Situs Honda Global Diserang Hacker

11/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Situs Honda Global Diserang Hacker
Situs resmi Honda global telah diserang oleh hacker ransomware. Kabar baiknya semua situs Honda akan segera pulih atau paling lambat akhir Minggu ini.

Situs Honda global dilaporkan telah diserang oleh hacker. Serangan cyber ini dikatakan mempengaruhi pada operasi Honda di seluruh dunia.

>>> Pemkot Semarang Terapkan PKM Jilid 3, Berkendara Tetap Harus Dibatasi

Gambar menunjukan Honda Twitter

Akun resmi Honda di Twitter

Operasi global pabrikan mobil Jepang Honda telah terganggu oleh serangan dunia maya. Dalam sebuah tweet yang diposting 9 Juni, akun Twitter Layanan Pelanggan Honda Automobile mengatakan bahwa layanan pelanggan dan jaringan layanan keuangan mengalami kesulitan teknis dan tidak tersedia untuk bisa diakses.

"Saat ini Layanan Honda Customer Service dan Honda Financial Services sedang mengalami permasalahan teknis dan tidak tersedia terlebih dahulu. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini secepat mungkin. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas kesabaran dan pengertian Anda," tulis keterangan resmi Honda pada media sosial Twitter.

>>> Ini Protokol Kesehatan New Normal di Bengkel dan Toyota Home Service Auto2000

Gambar menunjukan Honda Twitter

Pernyataan resmi Honda di Twitter 9 Juni lalu

Beberapa pakar keamanan cyber mengatakan kejadian yang tengah dialami Honda ini seperti serangan ransomware, yang berarti peretas mungkin telah mengenkripsi data atau mengunci Honda dari beberapa sistem IT-nya. Namun, Honda mengatakan tidak ada data yang tercuri dan memastikan kejahatan ini tidak akan berdampak pada bisnis Honda.

Tidak diketahui bagaimana para penjahat menyusup ke sistem komputer Honda. Namun seorang peneliti keamanan mengatakan bahwa serangan ini merupakan ransomware yang menyatakan bahwa serangan itu telah dirancang khusus untuk Honda. Ransomware sendiri merupakan jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data dengan meminta uang tebusan.

"Virus yang berdampak pada Honda adalah bagian dari keluarga ransomware SNAKE" kata Oz Alashe, kepala eksekutif bisnis cybersecurity CybSafe, mengatakan kepada The Telegraph.

Honda memprediksikan beberapa situs Honda yang terkena dampak dari serangan cyber ini akan bisa kembali beroperasi hari ini atau paling lambat akhir minggu ini.

>>> Berita otomotif terbaru dunia dan nasional menarik lainnya ada di link ini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top