Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mobil Kembar Kelima yang Punya Rasa Lokal

28/04/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menjadi mobil kembar kelima yang memiliki cita rasa lokal. Itu karena keduanya diproduksi lokal dan menggunakan TKDN tinggi.

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Daihatsu Rocky

 

Mobil kembar kelima garapan Toyota dan Daihatsu akhirnya diluncurkan di Indonesia. Mobil kembar kelima itu adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Keduanya akan menghuni segmen SUV sub-4 meter yang diprediksi akan ramai pada tahun ini. 

Seperti sebelum-sebelumnya, Toyota Raize-Daihatsu Rocky akan diproduksi bersamaan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?

Avanza tak pernah absen menghuni daftar mobil terlaris di Indonesia

>>> Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Akhirnya Meluncur di Indonesia

Jadi Mobil Kembar Kelima yang Digarap Astra, Toyota, dan Daihatsu

Sebelum diproduksi, kedua mobil itu terlebih dahulu dikembangkan dan disesuaikan untuk masyarakat Indonesia sehingga lebih 'Indonesia' banget di Research and Development Centre milik PT Astra Daihatsu Motor.

"Diawali Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada 2004, kemudian diikuti Rush-Terios, Agya-Ayla, serta Calya dan Sigra. Kami berharap produk ini memberikan pilihan sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan semangat bersama Astra, Toyota dan Daihatsu," ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro dalam konferensi pers kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra 'Sinergi untuk Negeri', Kamis (28/4/2021). 

Nyatanya kehadiran mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu sukses di pasaran. Hal itu bisa dilihat dari data penjualan setiap bulannya. Misalnya Toyota Avanza yang sejak peluncuran hingga saat ini mendominasi segmen Low MPV. Demikian pula dengan Daihatsu Xenia. 

Kemudian di segmen Low SUV terdapat si kembar Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Sejak meluncur tahun 2006, Rush-Terios kompak memuncaki penjualan di segmen tersebut. Belum puas di dua model, pada tahun 2013 sejalan dengan program pemerintah Indonesia dalam mengenalkan kendaraan Low Cost Green Car (LCGC), Toyota dan Daihatsu merilis duo hatchback Agya dan Ayla. 

Hari Ini Sama-sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

Agya-Ayla merupakan mobil kembar ketiga dari Toyota dan Daihatsu

>>> Bocoran Harga Raize-Rocky

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Bisa Dapat PPnBM

Menyusul pada 2016, dua model LCGC MPV yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mengaspal guna memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan mobil dengan harga terjangkau. Seperti disebutkan sebelumnya, keseluruhan model itu akan diproduksi di pabrik PT ADM. 

Tak cuma diproduksi dalam negeri, mobil-mobil kembar garapan Toyota dan Daihatsu juga menggunakan komponen lokal sehingga turut berkontribusi terhadap perkembangan industri otomotif nasional.

diskon ppnbm

Dipastikan mendapat diskon PPnBM

Demikian pula Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Keduanya dipastikan menggunakan komponen lokal. Dengan begitu, keduanya bisa memanfaatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah yang berlaku sejak 1 Maret hingga 31 Desember 2021/ 

"Sebagai peserta relaksasi PPnBM saya harap PT Astra Daihatsu Motor berkomitmen meningkatkan lokal komponen lebih dari 70% termasuk engine, bodi, sasis, dan transmision. Target produksi sampai Desember 2021 sebesar 34.300 unit di mana 8.800 unit di antaranya didedikasikan untuk pasar ekspor," jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kesempatan yang sama. 

>>> Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon PPnBM?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top