Komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio

22/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dalam komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio ini, kedua produk unggulan tersebut menawarkan beragam keunggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen

Jujur saja, kontras adalah kata yang paling cocok untuk menggambarkan komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio RS dalam semua aspek. Merunut data wholesales Gaikindo periode Januari-Agustus 2021, Honda Brio RS terjual sebanyak 11.626 unit, sementara penjualan Daihatsu Sirion mencapai  580 unit. Belum lagi bicara  soal fitur, harga dan faktor lainnya.  

Namun, keduanya menjadi ujung tombak penjualan dari masing-masing brand dalam segmen pasarnya. Tentu saja mereka saling menawarkan nilai jual unggulan demi memikat konsumen. Walau tidak seramai persaingan antara Honda Brio dengan rival sengit lainnya, kompetisi ini tetap menarik karena  keduanya  sama-sama menyodorkan  yang terbaik  untuk konsumen.  Yuk  kita nikmati komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio berikut ini.

>>> Honda Brio Konfigurasi 5-Penumpang dan Fitur Lengkapnya

Harga

gambar daihatsu sirion

Perodua Myvi yang berganti baju menjadi Daihatsu Sirion 

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memasarkan dua varian Daihatsu Sirion dengan harga Rp 201.750.000 (STD MT) dan Rp 216.500.000 (STD AT). Tercatat Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Indonesia adalah produk CBU asal Malaysia dengan nama Perodua Myvi yang berganti baju menjadi Daihatsu.   

gambar honda brio

Produk unggulan PT Honda Prospect Motor yang membidik segmen pasar anak muda 

Pada sisi lain, ada empat varian Brio RS produksi CKD yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor. Rentang harga mulai dari Rp 181,3 juta (Honda Brio RS MT), Rp 187,3 juta (Brio RS MT Urbanite Edition), Rp 196,2 juta (Brio RS CVT), Rp 201,7 juta (Brio RS CVT Urbanite Edition).     

Menilik perbandingan harga antar para kontestan, terlihat harga Daihatsu Sirion lebih mahal daripada Honda Brio RS. Secara spesifik, harga Sirion STD AT menjadi yang termahal dan Honda Brio RS MT menjadi yang termurah. Selanjutnya, harga Daihatsu Sirion STD MT setara dengan Brio RS CVT Urbanite Edition. Terkait aspek  harga dan varian, dalam komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio ini, jagoan merek berlogo H lebih unggul daripada Daihatsu Sirion.   

Dimensi

gambar daihatsu sirion

Ground clearance 150 mm membantu stabilitas yang lebih baik 

Daihatsu Sirion memiliki ukuran panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi  1.525 mm,  wheel base 2.500 mm dan ground clearance 150 mm. Merujuk data-data tersebut, Daihatsu Sirion menawarkan ruang kabin yang sedikit lebih lega berkat bodi dan wheel base yang lebih panjang. Bodi tinggi juga menghasilkan ruang kepala yang lebih baik. Sedangkan ground clearance lebih rendah memberikan kestabilan yang lebih baik.     

 gambar honda brio

Ground clearance 165 mm, aman saat melalui jalan tergenang

Pindah ke lapak sebelah, Brio RS tampil dengan panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, wheel base 2.405 mm dan ground clearance 165 mm. Angka-angka itu merujuk pada mobil kota yang kompak, praktis untuk pemakaian sehari-hari, gesit dan lincah saat bermanuver di tenga kepadatan lalu lintas dalam perkotaan. Ground clearance lebih tinggi memungkinkan Honda Brio lebih andal saat melalui jalan bergelombang. 

Dalam komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio ini, bagi konsumen yang mementingkan dimensi kabin,  Daihatsu Sirion memberikan ruang gerak  yang lebih lapang melalui dimensi keseluruhan yang lebih besar. Selain itu, juga lebih stabil saat melaju di jalan. Sebaliknya, konsumen yang mengutamakan pemakaian dalam kota, Honda Brio menjadi pilihan melalui kemampuan bermanuver. Ground clearance tinggi membantu mobilitas ketika menghadapi genangan air di jalan.    

Mesin dan Sistem Penggerak  

gambar mesin daihatsu

Mesin 1NR-VE menghasilkan  akselerasi kuat mulai putaran bawah   

Daihatsu Sirion mengandalkan mesin 1NR-VE, 4 silinder segaris 1,3 liter dengan teknologi Dual VVT-i dan  menghasilkan tenaga 94 hp serta torsi 120 Nm. Mesin tersebut dipadankan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Akselerasi terasa cukup halus dan kuat mulai  putaran bawah hingga menengah. Selanjutnya power band mesin 1NR-VE mulai putaran menengah hingga atas terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya. 

gambar mesin honda

Mesin L12, kombinasi antara efisiensi dan fun to drive khas mobil Honda

Brio RS mengusung mesin L12, 4 silinder segaris 1,2 liter i-VTEC, 89 hp 110 Nm yang berpasangan dengan transmisi manual 5-speed atau CVT. Salah satu karakter khas mesin Honda terletak pada keseimbangan antara efisiensi (konsumsi bahan bakar yang irit) dan performa (mendukung aspek fun to drive).    

Kalah kapasitas namun mampu mendekati output mesin yang lebih besar volume silindernya tanpa mengorbankan efisiensi. Itulah nilai jual unggulan mesin-mesin racikan Honda. 

Fitur  

gambar pengait

Pengait kantung belanja dengan kapasitas maksimum 3 kg  

Terkait kelengkapan fitur,  kedua hatchback ini tergolong  cukup komprehensif dan lengkap. Daihatsu Sirion menawarkan fitur keselamatan yang lebih lengkap berupa empat airbag (dua airbag depan + dua airbag samping), ABS/EBD dan VSC/TRC. Satu lagi, Daihatsu Sirion dilengkapi perangkat pendukung kepraktisan seperti USB port (charging) dan bag hook.  

gambar honda brio

Dilengkapi Eco indicator untuk membantu eco driving  

Jagoan PT Honda Prospect Motor (HPM), Brio RS, tampil dengan transmisi CVT yang lebih baik performanya, indikator Eco dan sport tuned suspension. Sedangkan fitur keselamatan aktif pasif berupa dua unit airbag depan beserta sistem pengereman ABS + EBD yang sudah menjadi kelengkapan standar.  

Kesimpulan

Menurut kami, kembali kepada kebutuhan Anda. Jika Anda mencari hatchback yang bisa diajak bertualang ke luar kota, Daihatsu Sirion menawarkan keunggulan melalui beragam fiturnya. Sementara Brio RS menjadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan mobil kompak  untuk kegiatan harian  di kawasan perkotaan.

>>> Hasil Penilaian Media, Daihatsu Sirion Jadi Mobil Pilihan Anak Muda

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top