Komparasi Toyota GR Supra vs Nissan Z, Kontemporer vs Retro

24/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Komparasi Toyota GR Supra vs Nissan Z ini seakan membuka kenangan lama dan menggairahkan karena masing-masing brand berusaha 'menyajikan' yang terbaik

Sebelum membahas mengenai Toyota GR Supra vs Nissan Z baiknya kita flashback dulu. Nissan Z kini sudah hadir resmi di Amerika Serikat dan segera membuat seteru abadinya—Toyota Supra—mengalami “panas dingin”. Dengan kata lain, kini Toyota Supra tidak lagi melenggang sendirian tanpa lawan di tanah Uncle Sam.

Pada sisi lain, Nissan berhasil membuktikan kemampuan berinovasi di tengah kesulitan. Nah, daripada berpanjang kata-kata, lebih baik langsung saja tim Cintamobil.com mengulas komparasi sports coupe yaitu Toyota GR Supra vs Nissan Z yang sedang menjadi trending topic ini. 

>>> Mengenal Apa Itu Spoiler, Upgrade Aerodinamika untuk Efisiensi

Desain

Nissan Z

Sepintas, sosok  Nissan Z versi produksi terlihat sama seperti mobil konsep Nissan Z Proto. Secara keseluruhan, tampilan Nissan Z mengadaptasi semua ciri khas sports car Nissan generasi terdahulu. Mulai dari 240Z untuk fascia depan,  lalu 300ZX pada fascia belakang, dan Seri Z lainnya (grille). 

gambar nissan z

Sarat dengan gaya desain retro

Lampu LED (depan belakang), velg standar 18 inci, velg Rays 19 inci (varian lebih tinggi), trunk spoiler, faux diffuser dan knalpot ganda menandai sentuhan modern untuk Nissan Z. Tidak ketinggalan atap model double-bubble, kaliper rem berwarna kuning dan velg Rays spesial berukuran 19 inci.  

Toyota Supra

Tampilan kontemporer Toyota Supra memadukan lubang udara dan lubang ventilasi dengan gaya agresif dan garis bodi yang disertai lekukan halus membulat. Atap model double-bubble  sepasang knalpot dan faux diffuser berukuran besar yang menegaskan aura sports car sejati.

gambar toyota supra

Dominan dengan sentuhan kontemporer

Velg 19 inci dan rumah kaca spion berwarna hitam menjadi sentuhan eksterior. Sedangkan  velg berwarna matte black, rumah kaca spion model serat karbon dan  front lip spoiler model serat karbon menandai varian Toyota Supra yang lebih tinggi. O iya,  ducktail spoiler kini tampil sebagai ciri khas sports car legendaris Toyota ini   

GR Supra Lebih Memikat?

Komparasi Toyota GR Supra vs Nissan Z ini sama seperti membandingkan desain kontemporer vs retro. Nissan Z tampil dengan desain retro yang sangat kental. Sedangkan Toyota Supra hadir dengan gaya kontemporor. Dalam komparasi sports coupe, selera konsumen yang lebih banyak berbicara, lebih suka sentuhan desain bergaya retro atau kontemporer.     

Performa  

Nissan Z

Sports car terbaru Nissan ini didukung mesin V6 twin-turbo 3,0 liter 400 hp 475 Nm yang berasal dari Infiniti Q60 Red Sport 400. Semua output mesin disalurkan ke diferensial roda belakang yang dilengkapi  mechanical LSD (khusus varian Performance). Sedangkan varian lainnya “kosongan” alias open diff. 

 gambar mesin nissan

Mesin V6 twin-turbo 3,0 liter 400 hp 475 Nm milik Infiniti Q60 Red Sport 400

Satu nilai jual unggulan Nissan Z terletak pada transmisi manual 6-speed dengan kopling set performa tinggi Exedy serta dilengkapi fitur launch control dan automatic rev matching. Bagi penggemar dua pedal tersedia transmisi otomatis 9-speed. Nissan mengklaim  akselerasi 0-100 km/jam lebih cepat 15% atau sekitar 4,3 detik. Pada sisi lain, Nissan Z memakai sistem kemudi dengan electric mechanical power steering yang diklaim Nissan lebih komunikatif.

Toyota Supra

Sudah jadi rahasia umum kalau Toyota Supra generasi ke-lima ini (J29/DB) bersaudara kembar dengan BMW Z4 (G29). Jadi mulai dari platform, mesin dan transmisi BMW Z4 mengisi segenap jeroan Toyota Supra.  Berbeda dengan Nissan Z, konsumen Toyota Supra hanya punya satu pilihan transmisi—otomatis 8-speed. 

gambar mesin toyota

Tersedia pilihan mesin empat silinder 2,0 liter turbo dan enam silinder 3,0 liter turbo

Satu keunggulan Toyota Supra dibanding Nissan Z terletak pada pilihan mesin empat silinder 2.0-liter turbo 255 hp 400 Nm dan enam silinder 3,0 liter turbo  382 hp 500 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam untuk varian bermesin 2,0 liter adalah 5,0 detik, sedangkan varian 3,0 liter mampu berlari 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik.  Hanya varian 3,0 liter yang dilengkapi diferensial aktif (varian  2.0 liter “kosongan”).  

