Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016

05/01/2018

Share this post:

Daihatsu Ayla 2016

Editor rate:

Rp 85.000.000

Lihat promo

Setahun lalu, Daihatsu meluncurkan Ayla guna panaskan persaingan di ranah LCGC. Pabrikan yang terkenal concern memproduksi mini bus maupun mobil bersegmen MPV tersebut coba bermain di segmen Green Car dan Ayla merupakan salahsatu produk adalannya. Apa yang menjadi nilai tambah Ayla untuk memenangkan persaingan? Berikut adalah spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 terlengkap.

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016
Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Ayla 2016

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Bantingan Ringan

Irit BBM

Ketersediaan Sparepart Memadai

Harga Terjangkau

Kekurangan

Minim Fitur Pada Varian Terendah

Getaran Cukup Terasa Hingga Bagian Kabin

Agak Sulit Menanjak

Gamabr mobil Daiahtsu Ayla 2016 dengan bagian depan terlihat begitu sporty

Daihatsu Ayla 2016: Green Car Modis nan Ekonomis

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 - Segmen Green Car memang merupakan mobil yang ditunggu-tunggu oleh kaum muda yang baru ingin memiliki kendaraan roda empat. Alasan banyak kaum muda maupun pecinta otomotif lainnya membawa pulang mobil ini tak lain karena harganya yang cukup murah dan fleksibel untuk dibawa kemana saja. Menengok besarnya kecenderungan segmen pasar tersebut, banyak pabrikan yang coba mengakomodir keinginan konsumen dengan berlomba-lomba merilis varian GreenCar teranyarnya. Daihatsu salah satunya. Pabrikan asal Jepang ini merilis Daihatsu Ayla guna memanaskan persaingan.

Mobil yang pertama kali debut di tahun 2013 ini  langsung mencuri perhatian konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari membeludaknya penjualan Ayla sejak pertama kali muncul di industri otomotif nasional. Harga yang murah nampaknya menjadi kunci tersendiri bagi Daihatsu untuk memenangkan persaingan. Sekedar catatan, dengan merogoh kocek di bawah 100 juta rupiah, konsumen bisa membawa pulang mobil ini ke garasi rumah. Sungguh ekonomis bukan harga yang ditawarkan Daihatsu untuk katalognya ini. Lantas, bagaimana wujud Ayla yang resmi dikeluarkan setahun lalu? Apakah mengalami perubahan signifikan dari berbagai sisi? Well, cintamobil.com akan memberikan ulasannya untuk anda.  Inilah spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 terlengkap. Selamat membaca.

Eksterior Daihatsu Ayla 2016

Kesan minimalis nan elegan langsung terasa dari sisi luar Ayla. Mobil yang debut sejak 4 tahun silam inihadir dengan kesederhanaan tanpa harus terkesan murahan. Daihatsu nampaknya sudah memikirkan hal tersebut secara matang. Setiap detil dari eksterior Daihatsu Ayla 2016 coba dihadirkan dengan konsep yang cukup matang dan tetap bergaya anak muda demi rengkuh segmen pasar baru. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika kita mendedah seluruh sisi eksterior dari Ayla satu per satu.

  • Desain Bagian Depan

Gambar bagian depan mobil Daihatsu Ayla 2016 berwarna abu-abu hitam sedang dalam pameran mobil di Indonesia

Meski merupakan Green Car, bagian depan terasa begitu gagah

Dari bagian depan, mobil ini pancarkan kesan elegan lewat projector Headlamp yang sudah menjadi trademark berbagai jenis mobil dalam beberapa waktu belakangan ini. desain headlamp yang tersaji pada mobil ini sekilas mengingatkan kita akan desain lampu utama Honda Jazz saat pertama kali dimunculkan. Selain itu, lampu utama ini juga sudah dilengkapi dengan LED Position lamp yang siap memberikan penerangan maksimal saat mobil diharuskan memasuki berbagai medan yang kurang pencahayaannya. Bergeser ke bagian tengah, kita akan menjumpai kap dengan dua lekuk tipis di sisi kiri dan kanan. Lekuk tipis ini juga pancarkan kesegaran tersendiri pada sisi tengah Green Car andalan Daihatsu ini.

