ETLE Tahap 2 Makin Canggih, Bisa Deteksi Pelaku Kejahatan!

17/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Polisi menyatakan tilang elektronik atau ETLE tahap 2 lebih semakin canggih, selain mendeteksi pelanggaran lalu lintas juga membantu mencari pelaku kejahatan.

Peluncuran tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement / ETLE tahap 2 semakin dekat. Beragam hal dipersiapkan kepolisian di 12 Polda. Termasuk yang paling utama, kamera CCTV dengan berteknologi canggih.

"Kami sudah menghadirkan kurang lebih 12.000 unit CCTV pada 255 titik di 18 Polda. Berikutnya untuk tahap kedua nanti, kita bangun di 12 polda dan 10 polda di tahap ketiga," kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Rabu (16/6/2021).

>>> Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Bisa Deteksi Kejahatan

Kapolri menjelaskan, sistem tilang elektronik ETLE ini akan bakal makin canggih dengan kecerdasan buatan atau teknologi artificial (AI) dan face recognition. Semuanya akan terintegrasi dengan big data kepolisian sehingga bisa digunakan untuk beragam tugas kepolisian. Tidak hanya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, tapi juga bisa membantu mencari pelaku kejahatan dan tindak kriminal.

Foto Pemotor tertangkap kamera melanggar lalu lintas

Selain mendeteksi pelanggaran lalu lintas, ETLE bakal mempermudah tugas polisi mengungkap kejahatan

"Ini semuanya bisa terintegrasi dengan big data kepolisian untuk menjawab tantangan Police 4.0 dan sekaligus ini juga tentunya akan mempermudah membantu pada saat kita mencari pelaku kejahatan," kata Kapolri.

>>> Lewat Tilang Elektronik Pelanggar Lalin Akan Ditindak Tegas

ETLE Tahap 2

Tilang elektronik ahap 2 dipersiapkan setelah pada tahap 1 dinilai sukses. Tilang ini bakal diluncurkan pertengahan Juli 2021 bertempat di Universitas Sebelas Maret atau UNS Surakarta, Jawa Tengah..

“Kemudian juga kita nanti juga meluncurkan ETLE tahap kedua di UNS yang rencananya di pertengahan Juli nanti,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya saat mengecek kesiapan ETLE tahap kedua di Polresta Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (16/6/2021). “Kemungkinan akan dilaksanakan di 12 Polda nanti rencananya, mungkin bisa bertambah bisa berkurang. Mudah-mudahan bisa bertambah terus," lanjutnya.

Foto Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono di Polresta Surakarta

Polisi melanjutkan memperluas penerapan ETLE

Seperti diketahui, ETLE tahap 1 diluncurkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 23 Maret 2021 dan telah diterapkan pada 12 wilayah Polda di Indonesia. Yaitu Polda Banten, Polda Sulawesi Utara, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatra Barat, Polda Lampung dan Polda Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk ETLE tahap 2 Korlantas belum memberikan bocoran informasi wilayah-wilayah Polda yang bakal menerapkan.

>>> Mulai Juli 2021, 13 Daerah Terapkan Tilang Elektronik Tahap II

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top