Harga VW ID.4 Crozz di China Lebih Murah dari Tesla Model 3

20/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen membuat harga VW ID.4 Crozz untuk pasar China lebih murah dari Tesla Model 3. So, persaingan dengan pabrikan Amerika itu pun semakin kompetitif.

Dominasi Volkswagen di pasar China tak perlu diragukan. Namun kehadiran Tesla membawa Model 3 cukup mengusik. Tanpa mengesampingkan persaingannya dengan SGMW yang punya andalan baru Hongguang MINI EV, Tesla berhasil merebut hati konsumen khususnya para pecinta mobil ramah lingkungan.

Kini,Volkswagen China punya VW ID.4 varian Crozz dan X yang siap bersaing dengan Model 3. Terutama karena Volkswagen membuat harga VW ID.4 Crozz menjadi lebih murah dari Model 3.

>>> Khusus Pasar Cina, SUV Listrik VW ID.4 Tersedia 2 Varian

Harga VW ID.4 Crozz

Perbandingan pertama, Tesla Model 3 Standard Range Plus (SR+) buatan buatan Giga Shanghai yang dibekali baterai LFP dan memiliki jangkauan NEDC 468 kilometer (290,8 mil) dijual dengan harga RMB 249.900 atau setara $ 38.571. Itu lebih mahal dari VW ID.4 Crozz versi China yang dijual dengan harga RMB 242.888 atau setara $ 37.489. Padahal versi China ini menawarkan jangkauan 550 km (341,8 mil).

Foto menunjukkan Debut VW ID.4 Crozz di China, November 2020

VW serius dengan proyek mobil listriknya

Kalau mau ada yang lebih mahal lagi dari versi China, yaitu VW ID.4 Crozz Prime. Memiliki jangkauan lebih dari 500 Km, mobil ini dijual dengan harga RMB 279.900 atau setara $ 43.201. Sedangkan bagi yang merasa cukup dengan jangkauan 400 Km, tersedia pilihan paling murah seharga RMB 199.900 atau setara $ 30.854, yaitu ID.4 Crozz Pure.

Mengusik dominasi Tesla

Dari sisi popularitas, mobil listrik Tesla dan jaringan Supercharger-nya mungkin lebih digemari pelanggan China. Terbukti dari penjualan yang dicapai sejak mobil ini dipasarkan di China yang mencapai puluhan ribu unit. Namun jika melihat dari sisi merek dimana Volkswagen mendominasi pasar China sejak kehadirannya tahun 1980-an, sepertinya bukan hal sulit bagi VW untuk menaklukkan pelanggan China. VW hanya butuh lebih kompetitif dalam penawaran di segmen EV.

Sebagai gambaran, di Eropa Tesla mengalami penurunan penjualan pada tahun 2020 saat VW mulai gencar menjual mobil listrik, seperti yang ditunjukkan oleh Schmidt Automotive Research. Meski China bukan Eropa karena pasar mobil listriknya yang lebih ketat dengan banyaknya model, harga untuk VW ID.4 Crozz tetap bakal menjadi ancaman serius, khususnya buat Tesla.

>>> Cari dan temukan mobil VW favoritmu di sini!

Foto Harga VW ID.4 Crozz

VW ID.4 Crozz dijual lebih murah dari Tesla Model 3

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top