Bagian Penting Sejarah Otomotif Dunia, Berikut 5 Model VW Beetle Paling Ikonik

17/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Bagian Penting Sejarah Otomotif Dunia, Berikut 5 Model VW Beetle Paling Ikonik
Berawal dari ambisi Adolf Hitler, Volkswagen Beetle berevolusi menjadi ikon otomotif dunia dengan rentang produksi lebih dari 70 tahun. Simak kilas baliknya dengan melihat 5 model VW Beetle paling ikonik yang pernah dijual.

Cikal bakal VW Beetle dimulai dari program mobil rakyat yang digagas Adolf Hitler, dan diberi nama Volkswagen (People’s car/mobil rakyat). Melibatkan Ferdinand Porsche sebagai desainer, VW Beetle diperkenalkan pada tahun 1938 dengan nama Kraft-durch-Freude Wagen (Strenght Trough Joy Car), atau disebut KdF-Wagen.

Desain VW Beetle tahun 1940-an

Desain awal VW Beetle tahun 1940-an

Sempat menjadi mobil operasional petinggi NAZI sepanjang perang dunia kedua (1939-1945), dan jadi kendaraan militer sekutu pasca perang, VW Beetle baru benar-benar dijual ke masyarakat umum pada 1947, dan jadi mobil paling populer keempat sepanjang sejarah dengan lebih dari 23 juta unit diproduksi, hanya kalah dari VW Golf, Ford F Series, serta Toyota Corolla.

>>> Akhir dari sebuah ikon, VW Beetle

Pada masa jayanya, VW Beetle sempat menjadi ikon pop-culture pada dekade 60-70an, dan melahirkan puluhan model yang cukup melegenda. Mulai dari ikon Hollywood seperti Herbie, varian kencang pertama Mach 1, hingga RSi yang hadir pada generasi kedua Beetle.

Lalu, apa saja model VW Beetle paling ikonik yang pernah hadir? Simak daftarya di bawah ini.

1. Mach 1(1965)

VW Beetle edisi khusus Mach 1

Tidak direstui VW, edisi Mach 1 hanya dibuat sebanyak 30 unit

Pada tahun 1960-an, tim reli asal Swedia Scania-Vabis memenangi reli legendaris Liege-Sofia-Liege dengan VW Beetle dengan mesin racikan Okrasa/Oettinger, momentum ini dimanfaatkan distributor VW di Belgia, D’leteren dengan menghadirkan varian Beetle yang lebih kencang tanpa sepengetahuan Volkswagen pusat.

D’leteren coba menghadirkan versi jalanan dari VW Beetle balap Scania-Vabis dengan beberapa ubahan dari versi standar, salah satunya mesin 1200cc standar yang disulap Oettinger menjadi mesin 1300/34 yang menghasilkan tenaga 50 HP, dan diberi nama Mach 1.

VW Beetle Mach 1 hadir dalam dua warna, yakni Ruby Red (L456) dan Java Green (L518), aura balap juga semakin kental dengan penggunaan material kulit warna hitam pada kursi, speedometer dengan kecepatan sampai 160 km/jam, tachometer, dan pengukur temperatur oli.

Saat Volkswagen mengetahui peredaran VW Beetle Mach 1, mereka meminta D’leteren menghentikan produksi mobil tersebut. Alhasil, varian ini hanya diproduksi kurang 30 unit dari 200-an yang direncanakan. Saat ini, tercatat hanya tiga mobil yang tersisa, dan menjadi varian khusus VW Beetle pertama dan yang paling langka.

2. Herbie (1969)

VW Beetle model Herbie berwarna putih

Herbie jadi tonggak popularitas VW Beetle pada tahun 1960-an

Popularitas VW Beetle sebagai ikon pop-culture tahun 1960-an juga terkerek oleh film “The Love Bug” garapan Disney yang rilis pada 1969. Film tersebut bercerita tentang hubungan seorang pembalap dengan sebuah VW Beetle yang diberi nama Herbie.

Tercatat tujuh VW Beetle diproduksi khusus untuk film ini, dengan satu spesifikasi mobil balap dibangun tuner kenamaan EMPI, dengan mesin kepunyaan Porsche 356, dan dapat dipacu hingga 185 kpj.

Menyusul kesuksesan perdana The Love Bug, Disney membuat sekuel Herbie lainnya baik itu berupa serial TV sampai yang paling anyar, Herbie: Fully Loaded, yang dibintangi oleh aktris cantik Lindsey Lohan, 2005 silam.

>>> Sedang cari Volkswagen? Kami punya daftarnya loh

Fakta unik: Pemilihan #53 sebagai nomor mobil Herbie terinspirasi dari ikon MLB tahun 1960-an, Don Drysdale yang kala itu bermain untuk Los Anggles Dodgers.

