Komparasi Toyota Agya vs Toyota Yaris, Mana Lebih Value for Money?

25/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com melakukan komparasi terhadap 2 hatchback, yaitu Toyota Yaris dan Agya. Di antara keduanya, mana mobil yang lebih value for money?

Dalam komparasi ini, kami akan mempertimbangkan kedua mobil dalam nilai dari uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli salah satu dari hatchback dari Toyota.

Meski memiliki segmen dan harga yang berbeda, bukan berarti keduanya tidak memiliki nilai tambah masing-masing sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil. Untuk komparasi ini, kami akan menggunakan Toyota Yaris tipe termurah dan Toyota Agya tipe termahal. Masing-masing dengan opsi transmisi otomatis.

Gambar Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya GR Sport belum lama diluncurkan sebagai pengganti tipe TRD Sportivo

>>> [INFOGRAFIK] Pilihan Mobil Baru Toyota yang Sesuai dengan Zodiak Anda

Tanpa berlama-lama, mari kita jabarkan satu persatu beberapa parameter yang mempengaruhi value for money dari Toyota Yaris 1.5 G CVT 3 Airbags dan Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport.

Harga

Toyota Yaris termurah, yaitu tipe 1.5 G CVT 3 Airbags dibanderol dengan harga Rp 250.700.000, sedangkan Toyota Agya termahal, tipe 1.2 G A/T GR Sport dibanderol dengan harga Rp 170.390.000.

Gambar Servis Toyota Agya

Dalam jangka panjang, biaya kepemilikan Agya akan tetap lebih murah

Sudah pasti Agya unggul jika hanya melihat 'mana yang lebih terjangkau' di antara keduanya. Perbedaan harganya pun mencapai Rp 80 juta. Artinya, Anda masih bisa beli setidaknya 2 Yamaha NMAX dengan selisih harganya.Biaya servis rutinnya pun masih menang Toyota Agya. Begitu pula dengan suku cadang yang berbagi dengan saudaranya, Daihatsu Ayla.

Spesifikasi

Dimensi

Yaris memiliki panjang keseluruhan 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, dengan wheelbase 2.550 mm. Sedangkan Agya memiliki panjang keseluruhan 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dengan wheelbase 2.450 mm.

>>> Adu Spesifikasi Honda City Hatchback RS vs Toyota Yaris GR Sport

Tentunya Toyota Yaris yang memiliki dimensi lebih besar menawarkan ruang kepala dan ruang kaki yang lebih baik dibanding saudara LCGC-nya. Namun, Agya yang lebih kecil menawarkan kepraktisan berkendara di lalu lintas padat hingga ke jalan-jalan sempit perkotaan di Indonesia.

Gambar Toyota Yaris

Toyota Yaris dengan dimensi lebih besar menawarkan ruang kabin yang lebih baik

Uniknya, di antara kedua hatchback ini Toyota Agya justru memiliki ground clearance yang lebih baik ketimbang Yaris. Artinya, mobil ini lebih bersahabat untuk dikendarai di jalan-jalan yang berlubang.

Dapur Pacu

Di parameter ini lah Toyota Yaris harus lebih baik untuk menjustifikasi harganya yang jauh lebih mahal. Yaris 1.5 G CVT menggunakan mesin 4-silinder 1.496 cc DOHC berkode 2NR-FE yang dibekali teknologi Dual VVT-i.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 107 HP dengan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis CVT.

Sedangkan Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport menggunakan mesin 4-silinder 1.197 cc DOHC berkode 3NR-VE yang juga dibekali teknologi Dual VVT-i.

Gambar Mesin Toyota Agya

Mesin 1.2 L Toyota Agya sudah cukup untuk mobilitas sehari-hari

>>> Beli Toyota Agya dan Calya Sekarang Dapat Cashback Rp 14 Juta

Mesin itu menghasilkan tenaga 87 HP dengan torsi 108 Nm. Tenaga tersebut juga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 4-percepatan.

Yaris unggul jauh dalam hal tenaga dan torsi yang diterjemahkan ke dalam kemampuannya berakselerasi. Dari 0 - 100 km/jam, Yaris hanya membutuhkan waktu 11,2 detik. Sedangkan Agya membutuhkan waktu 14,4 detik.

Selain lebih bertenaga, mesin Yaris juga terbilang efisien bahan bakar. Untuk konsumsi bahan bakar di rute dalam kota, mobil ini mampu mencatat angka 14 kilometer per liter. Agya yang memiliki mesin lebih kecil hanya bisa unggul tipis di angka 14,4 kilometer per liter.

Gambar Mesin Toyota Yaris

Meski lebih bertenaga, uniknya efisiensi bahan bakar mesin Yaris untuk rute dalam kota bisa menyamai Agya

Sedangkan untuk rute tol, Yaris mampu mencatat konsumsi bahan bakar 17 kilometer per liter. Agya lebih unggul untuk rute ini dengan efisiensi 19 kilometer per liter.

Fitur dan Kenyamanan

Secara fitur Toyota Yaris 1.5 G CVT juga masih sedikit lebih lengkap ketimbang Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport yang lebih terjangkau. Sebut saja adanya mode berkendara Eco dan Sport, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist yang tidak ada di saudaranya.

Kedua mobil sudah dibekali dengan fitur keselamatan dasar seperti Airbags (3 untuk Yaris dan 2 untuk Agya) dan ABS+EBD+BA. Keduanya juga sudah menggunakan tombol Engine Start/Stop dan dibekali dengan sensor parkir.

>>> Komparasi Toyota GR Supra vs Nissan Z, Kontemporer vs Retro

Untuk parameter kenyamanan, Yaris dengan jok, ruang kabin, dan kekedapan yang lebih baik masih lebih unggul dari Agya. Kenyamanan itu juga didukung dengan transmisi CVT yang lebih halus ketimbang transmisi otomatis 4-percepatan milik Agya.

Kesimpulan

Gambar Toyota Agya

Harga terjangkau, performa lumayan, fitur lengkap, apalagi yang Anda butuhkan?

Jika perbedaan harganya sedikit lebih rendah, kami akan memilih Toyota Yaris sebagai mobil dengan value for money yang lebih baik. Sayangnya, Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport yang jauh lebih murah sudah menawarkan banyak nilai plus dibanding harus menambah Rp 80 juta untuk membawa pulang Yaris.

Untuk itu, pertandingan Yaris vs Agya dalam komparasi Hatchback Toyota dengan value for money terbaik dimenangkan oleh Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top