Sementara bergeser sedikit ke bawah, Daihatsu pancarkan eksistensi dengan meletakan logo kebesaran di bagian tengah. Untuk grill sendiri, Ayla memiliki penutup rongga udara dengan desain yang begitu tipis. Bahkan, jika dilihat dari jauh, mungkin kita akan bertanya apakah mobil ini memiliki grill atau tidak. Sebagai ganti grill yang terlihat kosong, mobil ini tampilkan rongga udara dua panel di bagian bumper. Desain mengotak yang tertata rapih di bagian ini juga seakan membuat mobil ini kental dengan nuansa aerodinamisnya. Tak tangung tanggung, Ayla menghadirkan dua lubang guna mempermudah arus transisi udara ke bagian mesin dan bumper. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula fog lamp dengan rumahnya yang beraksen chrome guna membuat sisi depan terlihat sedikit lebih premium.

  • Desain Bagian Samping

Mobil Daihatsu Ayla 2016 berwarna ungu dilihat dari bagian samping

Kesan minimalis tersaji pada bagian samping

Bergeser ke bagian samping, Ayla menyematkan variasi spoiler berwarna gelap guna mempercantik bagian jendela dari sisi samping. Sayangnya, spoiler ini nampak teralalu tebal dan terkesan kurang match dengan warna-warna mobil yang cerah. Untuk guratan di sisi samping, Ayla melengkapi diri dengan gurat tipis pada bagian handle door dan variasi garis tebal berwarna silver di bagian bawah. Sayangnya, velg yang digunakan masih terkesan tua dan kolot dan kurang mencerminkan gaya anak muda. Mungkin, Daihatsu bisa saja memberikan velg terbaik, namun mengeingat budget untuk mobil ini cukup kompetitif, rasanya Daihatsu mempertimbangkan untuk menstandarkan rangka roda tersebut.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Daihatsu Ayla 2016 berwarna ungu sedang parkir di dalam garasi

Sisi belakang nampak begitu sederhana namun tak meninggalkan kesan maskulin

Lompat ke sisi terakhir yakni bagian belakang, tak ada kesan spesial yang dapat ditemui disana. Bagian buritan terpampang roof skirt guna suguhkan kesan sporty dan rear combination lamp untuk menemani pencahayaan pada bagian buritan ini. tak ketinggalan pula, sedikit kesan dinamis disajikan lewat bumper belakang yang memiliki lekuk tipis di kedua sisinya. Secara keseluruhan Ayla memang merupakan Green Car yang sangat berdesain anak muda. Tentunya, Daihatsu selaku pabrikan sudah mempertimbangkan hal ini sebelumnya guna merengkuh ceruk pasar anyar yakni untuk kalangan milenial yang ingin memiliki mobil dengan budget di bawah 100 juta.

>>> Baca juga: 


Interior Daihatsu Ayla 2016

Bergeser ke sisi interior Daihatsu Ayla 2016 juga melengkapi diri dengan tawarkan kenyamanan yang signifikan meski dimensi dari mobil ini cukup terbatas. Kenyamanan yang ditawarkan antara lain dengan menyematkan kursi terbaik, ruang-ruang yang cukup nyaman untuk kaki dan kepala serta adanya fitur hiburan agar penggunanya tak merasa bosan saat menjalankan mobil ini di medan perkotaan yang kental akan kemacetan.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobIl Daihatsu Ayla 2016 dengan interior berwarna abu-abu

Fitur multimedia masih belum dilengkapi dengan panel MID

Untuk sisi hiburan, Alya menyematkan kesederhanaan lewat panel minimalis di bagian dashboard. Tentunya anda jangan berharap banyak pada panel ini karena sisi dashboardnya masih belum dilengkapi dengan head unit berlayar sentuh. Hal tersebut dapat dimaklumi karena Daihatsu selaku pabrikan tentu ingin menghadirkan panel hiburan sederhana yang berbudget rendah namun tetap fungsional dalam wujud CD Room maupun MP3 Player yang bisa dihubungkan melalui perangkat flashdisk di pada bagian tengah.  Selain berfungsi sebagai medium MP3, soket tersebut juga bisa berfungsi sebagai sarana charger untuk gadget kesukaan anda. Pastinya, perjalanan akan terasa sangat menyenangkan dengan hadirnya musik kesukaan yang menggema di bagian kabin. Sebagai pelengkap, speaker aktif 2 din juga dihadirkan guna menggemakan suara ke seluruh bagian kabin.

