Daftar Tarif Tol se-Indonesia

08/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Daftar Tarif Tol se-Indonesia
Sebelum melewati tol sebaiknya cari tahu dulu berapa tarif jalan tol yang harus dibayarkan agar bisa mempersiapkan diri. Berikut daftar tarif tol se-Indonesia!

Jalan tol dibangun dimana-mana memudahkan pengendara saat ingin bepergian. Dengan melewati jalan tol perjalanan menjadi lebih cepat. Waktu tempuh dari satu kota ke kota lain juga menjadi lebih singkat.

Itu semua karena jalan tol bebas dari berbagai hambatan. Tidak ada lalu lalang kendaraan selain kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Tidak ada lalu lalang para pejalan kaki dan pesepeda onthel. Kendaraan yang melintas pun diatur sedemikian rupa.

Misalnya; batas kecepatan minimum 60 km per jam dan maksimum 80 - 10 km per jam, kendaraan berjalan di lajur kiri karena lajur kanan untuk mendahului, kendaraan lambat seperti truk berjalan di lajur paling kiri, serta dilarang menggunakan bahu jalan untuk menyalip maupun berhenti selain darurat.

Persiapan Sebelum Masuk Tol

Foto menunjukkan Truk melintas di jalan Tol Semarang ABC

Jalan tol, jalan bebas hambatan dengan banyak aturan

Dengan pengaturan di atas lalu lintas di jalan tol lebih lancar dan aman dibanding jalan non tol. Meski demikian, ada banyak hal yang harus dipersiapkan.

  • Pertama; kendaraan harus prima. Di jalan tol tidak ada bengkel, jadi akan sangat merepotkan jika sampai terjadi gangguan seperti mogok atau ban kempes. Sebelum perjalanan sebaiknya melakukan pengecekan lebih dulu. Periksa BBM di tangki, tekanan ban, serta berbagai indikator-indikator penting. Jangan teledor sehingga kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Atau jika tekanan angin ban kurang sebaiknya ditambah.
  • Kedua; tubuh yang sehat. Berkendara di jalan tol memerlukan kewaspadaan tinggi dan penuh konsentrasi. Hal tersebut bisa didapat jika pengemudi dalam kondisi sehat, bugar, tidak kelelahan, serta tidak mengantuk. Jika sebaliknya, sebaiknya tidak mengemudi. Atau jika kelelahan dan mengantuk datang di tengah perjalanan sebaiknya mampir ke rest area terdekat untuk beristirahat.
  • Ketiga; berkendara yang baik dan beretika. Pengemudi wajib mematuhi segala rambu-rambu dan aturan di jalan tol sebagaimana tersebut di atas. Kemudian juga berkendara secara defensive serta mengutamakan keselamatan.
  • Keempat; mempersiapkan kartu uang elektronik. Hal ini penting mengingat melintas di jalan tol tidak gratis. Ada tarif yang harus dibayarkan dengan cara non tunai. Adapun besar tarifnya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis kendaraan. Semakin jauh jarak tempuh dan/atau semakin besar golongan kendaraan maka semakin besar tarif tol yang harus dibayarkan.

>>> Alasan Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar

Pembayaran Tarif Tol

Terkait pembayaran tarif tol pengemudi juga wajib mempersiapkan diri sebelum memulai perjalanan. Tujuannya agar tidak timbul gangguan di tengah perjalanan, terutama di gardu tol saat melakukan pembayaran.

Ada 2 hal yang harus dipersiapkan yaitu kartu uang elektronik dengan saldo mencukupi, dan mencari tahu informasi daftar tarif tol sesuai jarak dan golongan kendaraan.

Kartu uang elektronik bisa didapat di bank penerbit seperti Brizzi dari Bank BRI, e-Money dari Bank Mandiri, TapCash dari Bank BNI, Blink dari Bank BTN, Flazz dari Bank BCA, JakCard dari Bank DKI untuk tol dalam kota Jakarta. Kartu juga bisa dibeli di kios retail seperti minimarket Indomaret.

>>> Bayar Tol Sudah Bisa Pakai JakCard Bank DKI

Foto menunjukkan seorang petugas Jasa Marga mempromosikan Kartu uang elektronik

Pastikan membawa kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup sebelum masuk tol

Kartu uang elektronik harus memiliki saldo yang mencukupi untuk pembayaran. Lakukan pengecekan untuk memastikannya. Jika kurang kurang segera lakukan pengisian ulang melalui bank, ATM, mobile banking, internet banking, atau di kios retail.

