Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM
Bila biasanya untuk berkendara membutuhkan SIM sebagai legalitas, berbeda dengan mobil yang satu ini. Citroen membuat mobil yang bisa dikendarai tanpa SIM.

Setiap pengendara mobil membutuhkan lisensi berkendara alias SIM untuk legalitas di jalan. SIM juga menjadi penanda bahwa seseorang dianggap layak untuk mengendarai mobil di jalan. 

Tapi justru ada yang unik di Prancis. Sebuah mobil yang diproduksi oleh Citroen justru bisa dikendarai tanpa menggunakan SIM, kok bisa? Jangan salah sangka dulu, mobil baru Citroen ini memang ditujukan bagi pengemudi remaja yang berusia 14 tahun. 

Diberitakan Reuters, Jumat (11/9/2020), Citroen mengambil langkah berbeda dengan para pabrikan lain di dunia lewat peluncuran mobil tanpa SIM yang disapa Ami. 

Citroen Ami

Mobil tanpa SIM bertenaga listrik Citroen Ami

>>> Citroen e-C4 Debut Akhir Juni, Bakal Jadi Pesaing VW ID.3

Untuk Remaja Berusia 14 Tahun

Citroen Ami merupakan mobil mungil berkapasitas dua orang yang dibekali motor listrik sederhana berkapasitas 6 kW. Di bawah legislasi Prancis, mobil ini bisa dikendarai oleh remaja berusia 14 tahun dan tak perlu menggunakan SIM sebagai tanda legalitas. 

Berbekal tenaga dari motor listrik yang kecil, mobil mungil Citroen Ami ini bisa melaju hingga 45 km/jam. Berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya, Citroen Ami terbuat dari plastik. 

Citroen Ami

Di dalamnya tak banyak fitur bertabur

Kemudian, di bagian dalam juga tak ada bagian interior spesial layaknya mobil pada umumnya yang justru menawarkan kelebihan dari sisi interior. 

Tapi buat remaja yang sudah melek teknologi tentunya mobil listrik tanpa SIM ini amatlah cocok buat dikendarai sehari-hari. Nah, kalau biasanya mobil bisa Anda beli di dealer beda cerita dengan Citroen Ami. 

>>> Mobil Bugatti Baby II Buat Anak, Punya Banderol Rp 500 Jutaan!

Jadi Pilihan Ketimbang Motor

Mobil listrik tanpa SIM ini justru dijual berbarengan dengan ponsel dan juga video games di toko elektronik yang tersebar di Prancis. Bicara harga, mobil mungil ini lumayan menguras kantong. Untuk ukurannya yang kecil dan hanya berkapasitas dua orang, mobil tanpa SIM ini dibanderol 6.000 Euro atau setara Rp 107 jutaan pada model paling murahnya. 

Citroen Ami

Banderol harganya hampir menyerupai mobil LCGC

Walaupun terbilang cukup menguras kantong, Citroen menyebut mobil cukup laris di kalangan remaja. Buktinya, hingga saat ini mobil sudah dipesan sebanyak 1.000 unit seantero Prancis. 

"Konsumen pertama kami yang datang adalah anak remaja bersama ayahnya," ungkap Head of Product di Toko Elektronik Prancis Fnac Darty, Olivier Garcia. 

Ketimbang membeli roda dua untuk alat transportasinya sehari-hari berkeliling kota, Citroen Ami dinilai lebih aman. Setidaknya dengan mengendarai mobil, pengendara bisa lebih aman jikalau terjadi hujan sekalipun. 

"Itu salah satu keinginan dari konsumen kami yang tak bisa diabaikan," ungkap Garcia. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif terkini lainnya 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Renault dan Nissan Jalin Kemitraan dengan Uber untuk Kembangkan Mobil Listrik

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Aliansi Renault dan Nissan telah melakukan kerjasama dengan Uber untuk mempromosikan adopsi kendaraan listrik (EV) di tujuh Ibu Kota di pasar Eropa.

Lihat juga

9 Mobil Listrik Baru BMW Mengantre untuk Mengaspal Hingga 2025

08/09/2020

Mobil baru

3 menit

Setidaknya BMW telah menyiapkan 9 mobil listrik baru hingga tahun 2025. Ini merupakan ambisi BMW untuk bisa menjual jutaan mobil listrik di seluruh dunia.

Lihat juga

Deretan Mobil Listrik yang Sudah Lakoni Uji Tipe di Indonesia

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jumlah mobil listrik di Indonesia masih minim. Meski begitu, para pabrikan rupanya telah melakoni Uji Tipe dan mendapatkan SUT untuk beberapa modelnya.

Lihat juga

Tesla Model 3 Jadi Raja Mobil Listrik di Korea Selatan

22/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Tesla Model 3 dilaporkan berhasil mengalahkan penjualan Hyundai Kona Electric, Chevrolet Bolt EV dan Kia Niro EV pada bulan Maret lalu di Korea Selatan.

Lihat juga

Mobil Listrik Diharap Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah di Indonesia

06/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar mobil listrik di Indonesia juga bisa digunakan sebagai kendaraan dinas operasional pemerintah dalam beberapa tahun ini.

Lihat juga