Kupas Tuntas Hilux Double Cabin, Pikap Unggulan Toyota yang Serbaguna

20/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Toyota Hilux Double Cabin adalah pikap serbaguna terbaik di kelasnya yang mampu beroperasi di segala medan. Mobil ini hadir dengan 3 varian, yakni tipe E, G, dan V.

Toyota Hilux Double Cabin merupakan salah satu produk pick up unggulan Toyota yang menjadi incaran banyak konsumen di berbagai negara. Selain tampilannya yang sporty, mobil ini dikenal tangguh untuk melakukan berbagai aktivitas lapangan dan dapat diandalkan di segala jenis medan, termasuk medan ekstrem seperti offroad yang terjal nan berliku.  

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis atau komersial, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan pribadi karena dilengkapi dengan desain yang ramah penumpang serta sejumlah fitur penunjang kenyamanan. Untuk varian double cabin-nya, Hilux facelift dari generasi ke-8 ini hadir dalam tiga model. Berikut spesifikasi dan ulasan singkat mengenai Hilux Double Cabin.

Hilux Double Cabin Old Model

Melihat sejenak ke masa-masa awal ketika kendaraan ini masuk ke Indonesia tahun 2008, PT Toyota Astra Motor resmi mendatangkan generasi ketujuh Hilux, yang bertipe Double Cabin sekaligus generasi pertama yang diluncurkan di tanah air. Hal itu dilatarbelakangi oleh pasar mobil pikap yang ramai mengingat industri perkebunan dan pertambangan sedang booming pada masa itu . 

Mobil Hilux D-Cab generasi awal sudah mengusung desain yang tangguh, meski masih tampak sederhana dari segi eksterior, interior, maupun fitur. Untuk mesin, mobil pikap ini masih dibekali dengan mesin diesel 1KD-FTV 4 silinder segaris berkapasitas 2.982 cc dengan suntikan turbo variabel VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga 161 Hp pada putaran 3.400 rpm dan torsi 336 Nm pada putaran 1.400 Rpm hingga 3.400 Rpm. 

Mobil Toyota Hilux Tahun 2009 dilihat dari sisi samping

Varian Double Cabin yang telah mendapatkan facelift

Namun, pada 2011, terjadi perombakan pada mesinnya. Mobil ini beralih menggunakan mesin diesel 2KD-FTV 4 silinder segaris berkapasitas 2.494 cc dengan suntikan turbo variabel VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Tenaga yang dihasilkan yakni mencapai 140 Hp pada putaran 3.400 Rpm dan torsi 343 Nm pada putaran 1.600 Rpm hingga 2.800 Rpm.

>>> Fitur Ini Mempermudah Toyota Hilux Facelift saat Diajak Off-Road

Hilux Double Cabin 2021

Versi terbaru atau facelift keluaran tahun 2021, hadir dengan sejumlah penyegaran baik dari segi interior, eksterior, fitur maupun mesinnya yang jauh lebih mumpuni ketimbang pendahulunya. Meski membawa berbagai perubahan, Hilux Double Cabin tetap mempertahankan DNA-nya sebagai kendaraan yang serbaguna dan tangguh. 

Saat ini, versi Double Cabin hadir dengan tiga varian, yakni Double Cabin 2,4L E DSL 4x4 M/T, Double Cabin 2,4L G DSL 4x4 M/T, dan Double Cabin 2,4L V DSL 4x4 A/T. Sebenarnya tak hanya model Double Cabin (D-Cab) saja, Hilux juga mengeluarkan varian Single Cabin (S-Cab) dan Extra Cabin (C-Cab) 4x2 atau 4x4, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

2 Mobil Hilux double cabin 2021

Hilux Double Cab memiliki spesifikasi yang berbeda

Ketiga varian Hilux 2021 dijual dengan harga yang beragam mengingat masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda pula. Tipe E bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 429.750.000, tipe G dengan harga Rp 454.550.000, dan tipe V, tipe termahal, dengan harga Rp 497.650.000. Tidak berbeda jauh dengan harga Hilux Double Cabin 2020.

