Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Kini Tidak Boleh Parkir di Jakarta

26/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Dinas Perhubungan mulai menerapkan aturan soal uji emisi. Bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi tidak boleh parkir di Jakarta dan dikenakan tarif tertinggi.

Penerapan aturan kewajiban uji emisi kendaraan pribadi sudah mulai berlaku pada 24 Januari 2021. Kini Dinas Perhubungan mulai gencar melakukan pengecekan terhadap sejumlah kendaraan di Ibu Kota.

>>> Selain Wajib, Mengapa Uji Emisi Kendaraan Pribadi Harus Dilakukan?

Tak Boleh Parkir

Nantinya, bila ada kendaraan yang kedapatan tak lulus uji emisi maka tidak bisa memarkirkan kendaraannya di Jakarta. 

Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakarta Hari Ini

Kalau tak lulus uji emisi sanksi sudah menanti

"Jika pemilik kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi, maka tidak dapat menggunakan fasilitas parkir di DKI Jakarta. Otomatis ke depannya akan dikenakan tarif parkir tertinggi yang berlaku saat membayar," tulis laman instagram Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur. 

Sudinhub sendiri saat ini tengah melakukan Giat Uji Emisi Kendaraan Bermotor Roda Empat di Kantor Walikota Jakarta Timur Puluhan kendaraan roda empat ikut dalam uji emisi gratis yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup DKI di beberapa tempat. 

Sekadar mengingatkan, Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, bagi mobil penumpang perseorangan atau sepeda motor berusia lebih dari tiga tahun yang tidak melakukan uji emisi dan/atau tak lulus uji emisi gas buang ke depan akan dikenakan sanksi yang tertuang dalam UULLAJ Nomor 22 Tahun 2009, pasal 285 dan pasal 286, yakni denda maksimal Rp 250 ribu untuk sepeda motor dan denda maksimal Rp 500 ribu untuk mobil.

Yang melakukan penegakan hukum di jalan adalah Kepolisian dan Dishub. Pergub ini telah ditetapkan pada bulan Juli 2020, artinya Pergub ini mulai berlaku enam bulan sejak disahkan. 

>>> Kendaraan Pribadi Belum Uji Emisi? Siap-siap Kena Sanksi

Soal Tilang Masih Tahap Diskusi

cara uji emisi di DKI Jakarta

Salah satu metode pengukuran uji emisi

Namun demikian, soal tilang pihak kepolisian mengaku masih dalam tahap diskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan juga Pemprov Jakarta. 

Pemberlakuan uji emisi ini memang dimaksudkan untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota yang kian tercemar. Dalam data Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, terlihat peningkatan jumlah pengguna kendaraan bermotor di Jakarta selama 2017 hingga 2019.  Pada 2019, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta meningkat sebesar 0,7% atau sebanyak 77.158 kendaraan dari tahun sebelumnya.

Hal itu menyebabkan peningkatan produksi gas buang kendaraan, sehingga uji emisi perlu dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara di Ibu Kota. 

>>> Deretan Mobil yang Tak Wajib Uji Emisi di Jakarta

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top