Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016

18/01/2018

Share this post:

Daihatsu Sirion 2016

Editor rate:

Lihat promo

Penetrasi Daihatsu terhadap berbagai mobil di luar pickup truck, MPV maupun SUV jelas sangat terasa. Pabrikan asal Jepang ini nampak serius mengepakan sayap dengan menjejal segmen mobil yang tengah digandungi oleh pecinta otomotif dalam beberapa waktu belakangan ini yakni Green Car. Setelah melepas Alya, yang notabene merupakan perpanjangan tangan dari sister company-nya yakni Toyota Agya, Daihatsu melepas Sirion seri anyar tahun lalu. Gimana spesifikasi Daihatsu Sirion 2016?

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016
Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Sirion 2016

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Sirion 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Bantingan Ringan

Desain Elegan

Bagasi Luas

Kekurangan

Fitur Entertainment Terlalu Standar

Bagian Belakang Mobil Agak Kaku

Kabin Kurang Kedap

Gambar mobil Daihatsu Sirion 2016 berwarna biru dilihat dari bagian depan sedang parkir di dalam pameran mobil di Indonesia

Berbagai pembaharuan terasa sekali pada Daihatsu Sirion 2016

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016 - Desain yang mungil, simpel, irit bahan bakar dan memiliki harga murah adalah beberapa aspek yang membuat Green Car tumbuh pesat bak jamur di musim hujan dalam beberapa tahun belakangan ini. Menilik besarnya ceruk pasar yang kemungkinan akan diraih, berbagai pabrikan dari negara produsen kendaraan roda empat berbondong-bondong memproduksi mobil ramah lingkungan ini. Seakan tak ingin ketinggalan, Daihatsu pun coba meramaikan pasar dengan mengeluarkan Sirion. Mobil ini sendiri nantinya akan berduel dengan beberapa nama lain seperti Agya, Alya, Nissan March, Kia Picanto hingga Etios Valco.

Pada seri teranyarnya ini, New Sirion hadir dengan berbagai perubahan guna membuatnya nampak fresh. Sirion menyematkan tampilan baru di sisi interiormaupun eksteriornya. Bisa dibilang, mobil ini tetap tampil dinamis meskipun bermain di ranah Green Car. Lantas seperti apa spesifikasi Daihatsu Sirion 2016 ini? Berikut ulasannya.

Eksterior Daihatsu Sirion 2016

Dari sisi terluarnya, kesan stylish begitu terasa berkat gradasi warna dan lekukan di berbagai sisi body. Sekilas, Sirion anyar ini nampak layaknya mobil hatchback kebanyakan. Bedanya, dimensi mobil ini memanglah didesain mungil guna mempermudah penetrasi di jalur perkotaan yang tidak memiliki space luas karena ruas jalan yang semakin hari semakin padat, entah karena pembangunan, proyek pemerintah maupun satu dan lain hal lainnya. demi membedahnya secara terperinci. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita mendedah sisi depan terlebih dahulu.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Daihatsu Sirion 2016 berwarna biru dilihat dari bagian depan dan model sedang berdiri di samping

Sirion tak perlu tampil wah untuk terlihat maskulin di sisi depan

Pada sisi depannya, Sirion memiliki kesan stylish berkat kehadiran projector headlamp berukuran besar di sisi depan. Teknologi lampu utama ini sendiri sudah dibekali dengan pencahayaan LED sehingga penggunananya tak perlu takut kehilangan pencahayaan saat mobil dipacu di medan yang gelap. Bergeser sedikit ke bagian tengah, tersemat grill berkesan sporty nan modern yang dibiarkan telanjang. Sisi ini sendiri tak disematkan aksen chrome agar terlihat mewah. Daihatsu nampaknya ingin mengedepankan kesederhanaan pada sisi ini. Sementara itu, identitas juga tetep dijaga dengan menyematkan logo pabrikan di bagian tengah grill.

