Review Suzuki Wagon R 2019

24/01/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
New Suzuki Wagon R 2019 akhirnya secara resmi dirilis di India. Tersedia tiga pilihan varian yang ditawarkan oleh Maruti Suzuki meliputi tipe LXI, VXI dan ZXI. Banyak hal baru disematkan pada mobil Compact satu ini sehingga calon konsumen nantinya dapat merasakan sensasi berkendara nyaman memutari jalanan perkotaan. Bahkan, pihak Suzuki juga mengakui bahwa dimensi bodinya bertambah supaya memberi kabin yang lebih lega. Seperti apa sosoknya? Mari kita intip dalam review Suzuki Wagon R 2019.

PENGANTAR Suzuki Karimun Wagon R 2019

Review Suzuki Wagon R 2019 – Debut pertama Suzuki Wagon R dimulai pada tahun 1993. Kendaraan ini diciptakan untuk menjadi salah satu sosok Kei Car yang kala itu sedang digandrungi oleh masyarakat Jepang. Makna R pada namanya merujuk pada arti Recreation yang berarti rekreasi.

Berbicara masalah laris tidaknya produk ini, terjawab dari angka penjualan yang sudah diraih sebanyak 5 juta unit hingga tahun 2010 lalu. Bahkan baru-baru ini, pihak Maruti Suzuki India mengaku bahwa Wagon R yang sudah berkiprah selama dua dekade berhasil terjual 2,2 juta unit hingga tahun 2019 ini. Memang tak dipungkiri, India menjadi negara yang telah berkontribusi besar dalam penjualan Suzuki termasuk Wagon R.

Suzuki Karimun Wagon R Indonesia berdiri dalam kategori LCGC

Menengok kembali Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia

Tepat pada tanggal 23 Januari 2019, New Maruti Suzuki Wagon R dirilis secara resmi sebagai bentuk penyegaran yang mengusung tema “Big New Wagon R”. Perusahaan tersebut juga membeberkan bahwa terdapat 12.000 calon konsumen yang sudah Booking model terbarunya ini. Hal ini tentu sangat menarik untuk dibahas. Apa yang pembaruan yang diberikan pada Wagon R? Menjawab hal tersebut, mari kita simak segala hal detailnya dalam review Suzuki Wagon R 2019.

Karimun Wagon R 2019 berubah dalam banyak hal khususnya dalam aspek eksterior dan interior

Inilah Suzuki Wagon R 2019 yang dirilis di India

EKSTERIOR Suzuki Karimun Wagon R 2019

Kini, eksterior Suzuki Wagon R 2019 terlihat lebih modern serta adanya perubahan pada dimensi bodinya dibanding versi sebelumnya. Dari segi Wheelbase misalnya, kini Wagon R memiliki dimensi 2.435 mm, bertambah 35 mm dibanding versi sebelumnya. Adapun panjang bodi kini dikurangi menjadi 3.655 mm. Hal ini membuatnya terlihat lebih berisi dan gagah.

Varian warna Suzuki Wagon R 2019 terdiri dari 6 pilihan

Tersedia banyak pilihan warna untuk Suzuki Wagon R 2019

Review Suzuki Wagon R 2019: Eksterior Depan

Wajahnya sekilas mirip Suzuki Ignis dengan desain Grille tajam serta mewah yang disebut Modern Architectural Grille oleh Suzuki. Pembaruan ini tentu memberikan nuansa lebih segar dibanding versi sebelumnya yang cenderung Flat. Adapun bemper depannya kini berubah dengan bentuk Trapezoidal berkelir hitam, memberi kesan garang serta agresif. Tentu bisa dibedakan dengan versi sebelumnya yang mana Bonnet depan kini terlihat lebih berkarakter karena garis lampu depannya memberi lekuk seksi.

Eksterior depan Suzuki Karimun Wagon R 2019 sudah dilengkapi Grille berdesain baru dan lampu utama yang menarik

Fascia depannya kini terlihat lebih berkarakter dengan desain Grille baru

Di sisi lain, lampu utama juga mengalami perubahan. Kini ukurannya tampak lebih besar dan menerapkan desain Unique Dual Split Headlamps. Desain ini memisahkan antara lampu utama dengan lampu sein, namun menariknya masih tetap dalam satu wadah. Hal inilah yang akhirnya memberi wajah lebih segar bagi Wagon R.

