Review Daihatsu Copen 2014 Indonesia

30/01/2018

Share this post:

Daihatsu Copen 2014

Editor rate:

Lihat promo

Daihatsu Copen 2014 merupakan coupe keluaran pabrikan Jepang, Daihatsu, guna mendobrak pasar Indonesia. Mobil dengan desain premium ini memang ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas karena harga yang ditawarkan hampir menyentuh setengah miliar rupiah. Harga yang ditawarkan Dahatsu untuk seri Copen 2014 memang tergolong cukup kompetitif jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran pabrikan Eropa dan Amerika. Berikut ini review Daihatsu Copen 2014 Indonesia.

Review Daihatsu Copen 2014 Indonesia
Review Daihatsu Copen 2014 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Copen 2014

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Copen 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Eksterior Elegan

Fitur Keamanan Cukup Mumpuni

Batingan setir ringan

Kekurangan

Sparepart Mahal

Harga jual kembali cukup rendah

Mesin terlalu kecil untuk ukuran mobil sport

Gambar mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Mobil Daihatsu ini nampak premium bukan?

Review Daihatsu Copen 2014 Indonesia - Meskipun terlihat fresh, Copen sejatinya merupakan model lama yang sudah melalang buana di Industri Otomotif. Mobil ini sendiri sudah memulai debutnya sejak tahun 2002 silam. Dan, Copen 2014 merupakan versi rebot dari prototipe yang lama. Karena merupakan mobil rebot, sudah barang tentu banyak pembaharuan yang diselipkan pada mobil ini.

Mengusung konsep mini sport, Daihatsu Copen 2014 merupakan mobil coupe dengan rasa green car. Mengapa? Mesin yang disediakan Copen tergolong kecil layaknya City Car. Meskipun demikian, Copen sendiri sudah dilengkapi dengan mesin intercooler tiga silinder guna hantarkan tenaga maksimal untuk membuat mobil ini tampil elegan saat dipacu di jalan raya. Di samping mesin, Coupen juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terkini guna membuat penumpang merasa nyaman saat berada di dalam kabin. Untuk membedahnya lebih lanjut, cintamobil.com akan review Daihatsu Copen 2014 Indonesia untuk anda. Selamat membaca!

Eksterior Daihatsu Copen 2014

Daihatsu Copen 2014 Indonesia merupakan mobil yang patut dibedah lebih lanjut sisi luarnya. Karena sisi ini nampak begitu elegan dan terkesan mahal untuk mobil asal Asia. Tentunya akan sangat berdosa jika kami tak membedahnya secara terperinci untuk anda. Untuk mengulasnya, ada baiknya jika kita membedah sisi depannya terlebih dahulu.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Bagian depan Copen mengingatkan kita akan mobil Coupe premium

Di sisi depan, Copen 2014 nampak begitu stylish dengan mengusung konsep dinamis di bagian terdepannya. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk gillnya yang menyerupai trapesium terbalik yang memanjang hingga ke bagian bumper dan dibumbui dengan warna hitam. Di bagian tengahnya, Daihatsu memberikan list untuk memisahkan sisi grill dan bumper. Sementara di bagian sampingnya, tersemat headlamp yang menyalak tajam seperti mata yang menyorot tajam. Di sisi dalamnya, kita juga menemui sebuah mata lensa yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang siap suguhkan pencahayaan maksimal saat dibutuhkan. Tak lupa pula, Daihatsu menyelipkan logo kebanggaannya di bagian tengah sebagai penanda identitas.

Sementara di bagian bumper, kesan dinamis juga cukup terasa berkat kehadiran grill yang memanjang tadi. Tak hanya andalkan grill sebagai sarana untuk membuat mobil menjadi aerodinamis, bagian samping bumper juga disemkan dengan rongga udara dengan desain yang cukup stylish. Anda bertanya adakah fog lamp pada mobil ini? jawabannya ada. Fog Lamp yang disediakan memiliki desain yang tak biasa yakni berbentuk vertikal ke atas dan menyatu dengan sisi samping lampu utama. Fog lamp ini juga sudah dilengkapi dengan pencahayaan LED guna hantarkan penerangan maksimal.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna biru muda dilihat dari sisi samping

Sisi samping masih mengusung kesan dinamis

Di sisi samping, Daihatsu Copen 2014 Indonesia kembali menghadirkan kesan dinamis berkat keberadaan list yang berdesain miring dari bagian depan hingga ke belakang. Selain itu, skirt di bagian bawah guna pancarkan kesan low. Sementara itu, sisi window dan electric convertibe roof sendiri dapat dibuka tutup sesuai selera dan kondisi cuaca. Sayangnya, penggunaan velg pada Copen 2014 terlalu standar dan kurang mencerminkan sisi sporty

  • Desain Bagian Belakang

Gamabr dua mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna biru muda satu dilihat dari sisi depan dan satu lagi dilihat dari sisi belakang

Meski terletak di belakang, sisi ini masih pancarkan kedinamisannya

Begeser ke bagian paling akhir dari sisi eksterior Daihatsu Copen 2014 memiliki desain yang begitu menarik karena menampilkan kesan sporty nan mewah. Di bagian belakang, stop lamp yang cukup aktraktif dengan desain membulat dan lis ang memnajng hingga ke bagian belakang. Sisi belakang cuga dipercantik dengan aksenhitam di bagian bumper yang membuatnya menjadi lebih berotot. Secara keseluruhan, Daihatsu Copen 2014 Indonesia merupakan mobil yang memiiki desain eksterior yang cukup sporty dan berkelas. Desainnya pun terlihat begitu menarik karena memadukan desain yang mengecil di bagian depan dan membesa ke belakang. Menarik memang apa yang ditawarkan oleh Copen 2014 ini.

