Elsapek Alias Mitsubishi L300 Siap 'Gendong' Mesin Common Rail Anyar. Apakah Itu 4N15?

09/04/2019

Pasar mobil
Elsapek Alias Mitsubishi L300 Siap 'Gendong' Mesin Common Rail Anyar. Apakah Itu 4N15?
Penerapan standar emisi Euro 4 memang bengis. Nyaris beberapa produk kendaraan yang standar emisinya masih belum memenuhi standar Euro 4 dijegal. Salah satunya adalah Mitsubishi L300 yang sempat dihentikan produksinya di Phillipina. Kini, kabar berhembus Mitsubishi L300 alias Elsapek siap 'gendong' mesin common rail anyar. Apakah mesin itu berkode 4N15?

Anda sedang tidak salah membaca judul! Mitsubishi L300 atau di Indonesia lebih beken dengan panggilan Mitsubishi Elsapek yang sempat disuntik mati oleh Mitsubishi Motors Philippines Corporation karena standar emisinya tidak mampu mencapai Euro 4, kini siap menggendong mesin baru. Tentunya mesin yang akan dipasang menggunakan teknologi modern dengan sistem pasokan bahan bakar diesel direct injection dan pakai teknologi common rail. Lantas, apakah mesin yang dimaksud adalah unit berkode 4N15 yang juga digunakan oleh Mitsubishi New Pajero Sport dan All New Mitsubishi Triton? 

>>> Mitsubishi optimis jual 55.000 Fuso di Indonesia tahun 2019 ini! Ini alasannya

Tampak sebuah mobil Mitsubishi L300 berwarna hitam

Mitsubishi Colt L300 alias Elsapek begitu digemari oleh pengusaha perkebunan yang tinggal di dataran tinggi

Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi kita semua. Bukan karena buah manggis kini sudah ada ekstraknya, namun lebih disebabkan penggemar Mitsubishi L300 alias Elsapek di Indonesia masih tinggi. Coba deh, Anda jalan-jalan ke wilayah Jawa Barat seperti Tangkuban Perahu, Kawasan Puncak, atau Sukabumi. Mobil-mobil Mitsubishi L300 disana larinya kencang-kencang lho! Meskipun Mitsubishi L300 yang beredar di Indonesia masih mengusung mesin berkode 4D56 'lawas' tanpa imbuhan common rail seperti di balik bonnet Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama.

>>> Baca juga berita pasar mobil terbaru dan terlengkap lainnya disini

Tampak mesin 4D56 non common rail

Mesin 4D56 non common rail yang diigunakan oleh Mitsubishi Colt L300 dikabarkan akan segera pensiun

Mengingat Phillipina adalah salah satu basis riset dan pengembangan utama Mitsubishi di Asia Tenggara, tentunya rencana ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Secara teknis, tentunya penggunaan mesin common rail dengan sistem pasokan bahan bakar direct injection ini akan membuat mesin lebih bertenaga dan juga efisien. Apalagi mesin diesel 4N15 memiliki rasio kompresi yang lebih rendah dari 4D56 yang sebelumnya diusung L300. Pun begitu dengan karakter mesinnya yang overstroke yakni langkah piston (stroke) lebih panjang dari diameternya, ini menghasilkan karakter torsi yang kuat pada putaran rendah. Namun, mesin modern ini bukan tanpa cela, teknologinya yang tinggi mewajibkan ia minum solar dengan cetane rendah (rendah sulfur).

>>> Ini pendapat kami mengenai Mitsubishi L300 yang hingga hari ini masih dijual di tanah air

Mesin 4N15 Common Rail

Bayangkan, bodi ringan L300 dikombinasi dengan mesin beringas 4N15!

Belum terdengar kabar lagi kapan Mitsubishi L300 dengan mesin common rail ini akan masuk jalur produksi bahkan di jual serta masuk pasar mobil Indonesia. Mari kita tunggu saja perkebangan dan kabar resmi dari Mitsubishi Indonesia.

>>> Baca juga berita otomotif dari seluruh dunia hanya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top