Cintamobil TV: Mobil Penghasil Uang Bisa Custom! Suzuki Carry 1.5 Minibus & Blind Van 2021

08/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Diantara mobil Suzuki Carry 1.5 Minibus dan Blind Van 2021, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Namun, manakah yang akan Anda pilih sebagai pilihan terbaik mobil pencatak uang?

Mobil bukan hanya digunakan untuk mobilisasi hari-harian Anda, tapi juga bisa digunakan sebagai mesin pencetak uang. Beberapa mobil yang cocok, seperti Suzuki Carry 1.5 Minibus dan Blind Van 2021 bisa jadi alternatif. Mengapa kedua mobil ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang berencana membangun bisnis travel, sewa mobil, jemput anak sekolah, bahkan digunakan untuk angkutan barang? Simak selengkapnya di sini! Kali ini tim Cintamobil TV akan mengulas tentang kedua mobil ini.

Suzuki Carry 1.5 Minibus

Suzuki Carry 1.5 Minibus sekarang jadi lebih mewah sebagai minibus, tak hanya tampilan tapi bagian dalam. Mobil ini sebenarnya bentuknya masih serupa dengan Suzuki Carry versi pickup, hanya saja bagian belakangnya adalah hasil cipta karoseri di Indonesia, bukan dari Jepang atau Suzuki Global. Artinya, ini adalah hasil karya Indonesia yang menurut tim Cintamobil TV terlihat rapi dan tak murahan.

Mobil Suzuki Carry 1.5 Minibus abu-abu

Tampilan Suzuki Carry Minibus lebih minimalis

Untuk eksterior Suzuki Carry Minibus, khususnya dari sisi kaca samping, jika dulunya terdapat sentuhan karet di luar, sementara untuk edisi kali ini karetnya berada di dalam sehingga tampilan jadi lebih minimalis dan mahal.

>>> Review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007: Lawan Sejati Suzuki Carry

Interior Suzuki Carry Minibus

Sementara untuk sisi interiornya, Carry Minibus memang dibilang jauh sebagai kategori mobil mewah. Fiturnya standard, terlihat dari anak kuncinya bahkan untuk mengunci pintunya pun masih manual. Saat masuk pun, akan terasa panas. Namun, mobil ini bisa Anda beli sesuai dengan request, apakah ingin membeli dengan pendingin udara standard atau tidak tersedia AC.

kabin Suzuki Carry 1.5 Minibus

Bagian dashboard Suzuki Carry 1.5 Minibus terdapat headd unit layar sentuh

Untuk unit yang tim Cintamobil TV ulas kali ini, mobil ini sudah dilengkapi dengan pendingin udara dengan pengaturan suhu dan double blower. Dengan kapasitas hingga 10 orang, mobil ini bisa tetap sejuk meskipun Anda duduk di bagian paling belakang.  

Sementara di bagian dashboard, sudah ada head unit layar sentuh yang bisa mengkoneksikan langsung dari handphone via Bluetooth. Untuk sekadar mendengarkan lagu, rasa-rasanya mobil ini sudah cukup hiburan Anda di dalam mobil. Interior Suzuki Carry 1.5 Minibus sedikit mirip dengan Suzuki Jimny. Kualitasnya juga mungkin hampir mirip karena mobil ini mengutamakan fungsinya, kemudahannya, dan ketahanannya karena dari sisi kabin terbuat dari plastik keras.

Mulai dari dashboard hingga atap, mobil ini memang jauh dari kesan estetik. mengingat bahannya dari plastik tak ada bahan bludru urban fabric. Namun, tentu saja hal ini akan memudahkan Anda membersihkan bagian dalam dari mobil ini, bahkan cukup dengan lap saja.

bagian kabin Suzuki Carry 1.5 Minibus

Keunggulan material plastik mudah dibersihkan

Bagian depan mobil tersedia untuk tiga penumpang. Sayangnya, salah satu kekurangan mobil ini terlihat dari seat beltnya yang masih belum dilengkapi dengan sistem track dan harus disesuaikan secara manual. Hal ini tentu akan merepotkan, apalagi jika mobil digunakan berganti-gantian dengan sopir atau teman lainnya. Kemudian untuk pengoperasian kacanya masih menggunakan windows by power alias Anda perlu memanfaatkan tenaga dari tangan Anda untuk menaikkan atau menurunkan kaca.

>>> Cintamobil TV: Pilihan Mobil Baru dengan Harga 200 Juta, Ternyata Bisa Dapat SUV Baru!

Fitur Suzuki Carry 1,5 Minibus

Karena mobil ini mengutamakan fungsi dan jauh dari kata mewah, meskipun sudah pintu sudah sliding, tapi Anda harus manual untuk mengoperasikannya. Untungnya cukup ringan untuk digeser. Untuk bagian jok juga sudah dilengkapi dengan One Touch Tumble di sebelah kiri dan untuk melipat ke depan juga sangat mudah.

Menariknya, Suzuki Carry Minibus ini sudah dilengkapi ambient light LED yang bisa Anda aktifkan atau nonaktifkan di bagian depan. Ada tiga tingkat hembusan AC dan menariknya untuk ventilator AC-nya ada di setiap bagian penumpang.