Lampu utama Suzuki Wagon R 2019 terlihat agresif dan menawan

Inilah lampu utamanya yang menggunakan desain Unique Dual Split

Review Suzuki Wagon R 2019: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping, fitur praktis seperti Electric Retractable ORVMS disematkan pada kaca spion sampingnya. Sehingga, mampu memberi esensi praktis bagi pengendara untuk mengatur posisi spion. Hal menarik lainnya juga bisa diamati pada atapnya yang menggunakan desain Floating Roof, terlihat lebih modern dan juga berkarakter. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh Fender yang lebih menggembung sehingga terlihat lebih berisi sebagai mobil Wagon.

Eksterior samping Suzuki Wagon R 2019 tampil sangat menarik dengan fitur praktis khususnya pada spion

Bodi sampingnya kini dikemas lebih maskulin yang bisa diamati pada sisi Fender yang lebih berisi

Review Suzuki Wagon R 2019: Eksterior Belakang

Menengok bagian belakangnya, kami cukup terpukau dengan desain lampu utamanya yang diposisikan secara vertikal. Selain mampu memberi desain lebih modern, perubahan tersebut juga menawarkan kualitas pencahayaan yang lebih optimal bagi pengendara lain ketika Anda melakukan pengereman. Sentuhan mewah lain juga bisa diamati bersama pada Rear License Garnish yang dibalut aksen krom mewah dengan tulisan “WAGON R” sebagai penunjuk identitasnya.

Eksterior belakang Suzuki Wagon R 2019 dilengkapi dengan lampu yang menarik dengan desain vertikal

Bodi belakang Wagon R 2019 kini dibekali aksen krom mengilap yang sukses memberi kesan mewah

>>> Baca juga:

INTERIOR Suzuki Karimun Wagon R 2019

Kini saatnya, kita melompat ke ruang interior Suzuki Wagon R 2019. Dari segi desain dan atmosfer, Anda masih bisa merasakan sensasi berkendara dari versi Wagon R sebelumnya. Kaya akan unsur elegan dengan permainan warna hitam dan putih di beberapa panelnya.

Review Suzuki Wagon R 2019: Dashboard

Desain dashboard dikemas sangat rapi yang mana segala fitur dan tombolnya mudah dijangkau oleh pengendara. Tersedia juga fitur pendingin AC dengan mode Knob dan belum merambah ke model Digital. Namun hal ini masih dapat dimaklumi, setidaknya esensi praktis dan ergonomis yang ditawarkan masih sangat terasa dalam kabinnya. Adapun kesejukannya ditunjang oleh empat buah Blower yang diposisikan dengan formasi dua Blower di sisi tengah dan dua sisanya berada di setiap ujung dashboard.

Dashboard Suzuki Wagon R 2019 dirancang cukup ergonomis dan rapi

Dashboard juga dikemas menarik dengan paduan warna Two Tone Colours

Adapun panel Head Unit kini dihadirkan dengan teknologi lebih canggih dari versi sebelumnya. Pasalnya, Anda bukan saja dapat mengoperasikan musik saja namun juga dapat menggunakan layanan navigasi serta telepon. Adapun Anda juga bisa memantau kondisi kendaraan serta proses parkir dari layar tersebut. Dalam hal ini kami meyakini bahwa Suzuki Wagon R mulai berbenah dalam segi kenyamanan kabin.

Review Suzuki Wagon R 2019: Setir

Lini setir pun memiliki esensi nyaman serupa. Dengan hadirnya tombol pengaturan audio dan konektivitas telepon, Anda tak perlu lagi repot-repot kehilangan fokus dalam menyetir. Anda hanya perlu menekan tombol pengaturan tersebut di sisi kiri kemudinya. Pihak Suzuki juga memberi kenyamanan lebih dari fitur setir Karimun Wagon R seperti halnya Tilt Steering sehingga Anda lebih mudah memposisikan setir sesuai keinginan.

