Daihatsu: Orang Indonesia Tak Suka Mobil Kecil

11/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Daihatsu: Orang Indonesia Tak Suka Mobil Kecil
Tiga mobil kecil Daihatsu di GIIAS 2018 bukan untuk dijual di Indonesia. Konsumen Indonesia dianggap tidak suka yang kecil-kecil. Benarkah?

Selain model-model spesial, Daihatsu pamerkan tiga model asal Jepang yaitu DN Pro Cargo, Boon Active dan Tanto Custom. Hanya saja, ketiga model mobil kecil ini tidak untuk dijual di Indonesia alias hanya sekedar dipamerkan.

Foto Daihatsu Boon Active tampak depan samping

Mobil kecil Daihatsu Boon Active hanya dipamerkan di GIIAS 2018, bukan untuk dijual

Berbicara pasar mobil kecil dengan kapasitas mesin kurang dari 1000 cc, Jepang adalah nomor satu. Orang Jepang sangat menggemari mobil kecil atau yang mereka sebut Kei Car. Terbukti dari banyaknya model yang beredar dari berbagai kapasitas mesin, bahkan ada yang hanya dibekali mesin 600 cc saja.

Soal konsumsi bahan bakar sudah pasti sangat hemat. Hanya saja karena kebanyakan bentuknya kompak dan lucu, mobil kecil di Jepang tak sesuai dengan selera konsumen Indonesia.

Itulah salah satu alasan mengapa Daihatsu enggan memasarkan mobil-mobil kecil ala Jepang di Indonesia, sebagaimana disampaikan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini.

“Orang Indonesia maunya minimal 1.000 cc. Dia merasa 600 cc itu kecil banget. Jadi, edukasinya itu dikepala mereka kaya orang Amerika dulu, yang (suka mesin) size gede-gede. Padahal boros, karena dia feeling-nya lebih power full (cc gede),” tutur Amel kepada media di lokasi pameran GIIAS ICE, BSD City, Tangerang.

>>> Baca Review dan Spesifikasi Daihatsu Copen Indonesia di sini!

Foto Daihatsu Copen tampak samping belakang

Daihatsu Copen dibekali mesin 660 cc, tak laku di Indonesia (foto: Daihatsu Indonesia)

Satu lagi alasan Daihatsu enggan memasarkan mobil kecil di Indonesia adalah menjaga omongan tak sedap dari masyarakat.

“Kalau seperti  sekarang saya suka 600 cc, tapi kalau merek jual belum tentu laku. Begitu tahu  600 cc? ‘Hah, 600 cc, lu gila lu kecil banget’,” ujar Amel.

Seperti diketahui, untuk pasar Indonesia mobil kecil yang cukup digemari kebanyakan berkapasitas mesin 1.200 cc, yaitu yang masuk pada segmen low cost green car (LCGC). Kalaupun ada beberapa yang punya mesin hanya 1.000 cc, secara rata-rata penjualannya tidak lebih baik dari yang 1.200 cc.

>>> Sambut Asian Games ke-18, Daihatsu Luncurkan 18 Unit Ayla Special Edition

Gambar Daihatsu Ayla tampak samping depan

Daihatsu Ayla, ada yang dibekali mesin 1000 cc (foto: Daihatsu Indonesia)

>>> Berita informatif dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top