Fitur charger Suzuki Carry 1.5 Minibus

Terdapat fitur slot USB disetiap kursi penumpang

Jadi, rasanya seperti AC individual untuk setiap penumpangnya. Bahkan, setiap penumpang disediakan satu slot USB. Meskipun kurang estetik, tapi Anda tak perlu berebut charger gadget antar penumpang. Fitur lainnya pada mobil ini adalah tersedianya kamera parkir mundur. Sayangnya penempatan kamera ranya kurang tepat. Posisinya terlalu menghadap ke bawah, jadi yang terlihat hanya dibagian beberapa sisi saja meskipun kamera ini tetap bisa membantu Anda saat mengemudi.

Mesin Suzuki Carry Minibus

Soal mesin Suzuki Carry 1.5 Minibus, mobil ini dilengkapi dengan mesin tengah berpenggerak belakang layaknya sebuah mobil sport. Untuk melihat mesinnya, Anda bisa membuat bagian jok depan. Mesinnya berkode K15B-C dengan kapasitas 1.462 CC atau dibulatkan 1.500 CC dengan tenaga 97 PS atau sekitar 96 HP dengan torsi 135 nm. Dapur pacu yang tidak besar, tapi sudah cukup untuk membawa badan Carry yang compact.

Bagian mesin Suzuki Carry 1.5 Minibus

Suzuki Carry 1.5 Minibus memiliki mesin penggerak belakang

Salah satu kendala saat Anda menggunakan mobil dengan mesin tengah adalah suhu mesin yang bisa naik ke bagian jok. Hal ini membuat panas saat Anda mengemudi. Solusinya Anda bisa menambahkan peredam panas di bagian bawah joknya.

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020

Mesin Suzuki New Carry Minibus 2020

 Seri mesin

 K15B-C

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

 Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,462 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka Suzuki New Carry Minibus 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.415 mm X 1.675 mm X 2.100 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

 Dimensi Pintu Sliding 

 1.530 mm X 950 mm

 Dimensi Ruang Pintu (Terbuka)

 1.050 mm X 750 mm

 Radius Putar Minimum 

 4,37 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki New Carry Minibus 2020

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Minibus Segment

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5, 165/80R13

>>> Temukan harga mobil terbaik di Cintamobil.com

Suzuki Carry Blind Van 2021

Selain Suzuki Carry bersi minibus, ada juga Suzuki Carry Blind Van 2021 yang bisa jadi andalan kendaraan komersial Anda. Apalagi penjualan Suzuki Carry tidak menurun selama pandemi. Lantas bagaimana ulasan mobil ini?

Tampilan samping Suzuki Carry Blind Van 2021 putih

Tampilan Suzuki Carry Blind Van 2021

Meskipun anak kunci dari kedua mobil ini masih konvensional, kunci dilengkapi dengan immobilizer untuk menjamin keamanan mobil Anda sehingga tak mudah diduplikat atau dicuri. Dari interior mobil tek berbeda jauh, sudah dilengkapi dengan pendingin udara dan sudah menggunakan power steering.

Sementara untuk versi Blind Van lebih sederhana karena head unitnya dilengkapi dengan head unit single. Fitur lainnya tak begitu istimewa, seperti tidak ada headrest pada jok, posisinya yang sangat tegak tak bisa diubah, dan seat belt yang sama. Terdapat tombol untuk menyalakan lampu kabin di bagian belakang yang sudah LED.

Tampilan dalam Suzuki Carry Blind Van 2021

Anda bisa modifikasi Suzuki Carry Blind Van 2021 sesuai kebutuhan

Untuk pintu juga sudah sliding tapi belum dilengkapi dengan elektrik. Sisi menariknya, dari versi custom Anda bisa menambahkan karpet atau modifikasi lainnya. Mobil ini bisa Anda manfaatkan untuk usaha travel, sewa mobil, bahkan dimodifikasi untuk ambulans. Benar-benar fleksibel karena karoserinya dibuat di Indonesia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya.

Suzuki Carry Blind Van versi terbaru ini memang rasanya lebih solid. Tenaganya terasa lebih berisi karena memang kapasitasnya lebih besar, tenaga lebih besar, dan lebih mudah diajak berakselerasi. Dengan menginjak pedal gas sedikit saja, mobil ini sudah cukup melaju. Ditambah dengan adanya pendingin udara, pengemudi dan penumpang jadi sudah sangat nyaman. Hebatnya, suara dari lampu seinnya cukup berubah. Sekarang suara lampu seinnya dibuat lebih senyap, ada kesan sedikit seperti mobil Eropa.

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki New Carry Blind Van 2020:

Mesin Suzuki New Carry Blind Van 2020

 Seri mesin

 K15B-C

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

 Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,462 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka Suzuki New Carry Blind Van 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.415 mm X 1.675 mm X 2.100 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

 Dimensi Pintu Sliding 

 1.530 mm X 950 mm

 Dimensi Kargo

 2.550 mm X 1.460 mm X 1.300 mm

 Dimensi Ruang Pintu (Terbuka)

 1.050 mm X 750 mm

 Radius Putar Minimum 

 4,37 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki New Carry Blind Van 2020

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Segment

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5, 165/80R13

Itu dia mobil penghasil uang Suzuki Carry 1.5 Minibus dan Blind Van. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, yang pasti kedua mobil ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang mencari mobil untuk kebutuhan usaha. Mobil mana yang menjadi favorit Anda?

>>> Temukan review mobil lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top