  • Setir

bagian dashboard Daihatsu Ayla 2016 dengan setir berwarna hitam

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergeser ke bagian steering, Ayla memang tak dilengkapi dengan fitur steering switch audio pada sisi lingkar kemudinya. Sebagai ganti, Daihatsu memberikan fitur Eco Indicator guna menekan efisiensi bahan bakar serta Speedometer tiga panel guna memberikan informasi akurat seputar kecepatan, penggunaan perseneling hingga bahan bakar. Sederhana sekali bukan? Ya, memang begitulah adanya.

  • Kursi

Gambar mobil Daihatsu Ayla 2016 dengan kursi berwarna abu-abu dan putih

Bagian kursi dirasa cukup lega

Sementara pada bagian kursi, Ayla coba hadirkan material yang empuk guna menunjang kenyamanan dalam berkendara. di samping itu, tersemat pula tone warna yang bisa dipilih sesuai selera. Ruang kaki dan kepala yang disediakan juga bisa dibilang cukup mumpuni. Jadi, meskipun mobil ini terasa mungil, anda yang berbadan tinggi tak perlu khawatir akan terganggunya kenyamanan saat berada di dalam kabin. Sementara pada bagian kargo, Ayla tak memiliki ruang yang cukup mumpuni. Hal ini sendiri dapat dimaklumi karena kebanyakan Green Car tidak di set untuk menampung berbagai barang bawaan karena mobil ini hanya akan kompetibel jika dibawa ke medan berjarak menengah maupun jarak jauh.

>>> Mungkin Anda tertarik:

Fitur Daihatsu Ayla 2016

Gambar mobil Daihatsu Sigra 2016 berwarna merah di atas dan beberapa fitur di bawahnya

Berbagai fitur yang tersemat pada Daihatsu Ayla

Ayla  memiliki berbagai fitur yang berbeda-beda. Hal ini sendiri dilakukan untuk menyesuaikan harga jualnya. Tipe terendah, yakni tipe D belum dilengkapi dengan Ac dan CD Player. Tak hanya itu, satu-satunya fitur keamanan yang bisa diandalkan hanyalah seatbelt yang tersemat di seluruh kursi. Cukup miris memang. Agat anda bisa lebih nyaman, disarankan untuk membeli Ayla  tipe D+. Pada tipe ini, Ayla  sudha dilengkapi dengan Ac dan fitur power steering guna mempermudah bantingan mobil saat dipacu.

Dan, apabila anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya membeli tipe M. Pada tipe ini, berbagai fitur standar telah dihadirkan seperti AC, Audio CD, Power Windows, Power Door Lock, lalu ada pula Power Steering. Jika dirasa masih kurang, tipe tertinggi, yakni X bisa menjadi acuan terakhir anda. Di seri terakhirnya ini, Ayla  sudah dilengkapi dengan spion elektrik, Central Cluster Ac dan lain sebagainya.

>>> Bingung dalam memilih mobil, jangan khawatir cintamobil.com akan bantu Anda

Operasi Daihatsu Ayla 2016

Gambar bagian mesin mobil Daihatsu Ayla 2016

Meski masuk dalam kategori Green Car, mesin yang tersemat pada mobil ini dirasa cukup mumpuni

Terkait dapur pacu, Ayla sudah dilengkapi dengan mesin bertipe D26F 1KR-DE. Mesin tersebut sudah dilengkapi dengan tiga silinder dan 12 katup yang telah dioptimalkan oleh teknologi DOHC. Mesin berkubikasi 998 cc itu mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 67 PS/6000 rpm dan mampu mengeluarkan torsi sebesar 3.7 Nm pada putaran 3.600 rpm. Sebagai penggerak, dua jenis perseneling dihadirkan yakni manual dengan 5 percepatan dan automatic dengan 4 percepatan.

Tak hanya memiliki meisn yamg mumpuni, Ayla  juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup besar. Daihatsu mengklaim, mobil ini sanggup melahap 19,5km untuk satu liter bensin. Artinya, mobil ini sangat kompetibel untuk dijalankan di jarak menengah sekalipun segmen mobil ini meupakan City Car. Cukup lumayan irit bukan?

>>> Untuk dapat informasi lengkap tentang mobil lainnya, klik sini untuk membaca semua tulisan review mobil di cintamobil.com

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016

Bagaimana dengan spesifikasi lebih lanjut dari mobil ini? Kami telah merangkumnya untuk anda. Semoga bisa menjadi tambahan referensi. Inilah spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 terlengkap. 