>>> Harga dan Cicilan New Hilux, Pick-up Modern yang Siap Mendukung Bisnis di Masa New Normal

Spesifikasi Toyota Hilux Double Cabin

Toyota Hilux Double Cabin memiliki dimensi panjang 5.330 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm dengan jarak sumbu roda 3.085 mm. Agar dapat mendukung tenaganya yang luar biasa besar, mobil bongsor ini disertai dengan bobot yang mencapai 2.008 kg atau sekitar 2 ton lebih.  

Untuk velg, Hilux D-Cab tipe termahal dilengkapi dengan velg alloy berdimensi 17 inci berwarna gelap yang dibalut dengan ban besar tipe 265/65 R17 guna membantunya melintasi jalanan halus maupun terjal. Mobil berjenis pickup ini (untuk semua varian) mengadopsi Double Wishbone untuk suspensi depan dan Leaf Spring Rigid Axle untuk suspensi belakang. Keduanya suspensi sangat andal dan mumpuni, sehingga efek guncangan yang dihasilkan sangat sedikit. Sementara pada metode pengereman, Hilux D-Cab menggunakan Ventilated 16 inci untuk rem depan dan Leading Trailing Drum untuk rem belakang.

Mobil Toyota Hilux tahun 2020

Varian termahal memiliki velg 17 inci yang sangar

Perihal mesin, Toyota Hilux Double Cab ditenagai dengan mesin diesel Toyota bertipe 2KD-FTV, DOHC 4 silinder segaris (4 cylinders in line) 16 katup (16-valve). Mesin tersebut terkenal kuat untuk dibawa berkendara melintasi medan yang buruk sekalipun. Mesin D-Cab tipe E memiliki kapasitas 2.494 cc sementara tipe G dan V berkapasitas 2.393 cc, dengan sistem bahan bakar Fuel Injection with Common Rail. Mobil ini juga dibekali dengan sistem 4x4 yang bisa dioptimalkan melalui fitur Easy 4x4 switch.

Besar tenaga yang dihasilkan dengan mesin tangguh Hilux D-Cab adalah 146 Hp pada putaran 3.400 Rpm dengan torsi 392 Nm pada putaran 1.600 Rpm hingga 2.000 Rpm. Kemudian, tenaga-tenaga itu akan disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan untuk tipe G dan E, sementara tipe V melalui transmisi otomatis 5-percepatan dengan sport sequential shiftmatic.

>>> Review Toyota Hilux Pick Up 4x4 Diesel 2020: Jagoan Di Pertambangan

Review Toyota Hilux Double Cabin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Hilux Double Cab terbaru muncul dengan beberapa perubahan pada eksterior, interior dan fitur-fiturnya. 

Eksterior Hilux Double Cabin

Pada bagian depan Hilux D-Cab terdapat lampu utama atau headlamp besar berbentuk trapesium yang melebar ke atas. Grill-nya menggunakan desain besi bertingkat dengan sentuhan aksen krom, membuatnya tampak elegan. Sesuai bodi bongsornya, bumper mobil ini juga berukuran besar nan dinamis. 

Untuk sisi samping, Hilux D-Cab terlihat sederhana dan terkesan kaku karena tak ada banyak ornamen atau lekukan bodi. Terdapat tambahan tubular steep side berwarna hitam doff, yang memberi kesan gagah pada mobil pikap ini. 

Hilux double dengan warna abu-abu yang terlihat mewah

Tampilannya yang maskulin didukung ground clearance yang tinggi

Pada bagian belakang, terdapat High-Mounted Stop Lamp berbentuk kotak di bagian bak serta aksen segitiga di sisi samping sebagai indikator sein. Terpampang pula bumper minimalis berbahan besi yang berbalut material krom.

Interior Hilux Double Cabin

Beralih ke bagian interior. Ruang kabin terbilang luas untuk ukuran mobil pikap. Jangan salah, mobil ini dapat menampung empat orang dewasa dengan nyaman meski terlihat kecil dari luar. Di bagian dashboard tipe V atau varian flagship yang masih mempertahankan material kulit berkelas, terdapat head unit layar sentuh ukuran 7 inci yang dilengkapi fitur hiburan seperti radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.Sementara tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen dengan fitur radio, CD, USB, dan AUX-In. Tipe G mengadopsi model serupa dengan E tetapi dilengkapi dengan fitur Bluetooth. 