>>> Baca juga:


Interior Daihatsu Copen 2014

Setelah menjelajah sisi demi sisi Copen di bagian luar, kini tiba waktunya untuk menelaah lebih lanjut apa-apa saja yang tersemat pada sisi interior Daihatsu Copen 2014 ini. Di bagian terdalamnya, Copen siap memberikan kenyamanan melalui dua varain warna yang bisa dipilih konsumennya yakni hitam dan netal. Di samping warna, mobil ini juga memiliki berbagai fitur. Apa saja itu?

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Copen 2014

Panel multimedia di dashboard mungil ini nampak rapih bukan?

Di bagian dashboard, Copen memiliki panel multimedia layar sentuh yang cukup mumpuni untuk suguhkan fitur infotaiment. Di panel berukran kurang lebih 7 inci ini, penggunanya bisa mengaktifkan berbagai kebutuhan infotaiment mulai dari musik kesukaan berformat digital, GPS dan lain sebagainya. Sementara sebagai output suara, dihadirkan pula 2 DIN Audio guna gemakan kabin dengan musik terfavorit. Di bagian bawah panel multimedia tersebut, tersemat fitur Ac yang memiliki desain mengota. Kehadiran Ac tersebut sudah barang tentu akan membantu proses penyejukan ruangan sepanjang perjalanan.  Untuk membuat desainya lebih premium, berbagai aksen silver dihadirkan mulai di sisi dashboard, list head unit hingga ke list persenelig.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Daihatsu Copen 2014

Sisi steering sudah dilengkapi speedometer dengan tampilan yang aktraktif

Pada bagian steering, Copen memiliki steering yang sudah dibalut dengan leather yang cukup nyaman di genggaman. Selain itu, setir yang sudah berkonsep rack & pinion ini juga telah dibekali dengan electric power steering guna hasikan kemudahan dalam melakukan bantingan selama perjalanan. Di samping fitur tersebut, sisi setir juga sudah disematkan dengan fitur pendukung semisal steering switch control demi mengatur fitur di bagian dashboard. Untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan, lingkar kemudi juga sudah dilengkapi dengan speedometer digital guna mendapatkan info aktual seputar kendaraan mulai dari performa mesin, penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang tengah dilalui dan lain sebagainya.

  • Kursi 

Gambar bagian kursi mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna coklat tua

Kursinya cukup empuk bukan untuk diduduki?

Seperti apa yang kami ungkapkan di atas, mobil yang memiliki dua seat ini memiliki dua vaian warna yang bisa dipilih. Hitam dan netral. Bagi anda yang memiiki jiwa sporty, tentunya warna hitam bisa menjadi pilihat tepat. Sementara anda yang menyukai warna-warna terang, netral rasanya akan menjadi opsi terbaik untuk anda. Di samping warna, desian kursi juga menjadi nilai jual tersendiri. Daihatsun Copen 2014 Indonesia sendiri sengaja berikan kenyamanan maksimal melalui desain captain seat di kedua kursinya guna menopang tubuh secara maksimal. Tak ketinggalan pula, rongga-rongga kaki dan kepala yang tersedia di bagian kebin juga cukup mumpuni.

  • Bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Daihatsu Copen 2014

Bagian bagasi ini cukup mumpuni untuk menampung berbagai barang bervolume besar

Dari sisi ruang penyimpanan, Copen 2014 memiliki ruang penyimpanan yang cukup mumpuni. 2 atau tiga koper rasanya bisa masuk ke ruang kargo yang telah disediakan. Artinya, mobil ini memangdi desain untuk membelah berbagai medan berskala menengah maupun jarak jauh.

>>> Mungkin Anda tertarik:

Fitur Daihatsu Copen 2014

Gambar seorang mekanik sedang cek mobil Daihatsu Copen 2014 berwarna hitam

Rangka body Copen sudah dibekali dengan TAF System

Sebagai mobil sport dengan harga yang cukup lumayan, rasanya agak aneh jika Copen 2014 tak memiliki berbagai fitur yang mumpuni untuk menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya. Copen 2014 sendiri memiliki berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif yang cukup mumpuni mulai dari Antilock Braking System (ABS) yang siap menjaga pengereman agar tetap optimal saat mobil diharuskan melaukan pengereman darurat. Selain ABS, Copen juga sudah dilengkapi dengan pengereman Eletronic Brake Distribution (EDB) yang akan memberikan distribusi daya pengereman yang sesuai dengan titik rem.

