Jalan Tol Permai Segera Dibuka Awal Juli Secara Gratis

18/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jalan Tol Permai Segera Dibuka Awal Juli Secara Gratis
Jalan Tol Permai (Pekanbaru-Dumai) direncanakan dibuka awal Juli 2020 secara gratis. Untuk progres saat ini sudah mencapai 98 persen dan dalam penyelesaian akhir.

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai atau disingkat Tol Permai (sebelumnya; Pekdum) tidak lama lagi segera dinikmati masyarakat. Kepastian tersebut terungkap usai kunjungan Ketua Komisi IV DPRD Riau meninjau jalan tol tersebut pada Selasa, 16 Juni 2020 bersama sejumlah anggota DPRD. Turut serta dalam kunjungan Kepala Dinas PUPR dan Kepala Pembangunan Jalan Tol Sesi III, IV, V, dan VI.

Dibuka awal Juli 2020

Ketua Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan yang mendapat penjelasan dari Kepala Jalan Tol Sesi III dan IV, Beni dan Kepala Jalan Tol V dan VI, Willy menuturkan Jalan Tol Permai akan dibuka secara fungsional pada akhir Juni atau awal Juli 2020. Masyarakat bisa menikmatinya secara gratis sampai jalan tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah, kami sudah mencoba langsung tol ini dan dari Muara Fajar Pekanbaru ke Dumai hanya memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit, memang masih ada yang terputus, tapi tak banyak," tutur pria yang akrab disapa Iwan Fatah dalam keterangan resminya, (17/6/2020).

>>> Uji Coba Selesai, Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Resmi Berlaku

Kunjungan Kerja Anggota DPRD Riau ke Jalan Tol Permai

Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Riau meninjau progres Tol Permai pada Selasa (16/62020)

Soal besaran tarif jika nanti resmi beroperasi akan ditetapkan berdasarkan kilometer. Iwan menegaskan tarif Tol Permai bakal lebih murah dibandingkan tarif tol di pulau Jawa, dengan besaran kurang lebih Rp1.000 per km.

Spesifikasi Jalan Tol Permai

Jalan Tol Permai menjadi bagian dari pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang dikelola PT Hutama Karya (Persero). Jalan tol ini memiliki panjang 131,4 kilometer (Km) membentang dari Kota Pekanbaru hingga Dumai dengan melewati sejumlah kawasan penting.

Proses pembangunan dimulai pada Desember 2016 hingga sekarang dan terbagi menjadi 6 seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,2 km)
  • Seksi 2 Minas-Petapahan (23,6 km)
  • Seksi 3 Petapahan-Kandis Utara (17,45 km)
  • Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (28,95 km)
  • Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara (27,23 km)
  • Seksi 6 Duri Utara-Dumai (25,05 km)

Selain dua ramp utama di Pekanbaru dan Dumai, akses warga dipermudah dengan adanya 6 simpang susun, yaitu

  • Simpang Susun Minas Junction
  • Simpang Susun Kandis Selatan
  • Simpang Susun Kandis Utara
  • Simpang Susun Pinggir
  • Simpang Susun Duri Junction
  • Simpang Susun Mandau

Sebagaimana uji coba yang dilakukan Ketua Ketua Komisi IV DPRD Riau, Tol Permai bakal mempersingkat waktu tempuh dari Pekanbaru - Minas - Kandis - Duri - Dumai atau sebaliknya.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal Berikut!

Foto Salah salah satu overpass jalan Tol Permai

Jalan tol dilengkapi perlintasan manusia dan perlintasan gajah

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top