Selain itu, terdapat pula panel instrumen baru MID 4,2 inci TFT premium lengkap dengan indikator ECO, yang memungkinkan Anda mengakses berbagai informasi akurat mengenai kendaraan untuk mendukung kenyamanan berkendara. Di tengah-tengah dashboard di seluruh tipe kabin ganda, tersedia koneksi listrik melalui lighter. Kemudian ada assist grip di bagian atas pintu mobil pengendara untuk mempermudah akses keluar masuk mobil.

tampilan interior Hilux yang nyaman

Bagian dalam Hilux menawarkan kenyamanan di segala medan

Mobil ini mengaplikasikan Auto AC digital tanpa ventilasi. Di dekat tombol AC, terdapat knob putar yang berguna untuk mengatur 4WD secara elektrik. Ada pula kontrol audio pada setir yang memungkinkan Anda mengubah stasiun radio tanpa harus mengalihkan pandangan ke head unit.  Setir mobil ini juga dilengkapi berbagai tombol fitur fungsional serta mengadopsi sistem Tilt & Telescopic Steering Column sehingga pengendara dapat menyesuaikan posisi saat menyetir. 

Untuk jok, Hilux D-Cab kini menghadirkan material kulit yang terasa cukup nyaman untuk ditempati, bahkan ketika perjalanan panjang. Kabin di bagian belakang memang tak seluas di bagian depan, namun Hilux D-Cab mengakalinya dengan menyematkan banyak tempat penyimpanan untuk membantu Anda menaruh barang-barang kecil yang berharga agar tidak menyempitkan ruang.

>>> Komparasi Toyota Hilux 2.4 V AT vs Mitsubishi Triton Ultimate: Mencari Dual Cabin Terbaik 2020

Fitur Hilux Double Cabin

Toyota melengkapi Hilux keluaran 2020-2021 dengan banyak sekali fitur keamanan yang canggih. Salah satunya adalah fitur Vehicle Stability Control (VSC), yang akan membantu membuat kendaraan Anda tetap stabil dan terkendali saat berada di tikungan tajam. Tak hanya itu, Hilux Double Cab juga memiliki fitur Anti-Lock Braking System dan Rear Differential lock System untuk pengereman yang lebih memadai, menghindari roda kendaraan terkunci, dan menghindari laju tak terkontrol.

Toyota new Hilux double cabin tampilan eksterior

Ada banyak fitur yang disematkan pada Toyota Hilux Double Cabin terbaru

Ada pula fitur Hill Start Assist untuk membantu mengendalikan kendaraan saat tiba-tiba berada di posisi menanjak. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Airbag System yang terbanyak di kelasnya (driver knee airbags, side curtain airbags, side airbags dan dual front airbags) untuk membantu pengendara dan penumpang apabila terjadi insiden. Tak ketinggalan, tersemat fitur-fitur penunjang kenyamanan lainnya seperti audio 2 DIN 4 speaker, power windows, central lock, dan AC double blower.

Itu informasi mengenai Toyota Hilux Double Cabin 2021 yang patut Anda ketahui. Jika Anda mencari mobil pikap yang tangguh dan mampu mengarungi segala medan berat nan ekstrem, termasuk offroad, maka Hilux D-Cab adalah jawabannya. Mobil kabin ganda ini tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk bisnis, tetapi juga aman digunakan untuk pribadi karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Ada berapa varian yang dimiliki Hilux Double Cabin?
Sejauh ini ada tiga varian, yakni Double Cabin 2,4L E DSL 4x4 M/T, Double Cabin 2,4L G DSL 4x4 M/T, dan Double Cabin 2,4L V DSL 4x4 A/T.
Berapa harga Toyota Hilux Double Cabin saat ini?
Masing-masing varian memiliki spesifikasi yang berbeda, oleh karean itu, harganya pun berbeda. Tipe E Rp429.750.000, tipe G Rp454.550.000, dan tipe V Rp497.650.000.
Toyota Hilux Double Cabin tersedia dalam warna apa saja?
Ada lima warna, yaitu Crimson Red, Attitude Black, Super White, Dark Grey Metallic, Silver Metallic.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top