Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Transisi Meningkat

16/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Transisi Meningkat
Selama masa PSBB transisi di Jakarta, ternyata diakui oleh pihak kepolisian jumlah pelanggaran lalu lintas meningkat. Karenanya polisi akan lebih tegas memberlakukan tilang.

Pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menilai ada peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas dalam beberapa waktu ke belakang. Angka peningkatan pelanggaran ini terlihat selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) transisi yang berlaku di wilayah Jakarta.

Demikian diungkapkan AKBP Fahri Siregar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Menurut dia, jumlah pelanggar aturan lalu lintas terlihat meningkat pada masa PSBB transisi. Apalagi kondisi lalu lintas sudah kembali padat mengingat sejumlah aktifitas kantor dan usaha telah kembali berjalan setelah pemerintah memberlakukan kebijakan kenormalan baru (new normal). Karenanya menurut dia, pihak kepolisian bakal mempertegas pengawasan di lapangan.

Lebih Tegas Berlakukan Tilang

Polisi menilang pemotor di jalan

Setiap bentuk tindakan melanggar lalu lintas kini akan langsung dikenai sanksi tilang

Masih menurut AKBP Fahri, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan 4.000 personel untuk melakukan pengawasan lalu lintas di Jakarta selama masa PSBB transisi. Dan semua petugas ini akan lebih tegas memberikan sanksi tilang kepada setiap bentuk pelanggaran lalin.

>>> Polisi Akan Tilang 15 Jenis Pelanggaran Lalin di Masa PSBB Transisi

"Semua satuan kerja yang memiliki personel penindak pelanggaran lantas akan melakukan penindakan," katanya seperti Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri, Kamis (16/07/2020).

Kemudian Fahri juga menjelaskan, jika selama masa PSBB di Jakarta beberapa waktu lalu petugas di lapangan hanya menyetop penggemudi mobil atau motor yang melanggara dan kemudian menegurnya, maka mulai kini polisi akan tegas memberlakukan sanksi tilang.

"Dengan pertimbangan angka pelanggaran selama masa PSBB transisi mengalami peningkatan," katanya.

Tidak Pakai Masker Juga Kena Tilang

Operasi lalu lintas

Sanksi tilang akan langsung diberikan karena pelanggaran lalu lintas terus meningkat

>>> Review Honda HR-V 1.5E SE Mugen Edition 2019, Makin Sporti dan Menggugah

Sebelumnya Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto juga menegaskan jika Korlantas Polri akan memberlakukan Operasi Patuh 2020. Operasi Patuh ini dimulai 23 Juli 2020 dan berakhir 5 Agustus 2020.

Operasi Patuh 2020 dilaksanakan dalam rangka menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas, serta mendisplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona di jalan raya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ada Operasi Patuh 2020, Kalau Langgar Lalu Lintas Jangan Cari Alasan

15/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Operasi Patuh 2020 akan berlangsung selama 14 hari dimulai dari 23 Juli 2020. Semua bentuk pelanggaran lalu lintas termasuk tidak memakai masker ketika berkendara bakal ditilang.

Lihat juga

Masih Banyak Pelanggaran, PSBB di Surabaya Raya Diperpanjang

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 15.699 pelanggaran dilakukan warga selama PSBB di Surabaya Raya membuat pemerintah memutuskan memperpanjang PSBB hingga 25 Mei 2020 mendatang.

Lihat juga

Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas Di Indonesia Terus Meningkat Dari Tahun Ke Tahun

30/10/2017

Pasar mobil

Masalah yang patut diperhatikan di kota besar adalah masalah lalu lintas. Jumlah penduduk semakin meningkat, lalu lintas juga semakin ramai. Saat berpartisipasi dalam lalu lintas, bukan semua omematuhi peraturan lalu lintas dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari angka pelanggaran lalu lintas di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Lihat juga

Jumlah Pelanggaran PSBB DKI Tembus 3.474 Kasus di Awal Pekan

14/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Polda Metro Jaya mencatat jumlah pelanggaran PSBB untuk sektor transportasi di hari pertama pekan ini mencapai 3.474 kasus, didominasi pengendara tidak memakai masker.

Lihat juga

Polisi Catat 12.606 Pelanggaran Aturan PSBB di Jakarta Dalam 5 Hari

20/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat jumlah pelanggaran aturan PSBB di Jakarta di sektor transportasi mencapai 12.606 kasus hanya dalam waktu 5 hari (Senin-Jum;at).

Lihat juga
 
back to top