Geneva Motor Show Batal, Toyota Tunda Peluncuran SUV Berbasis Yaris

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Geneva Motor Show Batal, Toyota Tunda Peluncuran SUV Berbasis Yaris
Berbeda dari pabrikan lain yang tetap pada rencana awal sebelum Geneva Motor Show 2020 dibatalkan, Toyota justru menunda peluncuran SUV berbasis Yaris sampai waktu yang belum ditentukan.

Geneva Motor Show 2020 boleh saja dibatalkan, namun sebagian besar pabrikan tetap mengacu pada rencana awal dan memamerkan mobil yang sedianya debut di GMS 2020. Tetapi tidak bagi Toyota, berdasarkan laporan dari Autonews Europe, pabrikan Jepang itu memilih untuk menyimpan sebuah SUV berbasis Toyota Yaris sampai beberapa minggu, atau bahkan bulan ke depan.

Berlawanan dengan pabrikan lain

Awalnya, Toyota berencana memperkenalkan SUV Toyota Yaris, yang akan masuk ke dalam segmen-B di Geneva Show. Namun setelah gelaran tersebut dibatalkan, Toyota justru menerapkan strategi berlawanan dari pabrikan lain dengan tidak memamerkan model terbaru pada livestreaming Selasa (3/3) ini.

Siluet desain SUV baru Toyota yang akan rilis Maret 2021

SUV baru Toyota satu ini akan dirilis Maret 2021 mendatang

>>> Toyota GR Yaris uji coba, akan jadi mobil WRC 2021?

Hal ini cukup masuk akal, karena Toyota sudah mengurangi fokus di Geneva dengan memajukan peluncuran beberapa model ke awal tahun. Sebut saja peluncuran sedan fuel-cell Mirai generasi kedua, RAV4 plug-in hybrid, sampai SUV listrik Lexus UX 300e.  SUV berbasis Toyota Yaris itu sedianya akan diperkenalkan di Geneva, namun karena dibatalkan, mereka memilih untuk tidak terburu-buru dan menahan peluncurannya mengingat mobil tersebut baru akan dipasarkan Maret 2021.

Saat diluncurkan di pasar Eropa, SUV berbasis Toyota Yaris yang namanya masih misterius itu akan mendapat varian powertrain hybrid mesin bensin tiga silinder yang juga dipakai Toyota Yaris generasi terbaru. Akan disematkan juga sistem penggerak 4WD, hal langka pada mobil di kelasnya.

Desain interior Toyota Yaris 2020

Interior SUV baru Toyota secara desain akan sama seperti Yaris generasi terbaru

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Akan jadi model penting di Eropa

Meski belum ada bocoran terkait interior, SUV baru Toyota ini akan disematkan sistem infotainment dengan fitur integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay yang sudah terintegrasi, serta instrument cluster digital 10 inci layaknya Toyota Yaris varian tertinggi.

SUV baru itu akan berbagi platform GA-B dengan Toyota Yaris, dan akan dirakit di pabrik Toyota di Valenciennes, Prancis. Dari kedua model tersebut, Toyota mengharapkan kontribusi penjualan 30% di Eropa pada 2025 mendatang. Jadi, kapan SUV baru Toyota akan diperkenalkan ke publik? Menarik untuk lebih tahu langkah selanjutya yang akan ditempuh Toyota Eropa terkait SUV barunya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Selain Geneva Motor Show, Gelaran Ini Jadi ‘Korban’ Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Penyebaran virus Corona benar-benar memberi dampak masif pada berbagai aspek, tak terkecuali industri otomotif dan motorsport secara global. Selain Geneva Motor Show yang batal, ada gelaran lain yang batal atau ditunda karena merebaknya virus Corona secara global.

Lihat juga

Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus corona merenggut banyak korban jiwa di Tiongkok. Tetapi kabar baiknya virus ini berhasil membuat udara di Tiongkok jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Lihat juga

Khawatir Virus Corona, Pemerintah Italia Menutup Dua Museum Ferrari

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Otoritas setempat menutup dua museum Ferrari di Maranello dan Modena untuk sementara waktu demi menghindari penyebaran virus Corona yang lebih parah di Italia.

Lihat juga

Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

02/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya Cina, dampak penyebaran virus Korona juga menghantam industri otomotif di Korea Selatan, di mana Hyundai menutup lima fasilitas pabrik perakitan mobil di Ulsan.

Lihat juga

UPDATE: Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Virus Corona

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin masif di Eropa dan Swiss, membuat pemerintah dan penyelenggara terpaksa membatalkan Geneva Motor Show 2020

Lihat juga