Dimensi Daihatsu Ayla 2016

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.600 x 1.600 x 1.520

Ground Clerance

180 mm

Jarak Sumbu Roda

2450 mm

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Mesin Daihatsu Ayla 2016

Tipe

D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

Kapasitas Mesin

998 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

4 A/T  & 5 speed M/T

Tenaga Maksimum

65 / 6.000 (PS / rpm)

Torsi Maksimum

8.7 / 3.600 Kg.m / rpm)

Kaki Kaki Daihatsu Ayla 2016

Ban

155/80 R13

Suspensi Depan/ Belakang

McPherson Strut/ Torsion Beam

Rem depan / Belakang

Disc/ Drum

>>> Daihatsu Ayla bukan mobil impian Anda, klik sini untuk membaca tulisan review mobil Daihatsu lainnya

Daftar Harga Daihatsu Ayla 2016

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang mobil ini? Berikut rincian harganya. 

Tipe mobil

Harga Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Tipe D MT

Rp 85 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe D PLUS

Rp 96 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe M MT

Rp 100 Jutaan

Harga Daihatsu Ayla Tipe Airbag X AT

Rp 120 Jutaan

Harga Daihatsu Ayla Tipe M Sporty AT

Rp 123 Jutaan

Kesimpulan Daihatsu Ayla 2016

Ayla  merupakan Green Car yang sangat cocok untuk kaum muda yang baru ingin memiliki mobil. Pasalnya, Ayla  sendiri memiliki harga yang cukup kompetitif. Ada harga, tentu ada kualitas juga. pasalnya, mobil ini masih memiliki beberapa titik lemah. Hal itu rasanya diwajarkan karena Daihatsu selaku pabrikan memang sengaja mem-pressing budget guna memberikan mobil dengan harga terbaik untuk konsumennya. Lantas, apakah anda tertarik untuk memiliki Ayla atau ingin cari mobil lain?

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016

18/01/2018

Editor rate:

Penetrasi Daihatsu terhadap berbagai mobil di luar pickup truck, MPV maupun SUV jelas sangat terasa. Pabrikan asal Jepang ini nampak serius mengepakan sayap dengan menjejal segmen mobil yang tengah digandungi oleh pecinta otomotif dalam beberapa waktu belakangan ini yakni Green Car. Setelah melepas Alya, yang notabene merupakan perpanjangan tangan dari sister company-nya yakni Toyota Agya, Daihatsu melepas Sirion seri anyar tahun lalu. Gimana spesifikasi Daihatsu Sirion 2016?

Lihat juga

Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia

29/09/2017

Editor rate:

Daihatsu meluncurkan Sigra dalam katalog penjualannya guna menghangatkan persaingan dengan kompetitor di ranah MPV LCGC. Tingginya minat konsumen akan mobil bersegmen MPV yang irit bahan bakar membuat Daihatsu selaku pabrikan memutar otak untuk menterjemahkan keinginan tersebut. Seperti apa detail Daihasu Sigra terbaru ini? Mari bacalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini

Lihat juga

Review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017, Mobil Keluarga Yang Bertahan Di Tengah Gempuran Mobil Baru

03/05/2018

Editor rate:

Di usianya yang ke 7 tahun, Great New Xenia ini sudah mengalami beberapa kali perubahan. Kali ini Cintamobil mencoba kasta tertingginya. Silahkan simak review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review All New Daihatsu Terios 2017 Indonesia

27/02/2018

Editor rate:

Daihatsu Terios bersama dengan kembarannya Toyota Rush akhirnya mengalami perubahan total alias full model change. Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Terios 2017 atau yang sering disebut dengan Daihatsu All New Terios sebagai generasi kedua mobil SUV ini. Mobil ini pun diperkenalkan bersamaan dengan Toyota All New Rush yang memiliki spesifikasi hampir mirip. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang All New Daihatsu Terios 2017 Indonesia dibawah ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2018 Indonesia

15/03/2018

Editor rate:

Daihatsu Sirion terus bebenah guna mengukuhkan kembali ekstistensi sekaligus merengkuh target market yang lebih signifikan dibandingkan tahun kemarin. Beberapa waktu yang lalu, mobil bersegmen Green Car ini kembali dirilis ke publik guna merealisasikan dua target yang sudah kami sebut di awal. Kabarnya, mobil yang diimport langsung dari Malaysia ini memiliki spesifikasi yang lebih fresh dibandingkan dengan seri sebelumnya. Bagian mana saja yang mendapatkan pembaharuan?

Lihat juga