Mengenang Mitsubishi Eclipse Brian O’Connor yang Ikonik dari Fast and Furious

30/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Fast & Furious menjelma menjadi salah satu waralaba film bertemakan otomotif paling populer di dunia. Dengan munculnya spin-off Hobbs and Shaw yang akan hadir, mari kita lihat kembali salah satu mobil yang menghiasi masa-masa awal franchise ini: Mitsubishi Eclipse 1995 yang dikendarai Brian O’Connor.

Dengan Hobbs & Shaw yang akan tayang pada 31 Juli 2019, waralaba Fast and Furious sudah memiliki 10 film. Dengan popularitas yang mendunia, apalagi bagi petrol head, setiap mobil yang mejeng dalam film selalu menjadi perbincangan. Salah satunya Mitsubishi Eclipse Cross yang digunakan oleh Brian O'Conner yang diperankan oleh mendiang Paul Walker.

Brian O’Connor bersama Eclipse dalam adegan pertama The Fast and the Furious

Dengan nama alias Brian Earl Spilner, Brian menggunakan Eclipse hasil modifikasi untuk persiapan balapan jalanan pertamanya. Dalam adegan pertama The Fast and the Furious, Brian berlatih mengemudikan Eclipse di tempat parkir Stadion Dodger. Meskipun tidak bisa mencegah mobilnya berputar, Dia memutuskan untuk berpartisipasi dalam balapan liar untuk mendekati Dominic Toretto (Vin Diesel).

>>> Gabungan Fast & Furious dan American Ninja Warrior, Hyperdrive Tayang di Netflix Agustus Mendatang

Selama balapan, intake Eclipse mulai panas setelah overkompensasi NOS yang digunakan. Brian mengabaikan peringatan dari sistem dan terus menggunakan NOS. Meskipun berhasil mengalahkan Edwin, tapi di kalah dari Dominic. Hal ini mengingatkan kita untuk tetap memperhatikan peringatan yang diberikan sistem.

 Mitsubishi Eclipse GS-T berwarna perak
Tampilan awal Mitsubishi Eclipse GS-T untuk generasi kedua

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Versi Eclipse yang digunakan adalah sports car generasi kedua dengan nama Mitsubishi Eclipse GS-T yang dipasarkan dari 1995 hingga 1999. Desain baru dengan gaya yang lebih bulat, interior yang lebih besar, serta mesin baru 2.0L berkekuatan 210 daya kuda dan 290 Nm yang sudah ditingkatkan dan diambil langsung dari mesin Chrysler Neon 420a.

Dari laman resmi Fast 7 Furious Fandom, mobil ini berkekuatan mesin DOHC 420a naturally aspirated yang dikerjakan kembali ditambah 75 daya kuda NOS (Nitrous Oxide System) yang tentu saja tidak digunakan dalam mobil sebenarnya. Tambahan tersebut hanya dibuat khusus untuk keperluan film. Tanpa NOS, mobil ini mampu melaju hingga 100 km/jam dalam 8.9 detik dengan kecepatan tertinggi hingga 210 km/jam.

>>> Ingin membeli mobil Mitsubishi lainnya? Dapatkan daftarnya di sini

replikas Mitsubishi Eclipse Brian O'Connor berwarna hijau dan biru 
Edisi replika yang dibuat mirip untuk mengenang Paul Walker

>>> Dapatkan harga Mitsubishi Eclipse Cross menarik hanya di sini

Untuk mengenang kematian Paul Walker yang tiba-tiba pada 2013, seorang tuner mengerjakan replika Mitsubishi Eclipse, lengkap dengan cat hijau dan biru klasik milik O’Connor. Bemper depan dan grafis ikonik, serta kisi-kisi mobil NOS, GReddy, Sparco, dan Toyo dapat dengan mudah dikenali.

Saat ini, Anda memang tidak bisa lagi membeli Eclipse versi balap yang sudah dimatikan. Tapi Mitsubishi sudah memperkenalkan Mitsubishi Eclipse Cross, edisi kompak SUV yang tak kalah garangnya. Dibanderol mulai dari Rp478 juta, popularitas Eclipse Cross terbukti dengan 61 pemesan selama 7 hari pertama di GIIAS 2019.

>>> Kumpulan artikel menarik tentang otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top