Sementara di bagian bumper, kesan modern juga dipancarkan melalui desainnya yang melekuk sempurna. Tak hanya itu, permainan warna juga ditampilkan Daihatsu melalui spoiler berwarna hitam dope yang mengikuti alur bumper. Untuk mempercantik sisi depan, dihadirkan pula fog lamp yang siap memberikan pencahayaan tambahan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Daihatsu Sirion 2016 berwarna biru dilihat dari sisi depan sedang parkir di dalam pameran

Sisi samping lagi-lagi tetap mengusung kesederhanaan

Bergeser sedikit ke sisi samping, kesan dinamis juga terasa berkat kehadiran list beraksen chrome yang berpadu dengan warna utama mobil. List yang berada di bagian bawah pintu tersebut juga membuat sisi samping menjadi lebih ciamik. Sebenarnya, sisi samping ini masih memiliki leku tipis di bagian handle door. Namun karena bentuknya kurang menonjol, kita tak bisa melihatnya secara sekilas dan perlu melakukan penekanan untuk memandang sisi ini. Selain itu, kesan modern juga dihadirkan melalui electric spion yang sudah dilengkapi dengan lampu sein di bagian bawahnya. Kehadiran spion elektrik ini sendiri tak lain berfungsi untuk mempermudah pengaturan spion dari dalam kabin mobil.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Daihatsu SIrion 2016 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Kesan dinamis cukup terasa di bagian belakang

Sementara pada bagian belakang, rear combination lamp yang memanjang di sisi kaca belakang mengingatkan kita akan tampilan dari Honda Fit. Entah siapa yang menginspirasi siapa, yang jelas, kehadirran rear combination lamp tersebut memang memberikan kesan tersendiri pada bagian belakang Sirion. Di samping rear comination amp, tak ada sisi positif yang bisa dibahas di bagian buritan ini. semua terasa begitu standar. Satu-satunya sisi manis tambahan dari bagian belakang adalah kehadiran rongga udara di sisi kiri dan kanan bumper belakang yang juga membuat mobil ini memiliki kesan aerodinamis seperti bagian depan. Puas gak dengan desain eksterior Daihatsu Sirion 2016 ini?

>>> Baca juga: 


Interior Daihatsu Sirion 2016

Bergerak ke sisi interior Daihatsu Sirion 2016 memiliki desain yang lumayan ramah dan nyaman untuk kategori Green Car. Meski jauh dari kesan premium, mobil ini dirasa akan sangat cocok untuk anda yang gemar bepergian dengan orang orang terdekat maupun keluarga. Sisi kabin Sirion sendiri memang didominasi dengan warna cream dan hitam pada bagian kursi. Terasa kurang match? Mungkin demikian. Namun, jika mau, anda bisa memilih warna interior kesukaan sesuai selera.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Sirion 2016

Konsep in-dash-knob-shift membuat tampilan dashboard sirion nampak elegan

Di bagian dashboard, Sirion mengusung konsep in-dash-knob-shift. Konsep ini sendiri diklaim mempermudah pengemudi untuk menjangkau bagian perseneling demi hasilkan akselerasi yang lebih mulus maupun menambah kualitas berkendara. Namun bagi yang belum terbiasa dengan konsep ini pastinya akan memerlukan sedikit adaptasi terlebih dahulu. Di samping panel perseneling, kita juga akan menemui head unit yang siap suguhkan kebutuhan entertainment dalam berkendara. Melalui fitur multimedia tersebut, penggunanya bisa mengakses musik kesukaan dalam dua medium yakni digital maupun analog.

Di samping itu, tersemat pula ac yang siap berikan kesejukan ke seluruh ruang kabin. Namun sayangnya, head unit berwarna silver tersebut nampak kurang match dengan bagian dashboard yang didominasi dengan warna hitam dope. Mungkin akan lebih baik jika Daihatsu melakukan penyeragaman warna untuk head unit tersebut. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula beberapa speaker aktif yang siap hantarkan resonansi suara ke seluruh bagian kabin.

