Mercedes-Benz Siapkan G-Class Bertenaga Listrik, Meluncur Tahun Ini

04/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mercedes-Benz terus melakukan elektrifikasi terhadap jajaran produk mereka. SUV ikonik, G-Class pun akan dibekali motor listrik dan diluncurkan akhir tahun ini.

Versi listrik resmi pertama dari G-Class itu disebut kabarnya disebtu Mercedes-Benz EQG. Kabarnya akan ada dua versi yang tersedia, EQG 560 dan EQG 580. Kedua mobil ini rumornya akan menjalani debut pada September 2021 di Internationale Automobil-Ausstellung yang dilangsungkan di Munich, Jerman.

Ini akan menjadi kabar baik bagi para penggemar sang SUV legendaris yang menginginkan efisiensi dari motor listrik. Seperti apa detailnya? Simak rangkuman dari Cintamobil.com di bawah ini.

Punya Tenaga Yang Tak Kalah dengan Versi AMG

Jika Mercedes-AMG G63 dibekali mesin 4,0 liter V8 biturbo yang menghasilkan tenaga 585 HP, varian flagship Gelandewagen listrik EQG 580 dibekali dengan baterai 108 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 522 HP.

>>> Ini Cara Baru Mercedes-Benz Perangi Tesla di Era Mobil Listrik

Gambar Fascia EQG

Perubahan fascia EQG, termasuk penggunaal grille virtual seperti Mercedes-Benz EQS

Tentu, sebagai G-Class tenaga tersebut akan disalurkan ke empat roda melalui sistem 4x4 Mercedes-Benz yang canggih. Ini akan menjadi mobil 4x4 listrik pertama dari pabrikan berlambang three-pointed star.

Motor listrik yang digunakan meminjam Mercedes-Benz EQS, S-Class versi listrik yang diluncurkan pada April lalu. Kombinasi motor listrik dan baterai dari mobil tersebut dapat mencapai jarak 770 kilometer.

Namun, EQG yang mempertahankan tradisi bentuk boxy dengan fascia serta kaca depan yang sama sekali tida aerodinamis nampaknya tidak akan mencapai jangkauan tersebut. Salah satu sumber dari Mercedes-Benz menyebut bahwa EQG 580 hanya mampu berjalan sejauh 500 km dalam sekali pengisian daya.

Bagi penyuka G-Class, angka tersebut seharusnya tidak menjadi masalah. Mengingat pembeli G-Class tidak pernah membeli mobil dengan alasan menghemat bahan bakar dan hal ini akan berlanjut pada EQG.

>>> Mobil Listrik EQXX EV Siap Debut, Jangkau Jakarta - Bali Sekali Cas

Gambar Buritan EQG

Mempertahankan tradisi G-Class dengan desain mengotak yang tentu jauh dari kata aerodinamis

Di bagian dalam, EQG akan mendapatkan sistem infotainment MBUX Hyperscreen baru yang mewah dari Mercedes EQS. Namun, itu akan melibatkan modifikasi signifikan pada dasbor, sistem HVAC, bahkan menghilangkan handel untuk penumpang yang sudah ada di situ sejak G-Class pertama kali diperkenalkan.

Bisa Dibeli Mulai Tahun 2022?

Meski diperkenalkan tahun 2021, G-Class listrik ini baru menyentuh lantai showroom pada tahun 2022. Bahkan, beberapa sumber mengatakan mobil ini baru dipasarkan pada tahun 2024.

Kabarnya EQG akan dibanderol di harga 130.000 untuk pasar Jerman atau setara dengan Rp 2,2 miliar. Kira-kira, kapan ya mobil ini dimasukkan oleh Mercedes-Benz Indonesia ke Tanah Air?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top