Jalan Tol Kertosono-Kediri, Konstruksi Dimulai Pertengahan 2021

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jalan Tol Kertosono-Kediri, Konstruksi Dimulai Pertengahan 2021
PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan bila pembebasan lahan berjalan lancar pekerjaan konstruksi jalan Tol Kertosono-Kediri bisa dimulai pertengahan 2021.

Rencana pembangunan jalan Tol Kertosono-Kediri terus berlanjut. Jasa Marga melaporkan saat ini pembangunan jalan tol yang dikelola PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) tersebut telah memasuki pengajuan penetapan lokasi (penlok) dari Gubernur Jawa Timur.

"Kami saat ini telah mendapatkan persetujuan review Right of Way (ROW) Plan pada bulan Agustus lalu. Saat ini memasuki tahapan pengajuan penetapan lokasi (penlok) lahan oleh Gubernur Jawa Timur.” tutur Direktur Utama PT JNK Arie Irianto, sebagaimana dirilis Jasa Marga, (23/9/2020).

Pembebasan lahan dan target rekonstruksi

Foto menunjukkan Simpang Susun Nganjuk di Jawa Timur

Jalan Tol Kertosono-Kediri bakal terhubung langsung dengan Tol Ngawi-Kertosono

Untuk pembebasan lahan saat ini belum dilakukan karena ada tahapan lain yang harus dilalui. Setelah Penlok disetujui Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bakal dilanjutkan tahap persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA).

“Setelah penlok selesai, kita akan kejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) yang dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan," kata Arie menjelaskan tahapan prosedur perizinan proyek pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri.

Arie berharap seluruh tahapan bisa berjalan lancar. Tujuannya agar pembebasan lahan bisa dilakukan sesuai target, yaitu awal 2021. Begitu pula dengan pekerjaan konstruksi, bisa pembebasan lahan berjalan lancar konstruksi bakal dimulai pertengahan 2021 hingga selesai pada 2023.

"Proses pembebasan lahan untuk proyek ini akan dimulai awal tahun 2021. Jika berjalan lancar, maka pelaksanaan konstruksi dapat dimulai pada pertengahan tahun depan dan diharapkan dapat beroperasi secara keseluruhan sesuai target, yaitu pada tahun 2023," papar Arie.

>>> Tol Solo-Ngawi, Satu-Satunya Tol Penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur

Foto menunjukkan jalan Tol Ngawi-Kertosono

Tol Ngawi-Kertosono, salah satu ruas utama jalan Tol Trans Jawa

Tol Kertosono-Kediri

Jalan Tol Kertosono-Kediri (20,3 Km) adalah perpanjangan Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang saat ini sudah beroperasi. Proyek ini sudah disetujui pemerintah tertuang dalam addendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tahun lalu.

Jalan tol ini akan dilengkapi dengan satu junction (titik temu) dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono, dan dua interchange yang terletak di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri. Selain itu Tol Kertosono-Kediri direncanakan akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) yaitu GT Sugihwaras dan GT Kediri.

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Nganjuk

Gerbang Tol Nganjuk Tol Ngawi-Kertosono mempermudah akses warga keluar masuk jalan tol Trans Jawa

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tol Solo-Ngawi, Satu-Satunya Tol Penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur

24/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dengan panjang mencapai 91 Km, Jalan Tol Solo-Ngawi menjadi satu-satunya penghubung dua provinsi besar, Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui jalan bebas hambatan.

Lihat juga

Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

22/09/2020

Pengemudian

3 menit

Banyak alasan pengendara harus mampir di rest area jalan tol dibanding terus melaju meneruskan perjalanan sampai tempat tujuan tanpa berhenti sama sekali.

Lihat juga

Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol

21/09/2020

Pengemudian

3 menit

Kejadian tidak lazim terkadang dijumpai saat berkendara di jalan tol. Tetaplah tenang jika Anda melihat kejadian khusus di jalan tol dan lakukan 4 hal berikut!

Lihat juga

Jasa Marga Tanam 10.000 Pohon Bambu di Jalan Tol Semarang-Solo

17/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dukung program penghijauan dan beautifikasi Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) tanam 10.000 pohon bambu di sepanjang ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Lihat juga

Waspadai Potensi Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Malam Hari

08/09/2020

Pengemudian

3 menit

Mengemudi di jalan tol malam hari berpotensi menimbulkan bahaya yang lebih besar dibanding mengemudi di jalan raya non tol atau di jalan tol saat siang hari.

Lihat juga
 
back to top