Mercedes-AMG Luncurkan 3 Mobil Spesial 50 Tahun Kesuksesan Red Pig

06/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
24 Hours of Spa pada Juli 2021 menjadi perayaan 50 tahun kemenangan pertama Mercedes-AMG di motorsport. Untuk merayakannya, mereka meluncurkan 3 mobil spesial.

Dikendarai oleh duo pebalap Hans Heyer dan Clemens Schikentanz, Mercedes-Benz 300 SEL 6.8 AMG meraih kemenangan kelas pada ajang 24 Hours of Spa tahun 1971. Penampilan gemilang tersebut membawa Mercedes dan AMG untuk finis di urutan kedua secara keseluruhan pada balapan legendaris tersebut.

Membawa 300 SEL berjuluk Rote Sau atau Red Pig tersebut, mereka berhasil mengalahkan mobil balap lain yang jauh lebih ringan. Kemenangan tersebut membawa merek yang saat itu masih sangat muda berkembang menjadi kekuatan besar di dunia motorsport saat ini.

Gambar SLS AMG GT3 dan Red Pig

Kemenangan Red Pig menjadi tonggak kesuksesan Mercedes-AMG hingga hari ini

>>> Mercedes-Benz Siapkan G-Class Bertenaga Listrik, Meluncur Tahun Ini

3 Mobil Balap Spesial Untuk Merayakan Kesuksesan Red Pig

Untuk merayakan kemenangan tersebut, Mercedes-AMG memproduksi tiga mobil balap satu spesial bertajuk “50 Years Legend of Spa” dengan corak yang memberi penghormatan kepada skema cat 300 SEL 6.8 AMG yang sangat dikenal.

Mobil edisi terbatas ini terdiri dari 1 Mercedes-Benz SLS AMG GT3, 1 Mercedes-AMG GT3 model year 2016, dan versi mobil balap Mercedes-AMG GT3 saat ini. Tak hanya tampilan eksterior, interior mobil-mobil tersebut pun tak kalah istimewa.

Gambar Legend of Spa

Tampilan interior mobil-mobil 'Legend of Spa'

Di dalam, masing-masing mobil dibekali interior berwarna Graphite Metallic Matt dan akan mendapatkan panel instrumen serat karbon di mana plakat perayaan dengan tanda tangan pendiri AMG, Hans Werner Aufrecht akan ditempatkan.

Tak satu pun dari mobil ini akan dijual dengan homologasi FIA, yang memungkinkan ketiga mobil memiliki knalpot yang dapat 'bernyanyi' pada volume penuh dan memungkinkan mesin V8 6,3 liter Mercedes-AMG menghasilkan tenaga optimal, yaitu 641 HP (650 PS).

Di luar mesin yang lebih bertenaga, Mercedes-AMG GT3 model year 2020 akan identik dengan mobil balap yang bersaing di lintasan dunia saat ini. Menariknya, dua mobil lainnya kembali diproduksi sekali lagi demi edisi khusus ini.

>>> Mengenang Lahirnya Mercedes AMG yang Bermula dari Trek Balap

Tertarik Membelinya?

Jika Anda tertarik untuk membeli salah satu di antara ketiga mobil tersebut, Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar. Wajar saja, masing-masing mobil hanya diproduksi 1 unit.

Gambar Mercedes-AMG 24 Hours of Spa Anniversary

Masing-masing mobil hanya diproduksi 1 unit oleh Mercedes-AMG

"Edisi khusus ini dibuat sebagai pengingat salah satu tonggak terpenting dalam sejarah perusahaan AMG. Balapan 24 jam di Spa pada tahun 1971 menjadi contoh semangat merek kami: berani menghadapi hal yang mustahil, mengatasi tantangan, dan meyakinkan dengan performa!" ujar Jochen Hermann, Direktur Pelaksana Teknis Mercedes-AMG.

Karena keunikannya, SLS AMG GT3 dijual seharga €650.000 atau setara Rp 11 miliar, sedangkan GT3 2020 dihargai €575.000 atau setara Rp 9,7 miliar, dan GT3 2016 dibanderol €500.000 atau setara Rp 8,4 miliar.

>>> Lemas di Podium, Lewis Hamilton Curiga Dirinya Alami Long Covid

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top