Uji Coba Selesai, Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Resmi Berlaku

05/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Uji Coba Selesai, Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Resmi Berlaku
Selesai uji coba pengoperasian secara gratis selama dua bulan, PT Jasa Marga memberlakukan tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang) mulai 6 Juni 2020 pukul 00.00 WIB.

Pandemi virus Corona (COVID-19) tidak menyurutkan Jasa Marga untuk mengoperasikan jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat No. 314/KPTS/M/2020 ruas tol sepanjang 3,11 km tersebut resmi dioperasikan mulai 7 April 2020.

Belum dikenakan tarif bagi kendaraan roda empat yang melintas mengingat pengoperasiannya masih bersifat uji coba. Sementara waktu 'gratisan' yang cukup panjang ditujukan agar sosialisasi kepada masyarakat lebih optimal mempertimbangkan adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) serta memperhatikan dampak ekonomi masyarakat akibat pandemi tersebut.

>>> Jalan Tol PandaanMalang Seksi 5 Resmi Dibuka, Tarif Rp 0

"Namun dengan telah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Malang Raya dan sekitarnya pada tanggal 31 Mei lalu dan tidak ada perpanjangan masa PSBB, serta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19, maka tarif tol Ruas Pakis-Malang (Seksi V) diberlakukan mulai Sabtu dini hari, tanggal 6 Juni 2020, pukul 00.00 WIB," ungkap Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo dalam keterangan resminya, (4/6/2020).

Foto Tol Pandaan-Malang dari udara

Jalan Tol Pandaan-Malang beroperasi 100 persen

Tarif resmi berlaku 6 Juni

Kini setelah dua bulan berlalu, PT Jasamarga (Persero) mengumumkan tarif tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang) yang bakal diberlakukan mulai 6 Juni 2020 pukul 00.00 WIB. Keputusan diambil sesuai Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 330/KPTS/M/2020 Tanggal 6 April 2020.

Adapun besarannya bervariasi tergantung asal perjalanan, tujuan perjalanan, serta golongan kendaraan. Ada 6 titik asal dan tujuan perjalanan, yaitu Pandaan, Purwodadi, Lawang, Singosari, Pakis, dan Malang.

Tarif termurah adalah Rp3.000, yaitu untuk kendaraan golongan I yang masuk melalui GT Pakis dan keluar melalui GT Malang atau sebaliknya. Sedangkan tarif termahal adalah Rp72.000, yaitu untuk kendaraan golongan IV dan V yang masuk melalui GT Pandaan dan keluar melalui GT Malang atau sebaliknya.

>>> Keindahan Dibalik Gerbang Tol Lawang Jalan Tol Pandaan-Malang

Gambar menunjukkan Tarif Tol Pandaan-Malang

Gambar menunjukkan Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5

Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang)

Spesifikasi Jalan Tol Pandaan-Malang

Seksi 5 Pakis-Malang merupakan Seksi terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dioperasikan. Sedangkan seksi lain yaitu Seksi 1 hingga Seksi 4 sudah beroperasi lebih dulu. Lebih detail berikut 5 Seksi Tol Pandaan-Malang (38,48 Km) yang dikelola PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM).

  • Seksi 1 : panjang 15.47 Km dari Pandaan sampai Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Mei 2019, bebarengan dengan Seksi 2 dan Seksi 3.
  • Seksi 2 : panjang 8.05 km dari Purwodadi, Kabupaten Pasuruan sampai Lawang, Kabupaten Malang.
  • Seksi 3 : panjang 7.10 km, dari Lawang sampai Singosari, Kabupaten Malang.
  • Seksi 4 : panjang 4.75 km, dari Singosari sampai Pakis, Kabupaten Malang. Dioperasikan pada 1 November 2019.
  • Seksi 5 : panjang 3,11 km, dari Pakis sampai Malang, Kabupaten Malang. Beroparesi mulai 7 April 2020

Sebagai akses keluar masuk warga, jalan tol ini dilengkapi 6 Simpang Susun (SS) dan 6 Gerbang Tol (GT) yaitu SS/GT Pandaan, SS/GT Purwodadi, SS/GT Lawang, SS/GT Singosari, SS/GT Pakis, dan SS/GT Malang.

Jasa Marga menghimbau agar pengendara selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu, serta memastikan saldo e-toll mencukupi sebelum memulai perjalanan. "Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrean panjang di Gerbang Tol dan selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan," tutup Agus.

>>> Lewat Tol Trans Jawa, Kenali Perbedaan Rest Area A dan Rest Area B

Foto menunjukkan Gerbang Tol Lawang

Salah satu keindahan dibalik Gerbang Tol Lawang

>>> Baca juga berita hot lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top