Gokil, Vespa 946 Christian Dior Bisa Laku di Atas Rp 1 Miliar!

12/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Vespa 946 Christian Dior yang diperkenalkan tahun 2020 ini dibuat sebagai produksi terbatas. Tapi, apa yang membuat motor ini bisa laku terjual Rp 1,35 miliar?

Vespa 946 Christian Dior sejatinya belum masuk secara resmi melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) resmi di Indonesia, PT Piaggio Indonesia. Namun, sudah ada beberapa unit yang masuk ke Tanah Air melalui IU (Importir Umum).

Vespa hasil kolaborasi dengan rumah desainer asal Prancis ini kabarnya baru ada 3 unit di Indonesia dan dijual dengan harga Rp 950 juta. Salah satunya, dilelang oleh Boston Motoshop yang bermarkas di Condet, Jakarta Timur.

Laku Rp 1,35 Miliar!

Gambar Vespa 946 Christian Dior

Uniknya, setelah menebus Vespa lebih dari Rp 1 miliar sang pemilik justru mengisi bahan bakar di gerai bensin eceran

Hebatnya Vespa 946 hasil kolaborasi dengan  Christian Dior yang aslinya sudah mahal itu rela ditebus oleh Ferdy Babel Rizki dengan akun Instagram @babelrzk. Lelang yang dilakukan lewat fitur Instagram Live ini dilakukan untuk mempromosikan Boston Motoshop sebagai bengkel spesialis aksesoris Vespa.

>>> Tembus Rp 175 Juta, Vespa 75th Anniversary Limited Edition Rilis di Tanah Air

Tak tanggung-tanggung, skuter langka ini laku terjual Rp 1,35 miliar. Sang pemilik bengkel, Roy Andika awalnya membuka lelang di harga Rp 1 miliar. Ia tak khawatir jika tidak ada yang berani menawar motor tersebut di atas harga yang sudah ia tetapkan.

"Dibuka lelang dengan harga awal Rp 1 miliar, kalau enggak ada yang ngebid, Vespa 946 Christian Dior jadi pajangan di bengkel" ujar Roy.

Namun, rupanya sang penawar memang sudah mengincar Vespa ini sejak pertama kali ditawarkan. Ia sebenarnya sudah memesan motor tersebut melalui dealer resmi, sayangnya motor yang ia idam-idamkan tak kunjung datang hingga Boston Motoshop membuka lelang terhadap Vespa impiannya.

Apa yang Istimewa Dari Vespa Ini?

Gambar Vespa 946 Christian Dior Jisoo Blackpink

946 Christian Dior sempat dijadikan properti pemotretan Jisoo Blackpink

Secara spesifikasi, skuter ini sebenarnya sama saja dengan Vespa 946 lain yang sudah dipasarkan terlebih dahulu. Motor ini menggunakan mesin L.E.M, 3 katup, 4-tak, silinder tunggal 124 cc bertransmisi CVT.

>>> Intip Mobil Berdesain Futuristik Hyundai dan Blackpink

Vespa ini dirancang khusus oleh Maria Grazia Chiuri, Direktur Kreatif Koleksi Wanita Dior. Beberapa bagian seperti casing saddle, saddle bag, hingga helm skuter tersebut dilabur motif Dior Oblique rancangan Marc Bohan pada 1967.

Skuter edisi spesial ini ditawarkan dengan warna putih dan krem, dengan aksen emas di tutup tangki, bodi, dan pelek. Joknya terbuat dari kain asli Dior dengan motif khas berwarna biru dongker. Tak ketinggalan, logo Christian Dior Paris juga tersemat di sisi bodi.

Gambar Top Case Christian Dior

Berlabur aksen emas serta kain bermotif khas Christian Dior

Uniknya, baik House of Dior dan Vespa di Italia didirikan pada tahun yang sama, 1946. Sehingga kolaborasi kedua merek dengan platform Vespa 946 terasa sangat tepat untuk merayakan hari jadi keduanya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top