Beroperasi Lagi, Ini Aturan Naik Bus Bandros Kota Bandung Sekarang

24/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Beroperasi Lagi, Ini Aturan Naik Bus Bandros Kota Bandung Sekarang
Bus Bandros Kota Bandung kembali beroperasi memberikan layanan tour keliling kota. Berikut aturan naik bus Bandros yang harus dipatuhi para penumpang.

Bus wisata Bandung Tour on The Bus (Bus Bandros) Kota Bandung Jawa Barat kembali beroperasi sejak 15 Juni 2020 setelah sekian lama dihentikan karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini menjadi kabar baik bagi warga Bandung yang ingin berwisata keliling kota dengan biaya murah.

Meski demikian, bagi warga yang ingin naik bus Bandros harus memperhatikan sejumlah aturan dan ketentuan yang ditetapkan, terutama protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19.

>>> Panduan Naik Transjakarta Selama PSBB Transisi

Gambar pengumuman Bus Bandros beroperasi lagi

Bus Bandros kembali beroperasi setelah lama dihentikan

Aturan naik Bus Bandros

  1. Tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dan petugas. Akan ada petugas yang memberi pengarahan sebelum dan saat di dalam bus. Ikuti mereka dan jangan berlaku seenaknya sendiri.
  2. Penumpang wajib memakai masker. Yang tidak memakai masker tidak akan mendapatkan pelayanan atau dilarang naik bus.
  3. Penumpang wajib menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. Bisa menggunakan hand sanitizer sendiri, tapi disarankan menggunakan hand sanitizer yang disediakan pengelola bus.
  4. Mengikuti pengecekan suhu tubuh. Sebelum naik bus kru akan melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun.
  5. Menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman. Ada tanda silang di kursi dalam bus. Artinya tempat tersebut tidak boleh diduduki.

Selain aturan di atas, Pemerintah menerapkan beberapa ketentuan untuk diketahui bagi para penumpang. Diantaranya jumlah penumpang dibatasi 11 orang dalam satu bus.

"Saat ini hanya 11 orang yang boleh masuk bus Bandros, 50 persen sesuai aturan," kata Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Yudiana, Selasa (23/6/2020).

>>> 17 Isuzu ELF Jadi Feeder Bus Trans Semarang

Foto petugas mengecek suhu tubuh penumpang Bus Bandros

Penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan saat naik bus Bandros

Kemudian untuk jumlah bus yang beroperasi juga masih terbatas, hanya 5 unit dari seluruh unit bus Bandros yang tersedia. Ketiganya bakal melayani 3 jalur dari 5 jalur yang biasa dilewati saat kondisi normal. Sementara untuk jam operasional dimulai dari jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Untuk tiket bisa dibeli melalui cara online, tap cash, atau beli tunai di shelter-shelter yang disediakan seperti di depan Museum Geologi, Taman Balai Kota Bandung, dan di Alun-alun Bandung. Harga tiket Rp20.000 untuk tiket one trip (Tiket untuk satu kali naik di satu rute), dan Rp40.000 untuk multiple trip (Tiket gelang untuk naik di semua rute berlaku hanya satu hari).

Bus Bandros

Bus Bandros atau Bandung Tour on The Bus adalah bus wisata di Kota Bandung yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. Bus ini diresmikan tepat pada malam Tahun Baru 2014 oleh Wali kota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014.

Rute Bus Bandros

Foto Bus Bandros warna warni

Rute bus Bandros dibedakan dengan warna bus

Ada lima rute operasional bus Bandros yang ditandai dengan warna berbeda, yaitu Biru, Kuning, Ungu, Hijau, dan Merah Muda (Pink). Detailnya sebagai berikut:

  • Rute Biru akan berkeliling dari Alun-alun Bandung, menuju Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, Kawasan Buah Batu dan kembali ke Alun Alun.
  • Rute Kuning bermula dari Taman Dewi Sartika, Gasibu, Pusdai, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, Braga dan kembali ke Taman Dewi Sartika.
  • Rute Ungu akan melalui jalan-jalan di rute Taman Lansia, Gasibu, menuju Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, Pusdai dan kembali ke Taman Lansia.
  • Rute Hijau yang akan membawa wisatawan melewati Chinatown, start di Alun Alun menuju Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, GOR Padjadjaran dan kembali ke Alun Alun.
  • Rute Merah / Merah Muda yang akan melewati Gasibu, start di Taman Lansia menuju Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, dan kembali ke Taman Lansia.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top