Jasa Marga Siapkan Pengaturan Lalu Lintas di 2 Libur Panjang

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jasa Marga Siapkan Pengaturan Lalu Lintas di 2 Libur Panjang
Skenario pengaturan lalu lintas disiapkan Jasa Marga menghadapi arus mudik pada libur panjang HUT Kemerdekaan RI ke 75 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi bakal terjadi peningkatan arus mudik kendaraan di dua libur panjang bulan Agustus 2020, yakni libur HUT Kemerdekaan RI ke 75  yang jatuh pada hari Senin, 17 Agustus 2020 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah yang jatuh pada Kamis 20 Agustus 2020.

Puncaknya diprediksi terjadi pada hari Jumat (14/08/2020) untuk HUT RI ke 75 dan terjadi pada hari Rabu (19/08/2020) untuk libur 1 Muharram 1442 Hijriyah.

"Volume lalu lintas (lalin) keluar Jakarta selama dua hari (14-15 Agustus 2020) diprediksi sebesar 322.437 kendaraan atau naik 8,5% jika dibandingkan dengan lalin normal. Distribusi mayoritas ke arah Timur 48,1%. Lalu, diikuti ke arah arah Selatan/Lokal 24,7%, dan arah Barat 27,2%." tutur Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra seperti dirilis Jasa Marga, (14/8/2020). “Sementara itu untuk periode Tahun Baru Islam 1442 H, kami memprediksi volume lalin keluar Jakarta pada tiga hari (19-21 Agustus 2020) sebesar 476.834 kendaraan atau naik 21,1% jika dibandingkan dengan lalin normal. Distribusi mayoritas ke arah Timur 50,0%. Lalu, diikuti ke arah Selatan/Lokal 23,1%, dan arah Barat 26,9%,” lanjutnya.

>>> Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Transisi Meningkat

Foto menunjukkan sejumlah kendaraan melintas di tol layang Japek

Ada 2 libur panjang, lalu lintas diprediksi padat

Angka-angka di atas adalah akumulasi kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier /utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Skenario pengaturan lalu lintas

Menghadapi prediksi di atas, sejumlah skenario dipersiapkan dalam hal pengaturan lalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya meningkatkan kapasitas layanan di GT utama dengan menyiapkan Mobile Reader, mengoperasikan secara penuh seluruh gardu untuk transaksi, dan menyiagakan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan lalu lintas.

Jasa Marga juga memaksimalkan layanan One Call Center 24 jam di nomor 14080, melakukan optimalisasi kapasitas lajur dengan pemberlakuan rekayasa lalin seperti contraflow atas diskresi Kepolisian, dan menghentikan sementara beberapa pekerjaan konstruksi selama masa libur panjang berlangsung.

“Berdasarkan SE, pembatasan operasional angkutan barang berupa pengalihan arus lalu lintas dari jalan tol menuju arteri. Untuk arus mudik, mobil barang akan dikeluarkan di GT Cikarang Barat Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan dapat masuk kembali di GT Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan." jelas Bima.

>>> Tak Cuma Mobil, BMW Indonesia Juga Perhatikan Penampilan Pelanggannya

Foto menunjukkan Gerbang Tol Cikupa

Seluruh gardu tol bakal dimaksimalkan untuk transaksi

Di rest area

Sebagaimana yang telah dilakukan pelayanan di rest area tetap memperhatikan protokol kesehatan. Namun lebih ditingkatkan lagi dengan menyiagakan petugas dan pos pengamanan, melakukan pembatasan kapasitas pengunjung serta melakukan rekayasa buka tutup rest area jika terjadi kepadatan.

Pengaturan lalu lintas di atas bakal berlangsung pada tanggal 14-15 Agustus 2020 dan tanggal 19-20 Agustus 2020.

Dihimbau pengendara mempersiapkan diri sebelum memulai perjalanan untuk menghadapi beragam kemungkinan yang mungkin terjadi. Pastikan kendaraan prima, tubuh dalam kondisi bugar dan mengikuti protokol kesehatan. Siapkan saldo uang elektronik yang cukup, juga bekal perjalanan seperti air dan makanan, hindari jam-jam padat, serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal Berikut!

Foto menunjukkan Protokol kesehatan rest area

Protokol kesehatan diperketat di rest area

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ditlantas Polda Jatim Siapkan Aplikasi Baru Pelayanan Lalu Lintas

05/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Ditlantas Polda Jatim tengah mempersiapkan aplikasi baru pelayanan lalu lintas, rencananya aplikasi bakal diluncurkan tahun ini dengan nama yang masih rahasia.

Lihat juga

Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Salah Satu Penyebab Terbesar Kematian di Dunia

25/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengingatkan bahwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) menjadi salah satu penyebab terbesar kematian manusia di dunia.

Lihat juga

Daftar Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jawa Tengah

09/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Buat pengendara kendaraan bermotor sebaiknya tahu dan berhati-hati, kepolisian telah mengidentifikasi sejumlah lokasi sebagai titik rawan kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah.

Lihat juga

Semester 1 2020, Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Jateng Turun 13%

09/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Sepanjang semester 1 2020, kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah mengalami penurunan sebesar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Lihat juga

Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Transisi Meningkat

16/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Selama masa PSBB transisi di Jakarta, ternyata diakui oleh pihak kepolisian jumlah pelanggaran lalu lintas meningkat. Karenanya polisi akan lebih tegas memberlakukan tilang.

Lihat juga
 
back to top