Setir Suzuki Wagon R 2019 dilengkapi dengan tombol multifungsi sehingga memberi kesan praktis bagi pengendara

Kemudi setir juga sudah dilengkapi tombol pengaturan audio dan konektivitas telepon

Hal menarik lain yang ditawarkan adalah panel Speedometer yang kini didesain sporty. Berlatar hitam dan lampu merah, Vibrant Meter Console tersebut dirasa mampu meningkatkan kepercayaan diri pengendara. Adapun informasi yang ditampilkan dikemas sangat Simple dan mudah dipahami.

Review Suzuki Wagon R 2019: Kursi

Meski belum dibalut kulit namun kursinya masih terlihat elegan. Ya, dalam hal ini Suzuki menggunakan Two Tone Colours dengan menggabungkan warna Beige dan putih sehingga atmosfer kabin yang lega lebih terasa. Belajar dari versi sebelumnya, ruang kaki bangku belakang kini terlihat lega yang terjawab dari penambahan dimensi Wheelbase di angka 35 mm.

Kursi Suzuki Wagon R 2019 terlihat cukup lega dan menawarkan kenyamanan lebih lewat material kain berkualitas

Kursi Wagon R 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Review Suzuki Wagon R 2019: Bagasi

Dalam sebuah mobil Wagon tentunya aspek bagasi menjadi unsur utama yang harus dipertimbangkan matang-matang. Suzuki menjawab hal ini dengan menghadirkan kapasitas bagasi yang sangat lega bagi Suzuki Wagon R 2019. Dari gambar di bawah ini, Anda bisa melihat bahwa ruang bagasinya sangat lapang dan mampu membawa hingga 4 tas berukuran besar ditambah 1 tas berukuran sedang.

Bagasi Suzuki Wagon R 2019 diprediksi mampu menampung 5 tas berukuran besar

Dengan mode standar, bagasi Wagon R 2019 terlihat sangat lega memenuhi kebutuhan keluarga Anda

Bagi Anda yang ingin kapasitas lebih, Suzuki juga menghadirkan fitur pelipatan 60:40 pada bangku belakangnya. Sehingga, ruang bagasi menjadi bertambah signifikan. Tentu saja dengan mode pelipatan seperti ini, masalah barang bawaan sudah terjawab baik oleh Suzuki Wagon R 2019.

Ruang bagasi Suzuki Wagon R 2019 bisa ditingkatkan bagi Anda yang ingin kapasitas lebih

Bisa Anda amati bahwa kapasitas bagasinya bisa bertambah dengan pelipatan kursi

>>> Artikel terkait:

FITUR Suzuki Karimun Wagon R 2019

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com akan memberikan penjelasan mengenai fitur Suzuki Wagon R 2019. Jujur saja, tak begitu ada banyak perubahan menarik pada pembaruannya kali ini, kurang lebih masih sama dengan versi sebelumnya.

Review Suzuki Wagon R 2019: Fitur Keselamatan

Hal paling spesial dari perubahan kali ini adalah hadirnya teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Keduanya sudah disematkan untuk menunjang sensasi pengereman yang lebih stabil, empuk dan presisi. Tentu jika mengamati versi sebelumnya, racikan seperti ini belum dihadirkan.

Fitur keselamatan Suzuki Wagon R 2019 tampilkan hal menarik seperti ABS dan EBD

Dengan harganya yang cukup terjangkau, kami mengapresiasi hadirnya fitur ABS dan EBD

Di sisi lain, fitur keselamatan lainnya masih bersifat standar saja. Seperti halnya, Dual SRS Airbag, Seat Belt Pretensioner Force Limiter serta pengingat audio pemasangan sabuk pengaman, Auto Door Lock, Rear Parking Sensors dan Security Alarm. Dari perubahan kali ini, fitur keselamatan hanya diberikan sedikit polesan saja.