3. Ultra Brite Love-Bug (1975)

VW Beetle edisi khusus Ultra Brite berwarna biru

Beli pasta gigi bisa dapat VW Beetle edisi khusus, kenapa tidak?

Popularitas VW Beetle dimanfaatkan produsen pasta gigi Ultra Brite dalam kampanye ‘How’s Your Love Life?’ pada akhir tahun 1975, dengan hadiah utama lima Beetle edisi spesial. Kelima mobil tersebut berbasis Beetle keluaran 1974 warna Marina Blue dengan corak khusus dari Beetleboards of America (1972-1981), selebihnya mobil ini sama persis seperti Beetle pada umumnya.

4. New Beetle RSi (2000)

VW New Beetle RSi warna Silver Arrow Metalic

VW Beetle RSi merupakan varian terkencang yang dijual secara umum

Satu dari sedikit varian kencang Beetle, berbasis generasi kedua VW Beetle yang dipasangkan mesin VR6 3,2 liter dan mampu berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 6,4 detik. Selain mesin, ubahan performa Beetle RSi juga meliputi aspek lain seperti suspensi balap serta beberapa komponen lain seperti over fender, bodykit yang lebih agresif, diffuser serta spoiler belakang yang lebih besar.

>>> Selalu update kabar terbaru pasar mobil Anda di sini

VW Beetle RSi hanya diproduksi 250 unit dengan pilihan dua warna Silver Arrow Metalic (LG9R/P4) sebanyak 247 buah, dan tiga unit warna Biru Metalik, dengan satu dari tiga Beetle RSi berkelir biru dimiliki CEO Volkswagen tahun 2002-2015, Ferdinand Piech.

5. VW Beetle Ultima Edition (2003)

VW Beetle Ultima Edicion warna Light Metalic Blue

Model ini mendandakan akhir peredaran generasi pertama VW Beetle selama 70 tahun

Akhir dari perjalanan panjang generasi pertama VW Beetle, sekaligus mesin air-cooled yang identik dengan Beetle. Model ini diperkenalkan pada Kamis, 10 Juli 2003 bertempat di pabrik Volkswagen Meksiko, dan hanya dibuat 3.000 unit dengan dua pilihan warna, yakni Harvestmoon Beige (LB1M) dan Aquarius blue (LB5B).

Beberapa aspek yang hadir sepanjang 70 tahun perjalanan generasi pertama VW Beetle kembali dihadirkan, seperti ban dengan sisi warna putih, bemper krom, pelek sewarna body dengan tambahan penutup, serta plakat khusus. Selain kedua warna tersebut, VW Beetle Ultima Edition juga hadir dalam warna Biru muda metalik, dan satu unit diberi warna Orange Red untuk Prof. Wilfried Bockelmann, anggota dewan Volkswagen.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Selamat Tinggal VW Beetle!

11/07/2019

Pasar mobil

4 menit

Akhirnya tiba waktu untuk mengucapkan perpisahan terhadap VW Beetle, setelah Volkswagen memutuskan untuk menghentikan produksi VW Beetle di seluruh dunia. Acara perpisahan pun digelar untuk menghormati produksi terakhir VW Beetle 2019.

Lihat juga

13 Maret, Pertama Kali ‘The Love Bug’ Promosikan Volkswagen Beetle

13/03/2019

Pasar mobil

‘The Love Bug' merupakan film legendaris yang turut membawa nama Volkswagen Beetle sebagai salah satu kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai. Dan hari ini menandai pertama kalinya film ini diputar di seluruh bioskop di Amerika Serikat.

Lihat juga

Classic VW Bugs, Bengkel Khusus VW Beetle untuk Nostalgia Masa Lalu

19/06/2018

Pasar mobil

Kabar buruknya, berita tentang VW menutup produksi mobil ikonik mereka berkembang pada bulan Maret lalu. Berita baiknya, konsumen bisa memperbaiki VW Beetle di bengkel khusus VW Beetle ini.

Lihat juga

Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan

05/06/2019

Pengemudian

2 menit

Ketika pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk membuat pengemudi merasa nyaman dengan mengatasi mabuk kendaraan, Volkswagen malah ingin membuat penumpangnya mabuk di jalan. Kenapa ya?

Lihat juga

Pemesanan Mobil Listrik Futuristik Volkswagen ID.3 Sudah Dibuka di Eropa

10/05/2019

Mobil baru

Siap untuk menantang Tesla yang saat ini berkuasa di Eropa, Volkswagen telah mulai membuka keran pemesanan Eropa untuk mobil listrik jarak jauh pertamanya. Diberi nama Volkswagen ID.3, pabrikan asal Jerman ini mengumumkan rincian biaya dan beberapa fitur yang bisa didapatkan.

Lihat juga
 
back to top