Untuk informasi daftar tarif tol bisa diketahui secara online melalui situs pengelola jalan tol. Misalnya Jasa Marga, Astra Infra, dan Hutama Karya. Atau melalui situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikelola Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berikut daftar tarif tol se-Indonesia saat ini yang dihimpun dari laman resmi BPJT:

Daftar tarif tol di Indonesia

Cara Menghitung Tarif Tol

Cukup mudah cara menghitung tarif tol karena tabel sudah tersedia untuk tiap ruas tol. Tinggal dihitung dari gerbang tol mana pengendara masuk dan akan keluar di gerbang tol mana. Jika yang dilintasi tidak hanya satu ruas, tinggal menjumlahkan tarif masing-masing ruas. Yang penting diketahui dulu besaran tarif di tiap-tiap ruas tol.

Misal; Pengendara dari Kota Ungaran Jawa Tengah mau melakukan perjalanan ke Kota Boyolali lewat Tol Solo-Semarang. Pengendara masuk di Gerbang Tol Ungaran dan keluar di Gerbang Tol Boyolali. Maka tarif yang harus dibayarkan adalah Rp 49.500.

Jika pengendara dari Kota Ungaran Jawa Tengah mau melakukan perjalanan ke Kota Ngawi di Jawa Timur. Pengendara masuk di Gerbang Tol Ungaran dan keluar di Gerbang Tol Ngawi. Maka tarif yang harus dibayarkan adalah Rp 144.500. Rinciannya; Ungaran - Kartasura Rp 57.500, Kartasura - Purwodadi Rp 14.500, dan Purwodadi - Ngawi (GT Ngawi) Rp 72.500.

Misal lain untuk perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Tarif tol yang harus dibayarkan adalah Rp 650.500 dengan rincian sebagai berikut:

  • Jakarta-Cikampek : Rp 15.000
  • Cikopo-Palimanan : Rp 107.500
  • Palimanan-Kanci : Rp 6.000
  • Kanci-Pejagan : Rp 29.000
  • Pejagan-Pemalang : RP 57.500
  • Pemalang-Batang : Rp 39.000
  • Batang-Semarang : Rp 75.000
  • Semarang ABC : Rp 5.000
  • Semarang-Solo : Rp 65.000
  • Solo-Ngawi : Rp 87.000
  • Ngawi-Kertosono : Rp 88.000
  • Kertosono-Mojokerto : Rp 46.000
  • Mojokerto-Warugunung (exit GT Warugunung) : Rp 30.500

>>> Cari mobil Kabupaten Mojokerto, cek koleksi dan harganya di sini!

Gambar menunjukkan Peta Tol Trans Jawa

Tol Trans Jawa hampir tersambung dari ujung barat Jawa hingga ujung timur

Saat ini, tarif Tol Trans Jawa tertinggi adalah dari Pelabuhan Merak (GT Merak) hingga Probolinggo (GT Probolinggo Timur), yaitu Rp 788.000. Rinciannya:

  • Jakarta-Surabaya [di atas] : Rp 650.500
  • JORR : Rp 15.000
  • Jakarta-Tangerang : Rp 7.000
  • Tangerang-Merak : Rp 44.000
  • Surabaya-Gempol : Rp 9.000
  • Gempol-Pasuruan : Rp 36.000
  • Pasuruan-Probolinggo : Rp 26.500

Demikian daftar Tarif Tol Se-Indonesia. Mohon maaf jika masih ada yang kurang atau belum dimasukkan.

>>> Waktu Tempuh Lebih Singkat, Ini Total Tarif Tol Surabaya Solo

Foto menunjukkan Gerbang Tol Kalikangkung

Daftar tarif jalan tol bisa diketahui secara online

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tata Tertib Berkendara di Jalan Tol Manado-Bitung

05/10/2020

Pengemudian

3 menit

Pengendara yang mau berkendara di jalan Tol Manado-Bitung sebaiknya memperhatikan dengan seksama ketentuan serta mekanisme pembayaran tarif tol yang berlaku.

Lihat juga

Mana Lebih Tua, Jalan Tol di Sumatra atau Tol di Jawa

12/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Banyak jalan tol baru dibangun dan diresmikan di berbagai wilayah di Indonesia. Lantas, mana yang lebih tua, jalan tol di Sumatra atau jalan tol di Jawa?

Lihat juga

Sudah Diresmikan, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Gratis 2 Pekan

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sudah diresmikan, warga bisa memanfaatkan secara GRATIS selama dua pekan untuk mendukung berbagai aktivitas.

Lihat juga

Fakta Menarik Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

26/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada sejumlah fakta menarik dari jalan Tol Pekanbaru-Dumai, jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual, pada Jum’at 25 September 2020.

Lihat juga

Progres Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaporkan progres pembangunan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan) telah mencapai 95,11 persen.

Lihat juga