Airbags Suzuki Wagon R 2019 menjadi salah satu fitur keselamatan standar yang ditawarkan

Fitur lainnya adalah keselamatan standar seperti Dual SRS Airbags

Review Suzuki Wagon R 2019: Fitur Hiburan

Lantas bagaimana dengan fitur hiburan? Suzuki Wagon R 2019 kini dipersenjatai dengan Smartplay Studio Touchscreen Infotainment berukuran 7 inci. Panel satu ini terbilang canggih yang sudah didukung format modern sekelas Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth, USB serta AUX. Sayangnya, kualitas audionya terbilang sederhana karena hanya didukung dua buah speaker saja. Meski begitu, kami cukup mengapresiasi mengingat informasi kendaraan akan ditampilkan pada panel tersebut seperti Vehicle Alerts, Door Open Alert hingga Rear Parking Sensor.

Fitur Hiburan Suzuki Wagon R 2019 tampil sangat canggih yang sudah menunjang format Apple CarPlay dan Android Auto

Tersedia panel Head Unit berukuran 7 inci yang sudah siap menghadirkan hiburan selama perjalanan

>>> Simak juga ulasan menarik dari model terbaru Suzuki dengan klik link ini

OPERASI Suzuki Karimun Wagon R 2019

Jika versi sebelumnya yang dijual Indonesia hanya menawarkan mesin 998 cc saja, kini operasi mesin Suzuki Wagon R 2019 menyuguhkan dua kapasitas meliputi 998 cc dan 1.197 cc. Jika Anda ingin performa lebih bertenaga, tentu pilihan mesin 1.2 Liter 4 silinder segaris menjadi rekomendasi terbaik dari kami. Dengan spesifikasi tersebut, mesin 1.2 Liter-nya mampu memberikan daya hingga 61 kW setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak sebesar 113 Nm di angka 4.200 Rpm.

Mesin Suzuki Wagon R 2019 menawarkan kapasitas 1.0 Liter dan 1.2 Liter

Tersedia dua pilihan mesin yang siap memenuhi kebutuhan berkendara Anda

Beda ceritanya dengan mesin 1.0 Liter K10B yang notabene masih sama dengan versi sebelumnya. Jika Anda sudah terbiasa nyaman dengan mesin ini maka model ini yang menjadi opsi terbaiknya. Belum lagi, harganya dibanderol lebih terjangkau dari tipe 1.2 Liter. Di atas kertas, mesin 1.0 Liter K10B ini mampu menghasilkan daya 50 kW setara 5.500 Rpm dengan torsi puncak sebesar 90 Nm pada putaran 3.500 Rpm.

Masih sama dengan versi sebelumnya, Suzuki terlihat cukup membanggakan teknologi transmisi yang ditawarkan pada beberapa produk Line Up-nya termasuk Wagon R. Teknologi transmisi yang kami maksudkan adalah Auto Gear Shift (AGS). Transmisi ini memadukan mode manual dengan otomatis. Dalam hal ini, Anda tidak akan menemukan pedal kopling tetapi tuasnya mencirikan mobil manual pada umumnya. Belum lagi, tidak adanya tuas “P” pada transmisi untuk mode parkir. Namun tak perlu khawatir, Anda hanya perlu memindahkan tuas ke mode netral saja untuk melakukan parkir.

Transmisi Suzuki Wagon R 2019 diklaim mampu memberi tingkat efisiensi lebih baik

Inilah transmisi AGS yang saat ini banyak digunakan oleh beberapa produk Suzuki lainnya

Mengapa AGS? Pihak Suzuki mengklaim bahwa transmisi AGS akan memberikan performa yang lebih irit dibanding transmisi konvensional. Seperti pada Suzuki Wagon R 2019 misalnya, tercatat estimasi bahan bakar berada di angka 22,5 Km/Liter untuk tipe 1.0 Liter dan 21,5 Km/Liter pada tipe 1.2 Liter.

>>> Suzuki Ignis juga menggunakan transmisi AGS yang bahkan harganya dibanderol sangat terjangkau saat ini

spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R 2019

Supaya Anda semakin memahami perubahan pada model ini, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Suzuki Wagon R 2019.

