Tarif Tol JORR 1 Naik!

15/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Berlaku mulai 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB, Jasamarga Metropolitan menaikkan tarif Tol JORR 1 Akses Tanjung Priok (ATP) dan Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji.

Penyesuaian tarif dilakukan Jasa Marga secara serentak untuk 7 ruas tol di Pulau Jawa. Salah satunya Jakarta Outer Ring Road (JORR 1) alias Tol Lingkar Luar Jakarta 1. Mulai Minggu, 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB tarif Tol JORR 1 Akses Tanjung Priok (ATP) dan Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji bakal resmi dinaikkan.

Keputusan tersebut didasarkan pada Keputusan Menteri PUPR No. 1522/KPTS/M/2020 yang telah ditetapkan Oktober 2020, sekaligus menjadi realisasi atas rencana penyesuaian yang sekian lama tertunda.

“Penyesuaian tarif Ruas Jalan Tol JORR merupakan penundaan selama empat bulan yang dimana Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020, tetapi PT Jasa Marga (Persero) Tbk belum melakukan penyesuaian tarif dengan pertimbangan kondisi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang masih berlangsung,” tulis Jasamarga Metropolitan di akun Instagramnya @jasamargametropolitan, (14/1/2021).

>>> Jasa Marga Tidak Sendirian, Inilah 4 Pengelola Jalan Tol JORR 1

Foto salah satu persimpangan di Jalan Tol JORR 1

Tol JORR 1 mempermudah akses ke Pelabuhan Tanjung Priok

Naik Rp 500 - Rp 1.500

Dari data yang dibagikan, terlihat kenaikan untuk beberapa golongan kendaraan secara variatif. Mulai dari yang terendah Rp 500 hingga yang tertinggi Rp 1.500. Yang naik Rp 500 yaitu Golongan IV dan V di Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji dari sebelumnya Rp 6.000 menjadi Rp 6.500. Sedangkan yang naik Rp 1.500 yaitu Golongan IV dan V di ruas JORR Seksi W1, W2 utara, W2 selatan, S, E (Penjaringan-Rorotan) dan Akses Tanjung Priok dari sebelumnya Rp 30.000 menjadi Rp 31.500.

Untuk golongan kendaraan selain di atas, kenaikan hanya sebesar Rp 1.000. Dan bahkan ada yang tidak naik sama sekali alias masih seperti sebelumnya, yaitu Golongan I, II, dan III di Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji.

Lebih detailnya tarif Tol JORR 1 yang baru bisa dilihat pada grafis berikut:

Foto Tarif Tol JORR 1 Akses Tanjung Priok

Penyesuaian tarif dilakukan Jasamarga Metropolitan untuk Jalan Tol JORR 1 mulai 17 Januari 2021

Sebagai informasi, penyesuaian tarif jalan tol dilakukan secara rutin setiap 2 tahun sekali sebagaimana diatur dalam regulasi. Untuk tarif Tol JORR 1 yang menggunakan sistem transaksi terbuka, penyesuaian terakhir kali diberlakukan mulai 29 September 2018 pukul 00:00 WIB.

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Tol JORR 1

Jaringan jalan Tol JORR 1 (Jakarta Outer Ring Road 1) memiliki panjang 64 Km. Menjadi salah satu jalan tol tertua di Indonesia, Tol JORR 1 bukan asing bagi warga Jabodetabek dan sekitarnya. Keberadaannya bahkan sangat penting karena memudahkan mobilitas warga Tangerang atau Jakarta yang ingin ke Bekasi, Bogor dan kota-kota di Pantura dan Jalur Selatan. Tol ini juga sebagai tujuan utama ke Depok atau tujuan utama bagi buat warga kota Tangerang Selatan ke Bekasi, Bogor, Depok dan kota-kota di Pantura dan Jalur Selatan.

Untuk pengelolaan jalan Tol JORR 1 dilakukan secara bersama-sama oleh 4 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Baratsatu.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top