merek mobil terlaris hingga September 2018. Penjualan Daihatsu mengungguli semua merek mobil yang dijual Indonesia dan hanya kalah dari Toyota yang masih menguasai pasar secara absolut.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga