Harga Pertamina Dex Hari Ini, Bulan Oktober 2020

10/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Harga Pertamina Dex Hari Ini, Bulan Oktober 2020
Untuk mobil diesel BBM Pertamina Dex sangat direkomendasikan dibanding Bio Solar maupun Dexlite. Berikut harga Pertamina Dex hari ini, bulan Oktober 2020.

Semakin meningkatnya polusi udara akibat pembakaran mesin kendaraan bermotor, beberapa negara berencana menghapus peredaran mobil bermesin diesel, seperti Inggris, Prancis, Belanda, Norwegia, China, Spanyol, dan Mexico. Rencana pelarangan bakal dimulai antara tahun 2030-2040.

Untuk Indonesia, wacana itu sudah pernah diusulkan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan agar mobil diesel dilarang beredar mulai 2040. Hingga kini belum ada keputusan final.

Terlepas bagaimana kelanjutan nasib mobil diesel di masa mendatang, saat ini mobil berbahan bakar gasoil tersebut terus diproduksi dan dijual. Tidak hanya favorit buat mobil niaga komersial, beberapa produsen menyiapkan varian diesel untuk model mobil penumpang. Seperti Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu Mux, Toyota Fortuner, dan yang lain.

Seiring hal tersebut, Pertamina menyediakan bahan bakar minyak (BBM) yang dibutuhkan. Saat ini ada 3 pilihan BBM untuk mobil diesel, yakni Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

>>> Harga Dexlite Hari Ini, Bulan Oktober 2020

Foto menunjukkan SPBU Pertamina

Pertamina menyediakan banyak pilihan BBM untuk kendaraan bermotor

BBM Pertamina Dex

Pertamina Dex bukan jenis baru. BBM ini diluncurkan pada 12 Agustus 2005 dan masih dijual hingga sekarang. Pertamina Dex memiliki angka Cetane 53 serta kandungan sulfur kurang dari 300 ppm sesuai standar internasional EURO 3 & WWFC Cat. BBM ini sangat direkomendasikan untuk pemakaian pada kendaraan bermesin diesel, terutama yang telah menerapkan berteknologi Common Rail System.

Harga Pertamina Dex hari ini

Harga BBM saat ini adalah harga penyesuaian yang diberlakukan Pertamina mulai 5 Januari 2020. Untuk lebih lengkapnya berikut daftar harga Pertamina Dex, bulan Oktober 2020.

  • Harga Rp 10.200 per liter

Harga Pertamina Dex Rp 10.200 per liter berlaku di Prov. Aceh, Prov. Sumatra Utara, Prov. Bengkulu, Prov. Dki Jakarta, Prov. Banten, Prov. Jawa Barat, Prov. Jawa Tengah, Prov. Di Yogyakarta, Prov. Jawa Timur, Prov. Bali, Prov. Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Prov. Nusa Tenggara Timur (NTT).

  • Harga Rp 10.450 per liter

Harga Pertamina Dex Rp 10.450 per liter berlaku di Prov. Sumatra Barat, Prov. Jambi, Prov. Sumatra Selatan, Prov. Bangka Belitung, Prov. Lampung, Prov. Kalimantan Barat, Prov. Kalimantan Tengah, Prov. Kalimantan Selatan, Prov. Kalimantan Timur, Prov. Kalimantan Utara, Prov. Sulawesi Utara, Prov. Gorontalo, Prov. Sulawesi Tengah, Prov. Sulawesi Tenggara, Prov. Sulawesi Selatan, Prov. Sulawesi Barat,

  • Harga Rp 10.700 per liter

Harga Pertamina Dex Rp 10.700 per liter hanya berlaku di tiga wilayah, yaitu Prov. Riau, Prov. Kepulauan Riau dan Kodya Batam di Kawasan Perdagangan Bebas Atau Free Trade Zone (FTZ).

>>>  Mobil Diesel Salah Isi Bensin? Ini yang Akan Terjadi

Foto menunjukkan Harga Pertamina Dex 2020

Harga Pertamina Dex, berlaku sejak 5 Januari 2020

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Pertamina Targetkan 4.558 Outlet Pertashop Beroperasi di Akhir 2020

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Dalam rangka mempercepat pemerataan energi Pertamina menargetkan sampai akhir Desember 2020 mendatang sebanyak 4.558 outlet Pertashop beroperasi di tanah air.

Lihat juga

Pertamina Bakal Perluas Diskon Harga Pertalite di Jawa dan Sumatra

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Menyusul program Pertalite harga Premium di Bali, Pertamina pastikan diskon harga Pertalite bakal diberlakukan juga di Jawa dan Sumatra secara bertahap.

Lihat juga

4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

07/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Merawat mobil secara berkala merupakan keharusan bagi Anda pemilik kendaraan. Maka dari itu perhatikan tips di bawah ini cara merawat mobil mesin diesel.

Lihat juga

Ini Sebabnya KIA Masih Ogah Bawa Seltos Diesel ke Indonesia

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Di Indonesia, KIA hanya menawarkan Seltos versi mesin bensin padahal versi dieselnya pun tersedia. Apa sebabnya Seltos diesel belum dibawa ke Tanah Air?

Lihat juga

Toyota Kijang Innova Diesel Terlalu Mahal? Mending Pilih Innova Bensin Matik Atau Manual? Ini Saran Kami

18/01/2020

Jual beli

3 menit

Innova diesel sudah jadi komoditas dagang yang liquid alias cepat laku, tak heran harganya bertahan. Coba beli Innova bensin matik daripada manual, ini sebabnya

Lihat juga