Jangan Salah Kaprah! Deretan Mobil Toyota Ini Lahir di Pabrik Daihatsu

20/05/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Daihatsu tak hanya memproduksi mobil yang dijual atas merek itu sendiri. Ada juga mobil Toyota yang lahir di pabrik Daihatsu. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Toyota dan Daihatsu merupakan dua merek yang berbeda. Produk yang dihasilkan pun berbeda pun demikian dengan sasaran konsumennya di Tanah Air. Hal tersebut bisa dilihat dari deretan produk yang dihadirkan untuk masyarakat Indonesia. 

Toyota menghadirkan produk lebih lengkap sehingga menyasar banyak segmen mulai dari mobil murah hingga premium sekalipun. Sedangkan Daihatsu produknya lebih terbatas. Beberapa mobil Toyota dan Daihatsu itu ada diproduksi dalam negeri. Namun ada juga yang masih didatangkan dari luar secara utuh. Tapi tahukah Anda kalau sebagian mobil Toyota yang dijual di Indonesia itu justru lahir di pabrik Daihatsu?

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mobil Kembar Kelima yang Punya Rasa Lokal

Ini produk kolaborasi terbaru keduanya

Ya, hal itu memang dimungkinkan usai keduanya menjalin kerjasama. Terlebih pada tahun 2016 Daihatsu sepenuhnya sudah dimiliki oleh Toyota. Keduanya memang diketahui telah membangun aliansi sejak 1967, pada 1998, Toyota menguasai saham pengendali Daihatsu. Sejak 2004, kedua perusahaan bekerja sama dalam riset dan pengembangan kendaraan.

Kolaborasi kedua pabrikan asal Jepang ini sepakat akan menjadikan segmen mobil kecil sebagai senjata utama sebagai strategi globalnya.

Toyota akan fokus pada teknologi yang berhubungan dengan lingkungan, keselamatan, pengalaman pengguna, dan kenyamanan. Sedangkan Daihatsu akan melanjutkan teknologi kendaraan untuk efisiensi bahan bakar.

Lalu apa saja mobil Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu? Seperti disebutkan sebelumnya, Daihatsu akan melahirkan mobil dengan teknologi efisiensi bahan bakar yang baik. Itu sebabnya mobil Toyota yang memiliki catatan efisien bahan bakar baik diproduksi di pabrik Daihatsu. 

>>> Bisakah Toyota Raize Ikuti Jejak Avanza Jadi Mobil Sejuta Umat?

1. Toyota Avanza

Toyota Recall Avanza dan 7 Model Lain di Indonesia karena Pompa Bensin

Avanza masih eksis hingga saat ini

Pertama ada Toyota Avanza. Avanza masih eksis hingga saat ini bahkan kerap menjadi yang terlaris. Sejak lahir perdana tahun 2003, Avanza yang dijuluki mobil sejuta umat ini dikenal hemat dari sisi penggunaan bahan bakar. Hal itulah yang disebut menjadi faktor utama Avanza bisa laris manis. Lini produksi Avanza menyatu dengan Daihatsu Xenia. Perbedaan antara keduanya pun tak terlalu mencolok yakni hanya ada pada fitur, interior, dan juga aksesoris. Secara garis besar keduanya kembar identik. 

2. Toyota Rush

Bukan Avanza atau Calya, Rush Jadi Mobil Terlaris Toyota Bulan Juni

Rush juga cukup diminati terlebih usai memiliki tampilan baru

Tak berhenti sampai di situ. Teknologi irit bahan bakar yang dimiliki oleh Daihatsu terus dikembangkan hingga lahirlah SUV baru lewat Rush dan juga Terios pada tahun 2006. Toyota Rush dan Daihatsu Terios merupakan mobil kembar kedua setelah Avanza dan juga Xenia. Baik Rush dan Terios sama-sama lahir di pabrik Daihatsu. Jangan heran kalau wajah keduanya pun amat identik. Meski demikian tetap ada perbedaan yang disematkan seperti fitur. Perbedaan fitur tersebut yang menjadi selisih harga antara Rush dan Terios. 

3. Toyota Agya

Bedah Keunggulan dan Kelemahan Toyota New Agya Facelift 2020

Agya diluncurkan usai pemerintah merilis program LCGC

Mobil Toyota ketiga yang lahir di pabrik Daihatsu adalah Agya. Agya tak sendiri melainkan kembar dengan Daihatsu Ayla. Ya, keduanya hadir saat pemerintah merilis aturan soal mobil murah nan irit bahan bakar bakar alias Low Cost Green Car (LCGC). Seperti dua mobil kembar sebelumnya, Agya dan Ayla juga lahir dari satu rahim. 

>>> Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mobil Kembar Kelima yang Punya Rasa Lokal

4. Toyota Calya

Mobil Calya Putih

Calya tawarkan kapasitas besar namun harga lebih terjangkau

Produksi mobil Toyota yang dilakukan di pabrik Daihatsu bertambah saat Calya diluncurkan bersama dengan Sigra. Calya dan Sigra kompak mengisi segmen LCGC namun memiliki kapasitas lebih besar ketimbang Agya-Ayla yakni mampu memuat tujuh orang. Keduanya lahir berbarengan di pabrik Daihatsu pada tahun 2016. Adik Avanza-Xenia itu pun kini menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan mobil berkapasitas tujuh penumpang namun memiliki banderol harga lebih terjangkau.

5. Toyota Raize

Toyota Raize

Raize jadi mobil Toyota kelima yang diproduksi di pabrik Daihatsu

Memasuki tahun 2021, Toyota dan Daihatsu kompak meluncurkan SUV kompak lewat Raize dan Rocky. Ini merupakan mobil kembar kelima buah kolaborasi keduanya. Rocky dan Raize pun dipastikan diproduksi bersamaan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Ya, mobil Toyota yang lahir diproduksi Daihatsu sebatas mobil kembar. 

Toyota juga diketahui memproduksi mobilnya sendiri. Deretan mobil Toyota yang lahir di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) antara lain Kijang Innova, Fortuner, Sienta, Vios, dan juga Yaris. 

Gambar menujukkan sebuah mobil Toyota Yaris TRD berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Yaris diproduksi di pabrik TMMIN

>>> Yuk, Cari Tau Daftar Pajak Mobil Toyota

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top