Di samping pengereman, Daihatsu Copen juga sudah dilengkapi dengan dual airbag yang siap meminimalisir resiko terjadinya cidera saat mobil mengalami kecelakaan. Tak hanya itu, untuk memperkokoh keselamatan, Copen sendiri sudah dibekali dengan TAF system yang siap mengurangi impact benturan yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

>>> Klik sini untuk dapat informasi terlengkap tentang harga mobil baik baru maupun bekas di Indonesia

Operasi Daihatsu Copen 2014

Gambar bagian mesin mobil Daihatsu Copen 2014

Mesin mini ini ternyata cukup irit bahan bakar

Setelah puas membedah sisi eksterior, interior dan fitur pada Daihatsu Copen 2014, kini tiba waktunya untuk menjelajah jantung utama pada mobil ini. Copen 2014 memiliki mesin bertipe DOHC dengan intercooler turbo berkubikasi 658 cc. Mesin tesebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 64 PH dalam rasio percepatan 170 km/jam. Mobil yang mampu menampung 30 liter bahan bakar ini juga diklain irit bahan bakar karea sudah dilengkapi dengan teknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Dengan mesin tersebut, rasanya Copen sendiri sudah cukup kompetibel untuk membelah medan yang hendak dilaluinya.

>>> Untuk tahu spesifikasi dan fitur-fitur mobil lainnya, silahkan klik sini

Spesifikasi Daihatsu Copen 2014

Bagaimana dengan spesifikasi Daihatsu Copen 2014 ini? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda.

Dimensi Daihatsu Copen 2014

Panjang x Lebar x Tinggi

3.395 x 1,475 x 1,280 mm

Wheelbase

2.230 mm

Ground Clerance

115mm

Kapasitas Penumpang

2 orang

Mesin Daihatsu Copen 2014

Tipe

DOHC with Intercooler Turbo

Kapasitas Mesin

658 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual

Tenaga Maksimum

64 Ps/6.400 RPM

Torsi Maksimum

0.9 / 4.000(Kg.m / rpm)

Kaki- Kaki Daihatsu Copen 2014

Ban

165/50

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Daihatsu Copen 2014

Kami sudah memberikan bocoran di awal terkait harga Daihatsu Copen 2014. Lantas, berapa budget yang harus disediakan untuk membawa pulang mobil ini?

Tipe mobil

Harga Daihatsu Copen

Daihatsu Copen 2014

Rp 421 Jutaan

Kesimpulan Daihatsu Copen 2014

Secara keseluruhan, Daihatsu Copen 2014 Indonesia merupakan mobil yang cukup elegan dari sisi eksterior dan interiornya. Tak hanya itu, mobil ini juga sudah didukung dengan safety feature yang cukup mumpuni. Meski demikian, kami berpendapat bahwa mesin yang disediakan dirasa cukup kecil untuk ukuran mobil sport. Namun bagi anda yang tak terlalu mempedulikan hal tersebut, rasanya Copen 2014 merupakan mobil yang tepat untuk mengisi hari-hari anda bersama orang terdekat.

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

14/04/2018

Editor rate:

Lebih dari satu dekade Daihatsu tidak melakukan perubahan berarti pada Daihatsu Terios. Alih-alih mendapat perbuahan, Daihatsu hanya memberikan facelift sana-sini dan diberikan fitur penunjang tambahan tanpa merubah model bentuknya sama sekali. Sampai akhirnya tiba, peluncuran generasi ke-2 mobil ini pada November 2017 kemarin. Berikut ini adalah Spesifikasi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe.

Lihat juga

Review Daihatsu Terios TX 2006: Rekomendasi SUV 7-Seaters Di Harga Rp. 100 Jutaan

30/11/2018

Editor rate:

Ingatkah Anda dengan Daihatsu Terios TX? Varian tertinggi Terios di kategori Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Daihatsu. Di zamannya, mobil berwajah tangguh ini sangat populer di hati masyarakat khususnya bagi pecinta SUV perkotaan. Ada beberapa kelebihan menarik sehingga kami menuliskannya kembali kali ini dalam review Daihatsu Terios TX 2006.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2019 Malaysia

30/11/2018

Editor rate:

Hanya di Cintamobil.com, kami mendapatkan kesempatan istimewa mengetes mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia. Berikut ini kami persembahkan review Daihatsu Sirion Malaysian Domestic Market atau di Malaysia akrab disapa dengan Perodua Myvi 1.5L AV 2019

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2015: Hatchback Paling Sporty Di Kelasnya

10/01/2019

Editor rate:

Dari lini Hatchback, Daihatsu memiliki dua model Line-Up yakni Ayla yang dibanderol mulai Rp. 90 jutaan dan Sirion dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Jika Anda menginginkan performa dan fitur mumpuni lebih daripada Ayla, Sirion bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Ada beberapa keunggulan menarik yang ditawarkan oleh mobil satu ini. Kira-kira apa ya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Daihatsu Sirion 2015.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga