Porsche Bikin MPV Unik, Kursi Sopirnya di Tengah!

30/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Porsche menggoyang pasar SUV mewah saat meluncurkan Cayenne pada tahun 2002. Kini mereka menghadirkan konsep MPV listrik yang unik, terutama kursi pengemudinya.

MPV listrik konsep ini bernama Porsche Renndienst Concept yang diperkenalkan pada November 2020. Di tahun 2021, pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini akhirnya membocorkan tampilan interior mobil yang ternyata cukup unik.

Dengan tampilan interior modern yang sporty khas Porsche generasi terbaru, Renndienst hadir dengan konsep kursi pengemudi tunggal di bagian tengah. Memang bukan hal yang baru mengingat McLaren F1 juga melakukan hal yang sama, tetapi ini cukup radikal untuk sebuah MPV.

Didesain Sebagai Kendaraan Pendukung Balap

Gambar Tampilan Eksterior Porsche Renndienst

Tampilan eksterior Porsche Renndienst Concept, futuristik dan unik

Porsche Renndienst didesain sebagai kendaraan pendukung balap Porsche. Mobil ini akan mengangkut para kru yang bekerja selama balapan berlangsung. Renndienst dibekali teknologi pengemudi otonom yang memungkinkan pengemudi untuk meninggalkan setir dan berdiskusi dengan penumpang di belakang.

>>> Gandeng Perusahaan Tertua di Jerman, Porsche Berniat 'Jegal' Tesla

MPV konsep ini dapat menampung 6 orang penumpang. Kursi pengemudi juga dapat berputar 180 derajat, sehingga sang pilot dapat dengan mudah berkomunikasi dengan para penumpang.

Penumpang baris kedua masing-masing mendapatkan kursinya sendiri dengan tempat duduk yang dipepetkan ke kiri dan kanan untuk memberi pandangan yang baik dari kaca depan. Desain ini juga menciptakan area yang luas di bagian tengah untuk memudahkan akses ke baris ketiga.

Gambar Layout Kursi Renndienst

Layout kursi pengemudi dan penumpang MPV Porsche

Bukti Pemikiran Visioner Porsche

Secara garis besar, MPV konsep ini adalah bukti pemikiran ke depan Porsche terhadap teknologi mobil otonom. Posisi pengemudi unik tersebut mendukung pandangan luas ke jalan serta kemudahan mobilitas penggunanya.

"Kami memikirkan bagaimana kami masih bisa memberikan sentuhan khas Porsche pada ruang penumpang yang begitu jauh dari interior mobil sport umumnya, dan bagaimana mengemudi otonom dapat dirancang," ungkap Kepala Desainer Porsche, Michael Mauer.

Meski begitu, berasumsi bahwa pemilik Porsche masih tetap ingin memegang kemudi mobilnya. Karena itu lah, konsep kursi pengemudi tunggal yang dapat berputar 180 derajat lahir pada MPV ini.

>>> Mitsubishi Bocorkan Teaser Outlander PHEV Terbaru, Jadi SUV 7-Seater

Gambar Porsche Renndienst

Kursi tunggal Renndienst Concept merupakan buah pemikiran Porsche terhadap pengemudian otonom

"Ketika saya ingin mengemudi, saya memiliki perasaan kokpit lebih daripada di mobil lain. Dan kalau tidak, kursi pengemudi bisa diputar 180 derajat dengan satu putaran untuk menghadap penumpang lain," tutup Mauer.

Sebuah MPV Porsche memang terdengar seperti ide yang tidak masuk akal. Tetapi, mereka memiliki sejarah melanggar aturan dengan mobil seperti SUV Cayenne dan sedan listrik Taycan yang terbukti sukses besar. Mereka pun berpikir visioner terhadap inovasi selanjutnya dengan memperkenalkan mobil konsep Porsche Renndienst.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top