  • Setir

Gambar bagian setir mobil Daihatsu Sirion 2016 Setir ini sudah dilengkapi Steering switch control untuk mempermudah penggantian fitur di dashboard

Setir ini sudah dilengkapi Steering switch control untuk mempermudah penggantian fitur di dashboard

Sementara di sisi lingkar kemudi, Sirion sudah dilengkapi dengan steering switch control yang memungkinkan pengemudi mengatur besar kecilnya suara dari bagian dashboard tanpa perlu memindahkan tangan dari bagian setir. Untuk memenuhi kebutuhan informasi, hadir pula panel speedometer analog yang siap berikan informasi seputar performa kendaraan mulai dari jarak tempuh, pengunaan bahan bakar, perseneling dan lain sebagainya. Di sisi kanan setir, tersemat pula panel yang berfungsi untuk mengatur jarak pandang spion yang terbenam di sisi interior. Dengan adanya fitur ini, pengemudi tak perlu lagi mengatur spion secara manual.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Daihatsu Sirion nampak begitu nyaman dan fleksibel meskipun mobil ini adalah termasuk tipe green car

Kursi Sirion nampak begitu nyaman dan fleksibel meskipun mobil ini adalah termasuk tipe green car

Sementara pada bagian kursi, material yang leather yang digunakan juga cukup mumpuni untuk tunjang kenyamanan para penggunanya. Selain itu, ruang kaki dan kepala yang disediakan juga cukup mumpuni untuk mengakomodir mobilitas para penggunanya. Tak ketinggalan pula berbagai ruang penyimpanan barang juga disediakan untuk meletakan barang bervolume sedang semacam laptop, botol minum dan lain sebagainya. Di beberapa sisi juga tersemat hanger yang siap menampung barang dengan berat masksimal tiga kilogram.

  • Bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Daihatsu Sirion 2016 yang disediakan dirasa cukup besar untuk menampung berbagai barang bawaan

Space yang disediakan dirasa cukup besar untuk menampung berbagai barang bawaan

Terkait kargo, City Car ini masih sanggup menampung berbagai barang dengan volume besar seperti koper, gitar, stick golf dan lain sebagainya. Untuk ukuran City Car, bagasi yang disuguhkan Sirion memang tergolong cukup besar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Daihatsu Sirion 2016

Gambar fitur Airbag di bagian depan siap memberikan proteksi pada penggunanya

Airbag di bagian depan siap memberikan proteksi pada penggunanya

Untuk menunjang keamanan penggunanya, Sirion sudah dibekali dengan berbagai fitur terkini sebut saja dengan kehadiran dual SRS airbag. Dua kantung udara yang tersemat di bagian depan tersebut mampu berfungsi untuk meminimalisir terjadinya benturan saat mobil mengalami kejadian yang kurang mengenakan seperti benturan dan kecelakaan. Untuk penumpang bagian belakang, proteksi juga dihadirkan melalui pretensioner & force limited seat belt. Sabuk tersebut berfugnsi untuk meminimalisir terjainya resiko terpentalnya penumpang ke bagian depan.

Meski tak dilengkapi kombinasi pengereman mutahir macam ABS dan EDB, Sirion sudah bebenah dengan menyematkanrem cakram disc pada bagian depan serta rem drum pada bagian belakang. Keduanya sendiri akan bekerjasama dalam memberikan pengereman optimal saat mobil diharuskan melakukan pengereman mendadak di medan yangtengah dilalui.

>>> Untuk cek harga mobil Daihatsu semua tipe, silahkan klik sini

Operasi Daihatsu Sirion 2016

Gambar bagian mesin mobil Daihatsu Sirion 2016

Meski kapasitasnya kecil, mobil ini masih cukup tangguh melitas medan perkotaan

Dari sektor permesinan, Sirion membekali diri dengan menyematkan mesin bertipe K3 – VE, DOHC VVTi yang memiliki kubikasi sebesar 1.298 cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 90 PS pada putaran 6.000 Rpm. Untuk torsinya sendiri, mobil ini mampu melontarkan daya puntir hingga 90 PS pada 6.000 Rpm. Terlihat kecil memang. Namun, mesin ini sendiri dirasa cukup komptibel untuk melaju di medan perkotaan yang kental dengan kontur stop and go. Di samping itu, bantingan dari mobil ini juga cukup ringan karena sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering. Sebagai penggerak, disematkan pula transmisi dengan dua pilihan, manual dengan lima percepatan dan matic dengan empat percepatan.

