Baru Lima Bulan Penjualan Suzuki Karimun Wagon R Tembus 67.000 unit

14/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Baru Lima Bulan Penjualan Suzuki Karimun Wagon R Tembus 67.000 unit
Luar biasa penjualan Suzuki Karimun Wagon R di India, hanya dalam waktu lima bulan lebih dari 67.000 unit terjual. Di Indonesia, ini hasil penjualan yang dicapai!

Suzuki Karimun Wagon R terbaru resmi diluncurkan pada 23 Januari 2019 di India dengan tampilan lebih stylish dan dibekali beragam fitur modern. Dari data penjualan yang didapat, mobil ini mendapat respon sangat positif dari masyarakat. Hanya dalam lima bulan penjualan Suzuki Karimun Wagon R telah melampaui angka 67.000 unit.

Peluncuran Maruti Wagon R di India pada Januari 2019

Tidak laris di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon R ngetop di India

Maruti Suzuki sebelumnya memproyeksi kehadiran Suzuki Karimun Wagon R terbaru bisa mendongkrak penjualan perusahaan secara keseluruhan, namun itu belum terjadi. Dikutip dari Rushlane.com (10/6/2019), penjualan Suzuki Karimun Wagon R terbaru mengalami penurunan sebesar 15% dibanding penjualan Suzuki Karimun Wagon R tahun lalu yang jumlahnya lebih dari 74.000 unit. Secara keseluruhan penjualan Suzuki di India juga mengalami penurunan sekitar 20%.

Meski tidak secemerlang tahun lalu, penjualan Suzuki Karimun Wagon R masih unggul jauh dibanding kompetitornya. Di periode yang sama Tata Tiago yang selama ini menjadi pesaing terdekatnya hanya terjual sebanyak 32.000 unit. Lebih rendah dari pencapaian Hyundai Santro yang terjual hampir 35.000 unit.

>>> Ini Dia Bedanya Suzuki Karimun Wagon R Terbaru dengan Versi Lawas

Tabel Penjualan city car di India

Persaingan ketat terjadi di segmen city car di India

Penjualan Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia

Tidak seperti di India yang mencatatkan hasil sangat indah, penjualan Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia beda jauh. Masuk di segmen mobil murah Low Cost Green Car (LCGC) penjualan Suzuki Karimun Wagon R adalah yang paling rendah dibanding model lain macam Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun GO series. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selama empat bulan (Januari-April) 2019 Suzuki Karimun Wagon R hanya terjual sebanyak 1721 unit. Lebih rendah dibanding penjualan Datsun GO series yang mencapai 1814 unit.

Seperti diketahui, Suzuki Karimun Wagon R terbaru hadir dengan perubahan sangat besar. Sasis dibikin menggunakan platform Heartech sama seperti Swift dan sedan kompak Dzire. Dimensinya lebih besar dibanding model lama, desain eksterior, interior dan beragam fiturnya juga lebih kekinian. Untuk dapur pacunya Suzuki Karimun Wagon R tersedia dua pilihan mesin yaitu K10B berkapasitas 1000 cc dan K12M berkapasitas 1200 cc. Sementara untuk transmisi ada dua pilihan yaitu manual 5 percepatan dan Auto Gear Shift (AGS).

Belum ada kabar yang pasti, namun kehadiran Suzuki Karimun Wagon R terbaru di Indonesia akan sangat menarik dan bisa menjadi sebuah 'harapan' untuk mendongkrak penjualan.

>>> Review Suzuki Wagon R 2019 lebih lengkap bisa Anda baca di sini!

>>> Dapatkan informasi terbaru tentang pasar otomotif Indonesia dan dunia di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top