Jakarta Uji Emisi, Daihatsu: Kami Siap Hingga Euro VI

20/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Di saat Pemerintah DKI Jakarta mencanangkan aturan uji emisi, Daihatsu menyediakan fasilitas pengujian, bahkan untuk pengujian kendaraan sampai Euro VI.

Untuk mengurangi polusi dari kendaran yang berpengaruh pada kondisi ekstrim yang terjadi, pemerintah DKI Jakarta memberlakukan pengujian emisi untuk kendaraan yang melintas di kota Jakarta. Menanggapi baik hal ini, pihak Daihatsu menegaskan dukungan mereka dengan fasilitas pengujian terlengkap di Indonesia.

Hingga Euro 6

Dalam press conference yang dilakukan pada hari Jumat, (19/2) lalu, Soni Satria selaku Executive Coord. Engineering Division R&D PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan bahwa pihak Daihatsu sudah menerapkan berbagai komponen ramah lingkungan serta menawarkan fasilitas pengujian yang terlengkap di Indonesia.

pabrik Daihatsu dengan berbagai mobil Daihatsu
Daihatsu menegaskan komitmen mereka menawarkan komponen ramah lingkungan

>>> Jadwal Terakhir Uji Emisi Gratis di Jakarta Hingga 28 Januari 2021

Daihatsu mengungkapkan Green Technology ala Daihatsu, salah satunya dengan Super Intelligent Catalyst dengan free maintenance. Selanjutnya ada platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) untuk platform yang tanggung dan ringan, sehingga membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dan yang terakhir dengan material ramah lingkungan, termasuk mengikuti Program Langit Biru yang digaungkan Pemerintah Indonesia.

Soni menambahkan bahwa Daihatsu sudah mempersiapkan pengembangan mesin dan sistem buang untuk sekelas Euro VI. Beberapa produk Daihatsu disesuaikan untuk mengikuti standar emisi yang diberlakukan di negara tujuan. Contohnya saja produk Daihatsu yang dijual di Fiji dan Chile sudah mendapatkan standar emisi Euro VI.

>>> Kendaraan Tak Lulus Pengujian Emisi Kini Tidak Boleh Parkir di Jakarta

ilustrasi mengenai uji emisi Daihatsu
Bengkel Daihatsu menyediakan fasilitas uji emisi kendaraan

Hingga saat ini, Soni menegaskan bahwa Daihatsu merupakan satu-satunya pabrikan dengan fasilitas pengujian emisi terlengkap dan pertama di Indonesia yang bisa melakukan pengujian hingga Euro VI. Fasilitas milik Daihatsu mampu menguji kendaraan dengan berbagai tipe, mulai dari penggerak dua roda dan empat roda, dalam kecepatan maksimal 200 km/jam, hingga menguji kendaraan dengan berat maksimal 2,7 ton.

Uji Emisi Di Jakarta

Pemerintah DKI Jakarta beberapa waktu lalu berencana untuk menerapkan uji emisi bagi kendaraan di atas 3 tahun. Peraturan yang tertuang dalam Pergub DKI no. 66 tahun 2020 tentang kewajiban uji emisi bagi kendaraan ini berlaku khusus bagi mobil maupun sepeda motor yang melintas di jalanan kota Jakarta.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas Daihatsu di sini

Daihatsu mengungkapkan bahwa Indonesia telah lama terlambat dalam mengimplementasikan standar emisi buang kendaraan. Pasalnya negara-negara di Eropa sudah memberlakukan standar emisi mulai dari tahun 1992 silam. Bahkan negara tetangga seperti Malaysia menerapkan standar emisi Euro I sejak 1996 lalu.

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top