Deretan Kendaraan Taktis Milik Pindad

25/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Deretan Kendaraan Taktis Milik Pindad
Beberapa waktu lalu Pindad Maung sebagai kendaraan taktis atau rantis banyak menjadi perbincangan publik. Selain Pindad Maung apakah ada model lainnya?

Kendaraan taktis atau rantis bukan hanya ada di luar negeri saja. Negara kita tercinta pun juga memiliki kendaraan rantis yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero). Bukan cuma satu, Pindad diketahui memproduksi sederet rantis. Ada berapakah kendaraan taktis Pindad yang tersedia saat ini? Simak beberapa daftarnya berikut.

>>> Mengintip Spesifikasi Maung, Kendaraan Militer 4x4 Buatan Dalam Negeri

Gambar menunjukan Pindad Maung

Eksterior dari Pindad Maung

1. Pindad Maung

Secara dimensi kendaraan taktis Pindad Maung memiliki panjang 4.931 milimeter, lebar 1.640 milimeter, tinggi 1.810 milimeter dan jarak sumbu roda 3.090 milimeter. Kelebihan utama dari Pindad Maung ini mampu berjalan di medan-medan yang sulit dan beroperasi di jalan aspal.

Pindad Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Selain itu Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

2. Pindad Anoa 6x6 Mortar

Menilik dari segi dimensi kendaraan taktis Pindad Anoa 6x6 Mortar memiliki panjang 6 m, lebar 2,5 m, tinggi 2,2 m dan kapasitas kru hingga tujuh orang. Sama seperti Maung, Anoa 6x6 Mortar juga didesain untuk medan-medan yang sulit dan jalan beraspal.

Gambar menunjukan Pindad Anoa 6x6 Mortar

Eksterior dari Pindad Anoa 6x6

Pindad Anoa 6x6 yang dilengkapi dengan pelontar mortir berukuran 81 mm dengan recoil system. Untuk mendukung pengoperasiannya, Anoa 6x6 Mortar juga dilengkapi dengan rak amunisi serta atap yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan sistem hidrolis. Varian yang satu ini memiliki kapasitas 6 orang personel termasuk pengemudi. Pada dapur pacu, Anoa 6x6 Mortar dilengkapi dengan mesin diesel dengan tenaga 600 HP yang memiliki top speed 80 km/h

>>> Begini Cara Membedakan Suku Cadang Daihatsu yang Asli dan Palsu

3. Pindad Komodo 4x4 Missile Launcher

Pindad Komodo 4x4 Missile Launcher memiliki dimensi panjang 6,3 m lebar 2,3 m, tinggi 2,4 m dan kapasitas kru untuk empat orang.  Model yang satu ini juga bisa berjalan di jalan raya dan medan off-road.

Gambar menunjukan Pindad Komodo 4x4 Missile Launcher

Tampilan dari Kendaraan taktis Pindad Komodo 4x4 Missile Launcher   

Varian yang satu ini memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal mistral yang terpasang pada bagian belakang kendaraan. Berbeda dengan varian recon, varian ini menggunakan transmisi manual untuk perpindahan percepatan pada mesinnya. Selain itu, Komodo Missile Launcher dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi personel yang berada didalamnya. Varian ini digunakan oleh TNI-AD untuk keperluan pertahanan udara.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi mobil baru 2020

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Donald Trump Imbau Warga AS Boikot Goodyear

24/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Presiden AS Donald Trump melalui cuitan di akun Twitter mengajak seluruh warga Amerika untuk boikot Goodyear. Hal ini hanya karena kebijakan pakaian di perusahaan ban tersebut.

Lihat juga

Paket Aksesoris Honda Civic Hatchback Mugen

24/08/2020

Mobil baru

5 menit

Honda Civic Hatchback Mugen menggunakan sejumlah aksesoris baik pada sisi eksterior, interior, dan juga peningkat performa. Apa saja part yang disediakan?

Lihat juga

100 Komunitas Otomotif Kumpul di Gedung MPR RI Peringati HUT RI ke-75

24/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Ratusan komunitas otomotif berkumpul peringati HUT RI ke-75 dalam acara yang dihelat di Gedung MPR RI yang dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Lihat juga

Merdeka versi Auto2000 untuk Perawatan Mobil Toyota Anda

24/08/2020

Perawatan dan service

3 menit

Auto2000 berikan program kemerdekaan di bulan ini berupa pembelian dan perawatan mobil Toyota. Apa saja yang bisa Anda manfaatkan pada program di bulan ini.

Lihat juga

Ini yang Harus Dilakukan saat Bertemu Mobil Pemadam Kebakaran

24/08/2020

Pengemudian

3 menit

Pengendara wajib memahami kendaraan prioritas, misalnya pemadam kebakaran. Lakukan hal berikut jika bertemu mobil pemadam kebakaran tengah menunaikan tugas.

Lihat juga
 
back to top