Transmisi Manual Lebih Alami Tapi... 

Nissan Z menawarkan transmisi manual 6-speed yang dilengkapi dengan launch control dan auto rev match. Sedangkan Toyota Supra menggoda dengan pilihan mesin 2,0 liter dan 3,0 liter. Bagi penggemar sports car, transmisi manual adalah berkah. Namun Toyota mengklaim transmisi otomatis 8-speed milik Toyota Supra menjanjikan keasyikan tersendiri. Pilihan akhir dalam komparasi sports coupe ini kembali lagi kepada kebutuhan dan selera konsumen.    

Interior dan Fitur   

Nissan Z

Begitu masuk kabin Nissan Z langsung terasa aura khas Nissan. Sebab, tata letak interiornya mengadaptasi Nissan 370Z. Lihat saja desain kemudi model retro dan tiga gauge di atas dashbord (boost pressure, battery voltage, turbo speed). 

gambar nissan z

Mengadaptasi desain milik Nissan Z generasi terdahulu

Terdapat  sentuhan modern berupa layar digital 12.3 inci untuk instrument cluster. Selain itu, Nissan Z dilengkapi dengan keyless entry,  push-button start,  forward collision detection,  automatic emergency braking,  pedestrian detection. Masih ada lagi lane departure warning, blind-spot monitoring, rear cross-traffic alert dan parking sensor.  

Toyota Supra

Tidak salah memakai platform BMW, namun Toyota bisa menambahkan sesuatu untuk memberikan karakter yang cocok bagi Toyota Supra. Terlebih tidak ada pilihan transmisi manual atau minimal transmisi kopling ganda yang menjad ruh sports car sejati.

gambar toyota supra

Produk BMW yang dikonversi menjadi produk Toyota

Bicara fitur kabin, Toyota Supra didukung  paduan kulit dan lapisan Alcantara. Selanjutnya  layar 8.8 inci untuk  digital instrument cluster berpadu dengan  layar sentuh infotainment 8,8 inci. Tidak lupa  fitur dual-zone climate control, keyless entry,  push-button start, lane departure warning, collision warning dan pedestrian detection.

Interior Nissan Z Jelas Lebih Menggoda

BMW, eh maksudnya Toyota Supra dan Nissan Z sama-sama menawarkan tata letak kabin yang bagus dan fitur yang lengkap. Namun kembali lagi, bukan dosa besar untuk mengadaptasi platform BMW. Masalahnya, tanpa cita rasa Toyota sama sekali, ya rasanya kurang tepat juga. Sebab, dalam komparasi sports coupe ini, konsumennya terkenal sangat selektif dan "tahu barang".   

Harga dan Prediksi 

Nissan Z

Nissan berupaya menekan harga Nissan Z agar berada di seputar batas harga psikologis US$ 40.000. Kemungkinan besar, varian entry level Nissan Z akan dijual dengan harga lebih murah daripada varian Toyota Supra 2,0 liter (US$ 35.000), namun “kosongan” ya (tidak ada LSD).

gambar nissan z

Menjual driver engagement sebagai menu utama

Sebagai faktor pembanding, Nissan Z menawarkan mesin 400 hp, transmisi  manual 6-speed, desain retro khas sports car Nissan, fitur lengkap dan harga bersaing. Hanya saja beberapa kalangan merasa skeptis dengan electro-mechanical power steering Nissan Z. Apakah akan  seperti Infiniti yang berkarakter “dingin dan mati rasa”?  

Toyota Supra

Varian Toyota GR Supra dijual dengan harga dasar US$ 42.990 dan itu varian 2,0 liter. Sedangkan harga varian  3,0 liter mencapai  US$ 50.990 dan harga varian  top of the line adalah  US$ 55.990. Namun Anda mendapatkan Toyota  Supra yang kekinian, well-finished dan menawarkan performa istimewa.  

gambar toyota supra

Aura premium menjadi nilai jual unggulan

Pada sisi lain, aura BMW memberikan kabin bernuansa  premium untuk Toyota Supra. Begitu pula, resep dasar BMW Z sudah menjadi jaminan mutu dan legenda sports car dalam pasar global. Dengan kata lain, Toyota Supra menawarkan cita rasa sports car sejati dengan sentuhan kelas premium yang kental. 

Mana yang Terbaik?

Dalam komparasi Toyota GR Supra vs Nissan Z yang keduanya termasuk sports coupe ini, Nissan Z dan Toyota Supra sama-sama menyandang status sebagai "the excellent sports car".

Toyota GR Supra vs Nissan Z

Toyota GR Supra vs Nissan Z mana yang terbaik?

Jika keduanya diperas sampai habis, maka yang tersisa adalah “premium” (Toyota Supra) dan “driver engagement” (Nissan Z). Pertanyaannya, jika harus memilih dalam komparasi sports coupe ini, Anda lebih suka yang mana? Kalau kami sih cenderung ke Supra ya...

>>> Nissan 400Z Akan Diluncurkan Agustus 2021, Siap Hadang Toyota GR Supra

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top