SPESIFIKASI SUZUKI WAGON R 2019

Model

1.0 Liter

1.2 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.655 mm x 1.430 mm x 1.675 mm

Jarak Poros Roda

2.435 mm

Radius Putar Minimum

4,7 m

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter K10B 3 Silinder Segaris

1.2 Liter K12M 4 Silinder Segaris

Kapasitas Silinder

998 cc

1.197 cc

Daya Maksimum

50 kW / 5.500 Rpm

61 kW / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

90 Nm / 3.500 Rpm

113 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

MT / AGS

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

155/80 R13 (LXI)

165/70 R14 (VXI)

165/70 R14

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Tilt dan Electronic Power Steering (EPS)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Emisi

BS IV + OBD-II

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

32 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

22,5 Km/Liter

21,5 Km/Liter

kelebihan & kekurangan Suzuki Karimun Wagon R 2019

Mengingat mobil ini sangat baru, Cintamobil.com hanya akan memberikan kelebihan dan kekurangan Suzuki Wagon R 2019 sesuai hasil opini dari tim kami. Berikut informasi selengkapnya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Perubahan eksterior yang tampil lebih segar dan berkarakter

Perlunya adaptasi masyarakat untuk transmisi AGS

Interior kini dikemas lebih elegan serta memiliki kapasitas bagasi lapang

Tidak ada pembaruan menarik dalam hal fitur keselamatan

Beberapa fitur hiburan disematkan seperti tombol pengaturan audio pada kemudi setir hingga panel Head Unit yang lebih canggih

Format audio seperti Apple CarPlay dan Android Auto hanya bisa dinikmati pada varian tertinggi saja

Performa mesin 1.2 Liter terbilang cukup mumpuni untuk area perkotaan

-

daftar harga Suzuki Karimun Wagon R 2019

Mobil satu ini nyatanya baru saja dirilis di India. Namun tak menutup kemungkinan bahwa Suzuki Wagon R di Indonesia akan mendapatkan perubahan serupa dalam waktu dekat. Berikut daftar harga Suzuki Wagon R 2019.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI WAGON R 2019 (India)

HASIL KONVERSI KE RUPIAH INDONESIA

Suzuki Wagon R 2019 1.0 LXi M/T

INR. 4,19 Lakh

IDR. 83 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.0 Vxi M/T

INR 4,69 Lakh

IDR. 93 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.0 VXi AMT

INR 5,16 Lakh

IDR. 102 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.2 VXi M/T

INR 4,89 Lakh

IDR. 97 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.2 ZXi M/T

INR 5,22 Lakh

IDR. 103 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.2 VXi AMT

INR. 5,36 Lakh

IDR. 106 jutaan

Suzuki Wagon R 2019 1.2 ZXi AMT

INR. 5,69 Lakh

IDR. 112 jutaan

*Catatan:

  • Mengingat model ini baru saja dirilis di India maka kami menggunakan harga resmi dari Suzuki Maruti India
  • Angka di atas adalah hasil konversi dari mata uang India ke Rupiah Indonesia
  • Tentu jika model ini hadir di Indonesia, maka akan ada perubahan harga terkait masalah perizinan, impor dan pertimbangan lainnya dari Suzuki Indonesia

>>> Simak harga Suzuki Karimun Wagon R 2018 Indonesia yang dibanderol mulai Rp. 100 jutaan

Video Suzuki Karimun Wagon R 2019

KESIMPULAN Suzuki Karimun Wagon R 2019

Perubahan demi perubahan dilakukan Suzuki untuk sebuah Wagon R. Memang produk satu ini berhasil menjadi salah satu tulang punggung Suzuki di dunia. Perubahannya kali ini di tahun 2019, terbilang cukup menyegarkan baik dari segi bodi eksterior hingga kenyamanan kabin. Tak salah jika mobil ini nantinya akan menjadi pilihan keluarga perkotaan. Dengan daya tampung 5 orang, mobil ini dipersenjatai dengan dua pilihan mesin yakni 1.0 Liter serta 1.2 Liter. Namun sayangnya fitur keselamatan tidak diberikan perubahan berarti selain adanya racikan ABS dan EBD. Meski begitu, kami cukup suka dengan perubahannya kali ini. Setidaknya, jika Suzuki Wagon R 2019 Indonesia diberikan pembaruan serupa maka dipastikan akan ada banyak konsumen yang siap mencobanya.

>>> Jika Anda suka artikel review mobil semacam ini, Anda bisa juga mengetahui review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil