Sudah Ada 193.000 Mitsubishi Xpander Ramaikan Jalanan di Indonesia

10/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Sudah Ada 193.000 Mitsubishi Xpander Ramaikan Jalanan di Indonesia
Hingga Mei 2021, tercatat 193.000 unit Mitsubishi Xpander terjual di Indonesia. Xpander merupakan salah satu model andalan Mitsubishi di Indonesia saat ini.

Kehadiran Mitsubishi Xpander memang menjadi fenomena tersendiri bagi produsen berlogo tiga berlian. Ya, Xpander merupakan Low MPV perdana yang digarap oleh Mitsubishi. Lahirnya Xpander memang didasarkan pada upaya Mitsubishi untuk melahirkan mobil yang sesuai dengan keinginan orang Indonesia. 

Nyatanya Xpander sanggup memenuhi ekspektasi orang Indonesia akan sebuah Low MPV. Terbukti sejak lahir pada tahun 2017, Xpander masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang tengah mencari Low MPV.

Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Dikembangkan di Indonesia

Xpander masih jadi andalan utama Mitsubishi

>>> Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Edisi Spesial Meluncur, Apa yang Beda?

Mitsubishi Xpander Cukup Diminati Masyarakat Indonesia

Di samping itu penjualan Xpander juga sanggup membayangi mobil sejuta umat, Toyota Avanza. Tercatat hingga April 2021, 193.000 unit Xpander sudah meramaikan jalanan seantero Indonesia. Mitsubishi Xpander tak hanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, melainkan juga ekspor ke beberapa negara. 

"Xpander merupakan produk yang menting bagi MMKSI di pasar Indonesia. sejak peluncuran dari 2017 lebih dari 193.000 unit terjual sampai mei kemarin. berbagai model dan varian baru telah kami kenalkan sampai saat ini," ungkap Direktur Sales dan Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (10/6/2021). 

Di segmen Low MPV, Mitsubishi Xpander bersaing keras dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Livina, Wuling Confero, dan juga Suzuki Ertiga. Bahkan itu masih berlangsung hingga saat ini.

Toyota Avanza Kuasai Segmen Mobil Keluarga Tahun 2020

Avanza salah satu pesaing berat Xpander

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Harga pun turut menjadi faktor yang dipertimbangkan di segmen tersebut. 

>>> Intip Daftar Harga Low MPV Sebelum Dapat Diskon PPnBM

Penjualan Low MPV Mulai Pulih

Low MPV memang salah satu segmen yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Tak heran kalau Xpander bisa menorehkan hasil positif saat masuk di segmen itu. Tapi lain cerita saat pandemi melanda. Segmen Low MPV justru amat terpuruk. Pada tahun 2020 penurunannya bahkan mencapai 43% bila dibandingkan tahun 2019. 

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi baru merilis Xpander edisi spesial

Penjualan Xpander pun turut merasakan dampaknya. Namun memasuki tahun 2021, asa akan penjualan meningkat kembali muncul. Adanya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah mulai Maret hingga Desember 2021 serta pendistribusian vaksin membuat penjualan mobil di segmen Low MPV kembali bergairah. Celah itulah yang turut dimanfaatkan Mitsubishi dalam merilis Xpander dan Xpander Cross edisi spesial. 

"Sampai April tumbuh 14%, market share Xpander 31%. Peningkatan permintaan ini didukung relaksasi PPnBM, dan membuat penjualan retail Xpander meningkat dua kali lipat dibanding sebelum PPnBM. melihat kondisi ini, sepertinya akan terus berlanjut di sisa tahun 2021," tegas Irwan. 

>>> Harga Low MPV Bekas Ini Tak Goyang Meski Ada Diskon PPnBM

 
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top