Kelonggaran Kredit Motor dan Mobil Diharapkan Bukan Cuma Wacana

25/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kelonggaran Kredit Motor dan Mobil Diharapkan Bukan Cuma Wacana
Pihak asosiasi pengemudi ojek online menyambut positif rencana kelonggaran kredit motor dan mobil yang diutarakan Presiden Jokowi. Namun mereka berharap kebijakan ini langsung dibuatkan regulasi yang sejelas-jelasnya.

Kemarin, Selasa (24/03/2020) melalu pidato resminya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan kelonggaran kredit motor dan mobil selama 1 tahun ke belakang. Kebijakan ini berlaku untuk para tukang ojek dan sopir taksi yang sedang membayar cicilan kendaraan bermotor.

Kebijakan tersebut dikeluarkan mengingat efek penyebaran virus corona sudah menimbulkan dampak negatif ke sektor ekonomi di Indonesia. Terlebih lagi para pekerja harian yang pendapatannya menurun akibat pandemi virus tersebut.

>>> Presiden Jokowi Imbau Kredit Motor dan Mobil Ditangguhkan 1 Tahun

Apa Tanggapan Ojol?

pengemudi ojek online

Mitra ojek online berharap apa yang diutarakan Presiden bukan sekedar wacana

>>> Ada berbagai promo mobil baru dan diskon yang menarik khusus buat Anda disini

Menanggapi pidato Jokowi ini, Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia menyambut baik rencana kelonggaran kredit motor dan mobil tersebut. "Tentunya asosiasi pengemudi ojol (ojok online) menyambut baik dan mengapresiasi rencana ini," kata Igun Wicaksono, Presidium Nasional Garda Indonesia seperti dikutip Cintamobil.com dari Kompas, Rabu (15/03/2020).

Namun menurut Igun, diharapkan rencana yang dilontarkan Jokowi bukan sekedar sebagai wacana, tetapi segera dibuatkan regulasi yang sejelas-jelasnya. Hal ini pun diamini Ridwan, mitra ojek online Gojek. "Ya kalau benar begitu sih kita senang-senang aja. Tapi jangan cuma wacana-wacana doang. Karena jujur aja, orderan sepi udah dua minggu belakangan ini," katanya ketika berbincang dengan Cintamobil.com

>>> Presiden Jokowi Imbau Kredit Motor dan Mobil Ditangguhkan 1 Tahun

Debt Collector yang Masih Nekat Menagih Bisa Dijerat Polisi

Presiden RI Joko Widodo

Debt collector dilarang menagih tunggakan cicilan kredit motor dan mobil

>>> Ingin Beli Mobil? Perhatikan 5 Tips Memilih Kredit Mobil Bekas Berikut Ini

Seperti diketahui, kebijakan kelonggaran kredit motor dan mobil yang disampaikan Jokowi juga mencangkup aturan larangan penagihan kredit bermasalah yang dilakukan pihak perbankan serta lembaga pembiayaan. Apalagi jika tagihan dilakukan menggunakan debt collector.

Selama pandemi virus corona masih berdampak ke Indonesia, kata Jokowi, maka dilarang debt collector untuk menagih debitur yang kesulitan membayar cicilan motor atau mobil. "Bank dan industri keuangan non-bank dilarang kejar-kejar angsuran, apalagi menggunakan debt collector, itu dilarang," kata Presiden dalam pidatonya di Istana Meredeka Jakarta.

Bahkan jika masih ada lembaga pembiayaan, perbankan, atau pihak debt collector yang masih nekat menangih debitur, maka Jokowi mempersilahkan pihak kepolisian untuk menindak.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Gara-Gara Virus Corona, Pabrik Mobil BYD Kini Produksi Masker

23/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus Corona menyebabkan semakin menipisnya stok alat kesehatan seperti masker dan disinfektan. Sangking kritisnya, BYD membuat fasilitas untuk membuat ratusan ribu masker dan disinfektan per harinya.

Lihat juga

Ratusan Driver Ojol di Jawa Timur Disemprot Disinfektan

23/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Sekitar 500 driver OJOL menjalani penyemprotan disintektan yang dilakukan Pemprov Jawa Timur untuk mencegah penyebaran virus Corona, Minggu (22/3/2020).

Lihat juga

Ini Cara Gojek dalam Mencegah Penyebaran Virus Corona

12/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Pihak Gojek Indonesia menetapkan beberapa kebijakan baru terkait upaya mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas. Diantaranya mewajibkan mitra Gojek menggunakan masker.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC

14/09/2019

Editor rate:

Ketika kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia, sontak para perusahaan otomotif juga turut berpartisipasi. Salah satunya yang sempat ramai adalah Datsun GO+ Panca, menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama di segmen LCGC. Tertarik untuk membelinya? Berikut review Datsun GO+ Panca 2014.

Lihat juga

Harga Sigra 2020: Harga mobil Daihatsu Sigra & Promo September

01/09/2020

Daihatsu

New Daihatsu Sigra 2019 hadir menjadi penyegaran di segmen LCGC. Apa saja penyegaran pada mobil ini? Berapa daftar harga Daihatsu New Sigra terbaru 2020?

Lihat juga