Bakal Punya Model Baru, Simak Jejak Mitsubishi Xpander di Indonesia

25/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mitsubishi Xpander dikabarkan bakal mengalami penyegaran dalam waktu dekat. Sebelum berbicara lebih jauh soal model barunya, yuk simak lagi perjalanan Xpander.

Segmen Low MPV masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia, bahkan mengisi posisi teratas. Tak heran kalau sejumlah pabrikan ingin ambil bagian di dalamnya, termasuk Mitsubishi. Perjalanan Low MPV Mitsubishi itu dimulai pada tahun 2017 saat Xpander lahir pertama di dunia. 

Mitsubishi Xpander

Wujud Mitsubishi Xpander menyerupai SUV

Sebelum Xpander meluncur, Mitsubishi sudah lebih dulu wara-wiri pamer bakal calon Xpander itu lewat 'XM-Concept'. Meski baru sekadar konsep, 'XM-Concept' sukses bikin orang kepincut. Wajar, 'XM-Concept' yang diklaim sebagai MPV itu justru punya wujud mirip dengan mobil-mobil SUV dari tampilannya yang kokoh. Hingga akhirnya Mitsubishi Xpander dirilis dengan tampilan yang tak jauh berbeda dari 'XM-Concept'. 

>>> Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift untuk Jegal Toyota Avanza 2022?

Dibekali Fitur Mumpuni

Kehadiran Mitsubishi Xpander amat mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Mobil MPV yang meluncur pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 itu bahkan tak luput dari perhatian pengunjung dan kala itu selalu terlihat dikerubungi. Xpander tentu tidak hadir dengan tangan kosong. 

Selain tampilan ala SUV, Mitsubishi juga menyematkan fitur keamanan canggih pada Xpander. Xpander perdana dibekali dengan fitur Hill Start Assist, Pedestrian Protection, Active Stability Control, Dual SRS Airbag, Emergency Stop Signal, ABS, hingga Cruise Control. Bisa dibilang fiturnya keamanannya cukup mumpuni, bahkan beberapa tak dimiliki oleh para rivalnya. 

Mitsubishi Xpander

Fitur di dalam Mitsubishi Xpander

Banyak yang menilai Mitsubishi Xpander menyajikan hal berbeda dari mobil Low MPV lain di Indonesia saat itu. Rupanya penilaian positif masyarakat akan kehadiran Xpander berbanding lurus dengan penjualannya. Empat bulan pertama setelah lahir, Mitsubishi melego 13.070 unit Xpander ke dealer-dealer. 

Memasuki tahun 2018, penjualan Xpander langsung meroket. Pada tahun itu, Xpander langsung membayangi sang rival utama Toyota Avanza. Tercatat pada tahun 2018 penjualan Xpander secara wholesales mencapai 70.679 unit.

Konsumen yang sudah menantikan Xpander pun harus sedikit bersabar karena antrean inden sempat mencapai 4 bulan. Produksi Xpander langsung digenjot Mitsubishi agar konsumen tak lagi menunggu lama. Bahkan Mitsubishi diketahui menambahkan investasi agar produksi Xpander bisa mencapai 10.000 unit per bulannya kala itu. 

Kualitas Xpander buatan Indonesia tak perlu diragukan lagi. Pada tahun 2018 pula tepatnya bulan April, Xpander buatan Indonesia menorehkan sejarah dengan melakukan ekspor perdana ke Filipina. Menyusul setelahnya menyambangi negara-negara kawasan ASEAN lainnya seperti Thailand hingga Vietnam. 

Mitsubishi Xpander

Xpander buatan Indonesia sambangi banyak negara

>>> Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah Seharga Xpander

Indonesia Jadi Pasar Penting Xpander

Perjalanan Xpander masih terus berlanjut. Mitsubishi Xpander masih betah mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2019 tepatnya di posisi ketiga. Kala itu penjualan Xpander tercatat 62.666 unit. 

Berlanjut pada tahun 2020 semasa pandemi, Xpander masih tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang tengah mencari MPV. Di tahun pertama Covid-19 menyeruak itu, Xpander terjual sebanyak 23.304 unit.

Mitsubishi Xpander Facelift

Belum lama ini mobil yang diduga Xpander facelift wara-wiri di jalan

Torehan positif Xpander tampaknya masih akan berlanjut. Mengutip data Gaikindo periode Januari-September 2021, sudah 38.096 unit Xpander terdistribusi dari pabrik ke dealer. Jalan Xpander di Indonesia masih panjang. Mitsubishi pun bakal fokus mengembangkan mobil MPV ini di Indonesia meski nantinya dikirim ke mancanegara. 

"Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Xpander. Kalau Pajero Sport kan global model, Indonesia permintaan Pajero Sport memang tinggi tapi hal itu tidak akan terjadi di Xpander karena sudah konsensus dari MMKSI dan pabrik di sana juga bahwa Indonesia yang utama," ungkap Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Tetsuhiro Tsuchida. 

Mitsubishi Xpander kini dikabarkan bakal memiliki tampilan baru. Terkuak dalam video yang ramai beredar di sosial media, Xpander hadir lebih segar dengan polesan pada tampilan eksteriornya. Penyegaran pada Xpander rasanya memang diperlukan, mengingat persaingan mobil di segmen Low MPV kian memanas.

>>> Sudah Ada 193.000 Mitsubishi Xpander Ramaikan Jalanan di Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top