>>> Jika ingin dapat informasi lebih lengkap tentang spesifikasi mobil-mobil lainnya, klik sini

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi Daihatsu Sirion 2016  ini? Well, cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda.

Dimensi Daihatsu Sirion

Panjang x Lebar x Tinggi

3,690 mm x  1,665 mm x  1,545 mm

Ground Clerance

160 mm

Berat Kosong

940 kg

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Mesin Daihatsu Sirion

Tipe

K3-VE, DOHC VVT-i

Kapasitas Mesin

1,298 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual & 4 Speed Automatic

Tenaga Maksimum

90 / 6.000 (PS / rpm)

Torsi Maksimum

11.9/4.400 (kg-m / rpm)

Kaki-kaki Daihatsu Sirion

Ban

175/65 R14

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Daihatsu Sirion 2016

Berapa harga yang harus ditebus untuk membawa pulang mobil ini? Silahkan cek harga Daihatsu Sirion 2016 di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Daihatsu Sirion

Harga Daihatsu Sirion1.3 D FMC MT

Rp 156 Jutaan

Harga Daihatsu Sirion1.3 D FMC AT

Rp 168 Jutaan

Kesimpulan Daihatsu Sirion 2016

Sirion merupakan Green Car yang sangat cocok untuk kaum muda. Harganya yang masih berkisar di angka 150 jutaan menjadkan mobil ini sebagai opsi untuk anda pecinta mobil ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Sirion sendiri dirasa sangat cocok untuk membelah medan perkotaan yang kental akan unsur medan stop and go. Apakah anda tertarik untuk membawa pulang mobil ini?

 

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia

29/09/2017

Editor rate:

Daihatsu meluncurkan Sigra dalam katalog penjualannya guna menghangatkan persaingan dengan kompetitor di ranah MPV LCGC. Tingginya minat konsumen akan mobil bersegmen MPV yang irit bahan bakar membuat Daihatsu selaku pabrikan memutar otak untuk menterjemahkan keinginan tersebut. Seperti apa detail Daihasu Sigra terbaru ini? Mari bacalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini

Lihat juga

Review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017, Mobil Keluarga Yang Bertahan Di Tengah Gempuran Mobil Baru

03/05/2018

Editor rate:

Di usianya yang ke 7 tahun, Great New Xenia ini sudah mengalami beberapa kali perubahan. Kali ini Cintamobil mencoba kasta tertingginya. Silahkan simak review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review All New Daihatsu Terios 2017 Indonesia

27/02/2018

Editor rate:

Daihatsu Terios bersama dengan kembarannya Toyota Rush akhirnya mengalami perubahan total alias full model change. Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Terios 2017 atau yang sering disebut dengan Daihatsu All New Terios sebagai generasi kedua mobil SUV ini. Mobil ini pun diperkenalkan bersamaan dengan Toyota All New Rush yang memiliki spesifikasi hampir mirip. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang All New Daihatsu Terios 2017 Indonesia dibawah ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2018 Indonesia

15/03/2018

Editor rate:

Daihatsu Sirion terus bebenah guna mengukuhkan kembali ekstistensi sekaligus merengkuh target market yang lebih signifikan dibandingkan tahun kemarin. Beberapa waktu yang lalu, mobil bersegmen Green Car ini kembali dirilis ke publik guna merealisasikan dua target yang sudah kami sebut di awal. Kabarnya, mobil yang diimport langsung dari Malaysia ini memiliki spesifikasi yang lebih fresh dibandingkan dengan seri sebelumnya. Bagian mana saja yang mendapatkan pembaharuan?

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2013

10/02/2018

Editor rate:

Daihatsu Sirion merupakan sebuah mobil compact yang didesain utuk wilayah perkotaan yang padat. Merk Sirion sendiri merupakan nama yang digunakan oleh Daihatsu untuk pasar eksport dari beberapa kendaraannya seperti Daihatsu Boon dan juga Daihatsu Storia. Untuk pasar Indonesia sendiri, Daihatsu Sirion diperkenalkan pada tahun 2013 dan masih diproduksi hingga saat ini. Apa saja kelebihan dari mobil minimalis ini? Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Sirion 2013.

Lihat juga