Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

27/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia
Inilah Resta Pendopo KM 456 Tol Trans Jawa. Selain mewah dan megah juga menjadi rest area pertama di Indonesia yang dilengkapi skybridge melintang di atas jalan

Ruas Tol Semarang-Solo salah satu yang istimewa di jajaran Tol Trans Jawa. Pertama karena ruas ini menjadi satu-satunya tol yang menghubungkan wilayah bagian utara dengan bagian tengah pulau Jawa. Kedua banyak suguhan memukau di sepanjang jalan yang membuat pengendara terpesona. Terutama karena Tol Semarang-Solo dibangun di area perbukitan sehingga konturnya naik turun sangat tajam.

Pengendara bakal disuguhkan pemandangan hijau pepohonan, persawahan, Gunung Ungaran, serta Gunung Merbabu. Beberapa kali pengendara juga melewati jembatan-jembatan panjang dan tinggi, seperti Jembatan Banyumanik, Jembatan Susukan, Jembatan Gedawang, dan yang paling terkenal Jembatan Lemah Ireng I. Jembatan ini membentang sepanjang 879 meter di atas ketinggian.

>>> Jembatan Lemah Ireng I, Jembatan Terpanjang Tol Trans Jawa

Foto Jembatan Lemah Ireng 1 Tol Semarang-Solo

Tol Semarang-Solo menyuguhkan pemandangan elok pegunungan

Resta Pendopo KM 456

Kalau kebetulan Anda berkendara di jalur ini jangan lewatkan untuk singgah di Resta Pendopo KM 456. Letaknya di antara  Simpang Susun Bawen dan Simpang Susun Salatiga. Rest area ini bisa diakses dari dua arah, dari Semarang maupun dari Solo karena memiliki 2 area, 456 A dan 456 B.

Menurut salah seorang petugas yang berjaga di meja informasi, nama Resta adalah gabungan Rest dan Wisata. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk beristirahat serta berwisata menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Resta Pendopo KM 456 cukup megah bahkan jadi salah satu yang termewah dari seluruh rest area Tol Trans Jawa. Tempat parkirnya luas. Fasilitasnya juga lengkap, meliputi rumah ibadah berupa masjid, toilet, tempat parkir, SPBU yang beroperasi 24 jam, galeri seni, dan lain-lain. Kemudian dilengkapi juga dengan obyek wisata mini, ruang kuliner, ruang ritel, ruang atraksi budaya, area terbuka hijau, area bermain dan edukasi.

Foto lobi Resta Pendopo KM 456

Resta Pendopo KM 456 bukan rest area biasa

Hampir seluruh bangunannya dibuat dua lantai serta dilengkapi skybridge yang melintang di atas Jalan Tol Semarang-Solo. Skybridge ini menghubungkan rest  area 456 A dan 456 B, namun tak sekedar bangunan penghubung. Di sini juga menjadi area bisnis dengan tersedianya banyak stand untuk para tenant UMKM. Dari atas skybridge ini juga pemandangan real jalan tol bisa dinikmati para pengunjung.

Instagramable

Keunikan yang lain, pada beberapa area keramik lantai dipasang dengan motif batik sehingga nampak kombinasi konsep modern dan tradisional. Pepohonan hijau juga ditanam di area luar bangunan membuatnya makin menarik.

Anda yang gemar berselfie ria, Resta Pendopo KM 456 salah satu yang sangat instagramable. So, jangan lewatkan untuk singgah jika kebetulan lewat di ruas tol ini.

>>> Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

Foto menunjukkan Resta Pendopo KM 456, rest area Tol Semarang-Solo

Foto area parkir Resta Pendopo KM 456

Foto pemandangan jalan Tol Semarang-Solo dari skybridge Resta Pendopo KM 456

Foto bagian dalam Skybridge Resta Pendopo KM 456

Foto menunjukkan stan kuliner Resta Pendopo KM 456

Resta Pendopo KM 456, pertama di Indonesia rest area dengan skybridge

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top