Aturan Uji Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik di Indonesia Telah Dibuat

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Aturan Uji Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik di Indonesia Telah Dibuat
Aturan Uji Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik di Indonesia telah dibuat. Lalu aturan apa sajakah yang harus dipenuhi untuk kendaraan ramah lingkungan ini?

Aturan Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik dan Konversi Sepeda Motor ke Tenaga Listrik di Indonesia sudah resmi dibuat. Direktorat Sarana Transportasi Kemenhub Indonesia mengatakan dalam sebuah diskusi webinar yang bertemakan Kesiapan Industri Electric Vehicle bahwa saat ini pihaknya telah menyelesaikan dua aturan tersebut.

>>> Bus Listrik Transjakarta Diharap Tak Senasib dengan Versi CNG

Gambar menunjukan Mobil listrik

Pemerintah terus menggencarkan pengembangan mobil listrik di Indonesia

Tinggal Menunggu Persetujuan Menteri Perhubungan

“Melalui Perpres 55 untuk percepatan kendaraan listrik berbasis baterai Kementerian Perhubungan diamanatkan dari Perpres tersebut yaitu menyiapkan regulasi terkait dengan pengujian Kendaraan Bermotor Listrik. Bersyukurnya regulasi pengujian tersebut telah dibuat awal tahun 2020.” kata Jabo mewakili  Direktorat Sarana Transportasi Kemenhub Selasa (8/9/2020)

“Kemudian yang kedua kami juga mendapat tugas untuk penyiapan regulasi terkait konversi kendaraan motor bakar menjadi kendaraan listrik untuk tahap awal kami menyiapkan konversi sepeda motor, ini prosesnya sudah dilakukan harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM pada saat ini sudah selesai harmonisasi. Kami hanya tinggal menunggu tanda tangan dari Menteri Perhubungan kemudian diundangkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Jadi kami telah menyelesaikan dua regulasi tersebut.” tutupnya.

>>> Mengintip Mobil Bekas Tesla di Indonesia, Berapa Sih Harganya?

Gambar menunjukan Mobil listrik Tesla

Mobil listrik harus memiliki suara yang dapat didengar pejalan kaki

5 Aturan Uji Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik

Dalam persentasinya, Jobo mengungkapkan bahwa Direktorat Sarana Transportasi Kemenhub Indonesia telah mengeluarkan 5 aturan Penyelanggaraan Pengujian Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Listrik. Adapun 5 uji tersebut ialah uji kerja akumulator listrik, alat pengisian energi listrik, pengujian kemampuan perlindungan terhadap sentuh listrik, keselamatan fungsional serta emisi hidrogen.

Selain itu Jabo juga menjelaskan bahwa kendaraan listrik harus memiliki suara. Nantinya suara mobil listrik di Indonesia harus menyerupai suara kendaraan pada umumnya. 

"Kendaraan bermotor listrik harus dilengkapi dengan suara maksimal 75 desibel sedangkan untuk motor listrik tidak perlu dikenakan aturan ini. Selain itu mobil hybrid dengan penggerak utamanya motor bakar tidak wajib melakukan pengujian suara." tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Deretan Mobil Listrik yang Sudah Lakoni Uji Tipe di Indonesia

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jumlah mobil listrik di Indonesia masih minim. Meski begitu, para pabrikan rupanya telah melakoni Uji Tipe dan mendapatkan SUT untuk beberapa modelnya.

Lihat juga

Produksi MINI Electric Tembus 11.000 Unit dalam Setahun

04/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Baru diperkenalkan tahun 2019, MINI Electric langsung jadi hits di pasar global dengan 10.000 unit telah diproduksi dan diekspor ke seluruh dunia dalam waktu kurang dari satu tahun.

Lihat juga

Bangun Panel Listrik Tenaga Surya, Toyota Keluarkan Jutaan Dollar

12/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota menggelontorkan dana jutaan Dollar untuk membangun panel listrik tenaga surya yang akan digunakan memenuhi kebutuhan listrik 3 pabrik di Amerika Serikat.

Lihat juga

Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

06/01/2018

Perawatan dan service

3 menit

Mempunyai mobil yang mewah tidak berarti apa-apa jika lampu depan mobil anda rusak. Jika lampu depan rusak, tidak butuh usaha lebih untuk mengganti lampu depan mobil. Mengganti lampu depan bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang tidak begitu susah.

Lihat juga

3 Langkah Memakai Sabuk Pengaman yang Benar

08/09/2020

Pengemudian

3 menit

Terlihat sederhana, namun sabuk pengaman berperan besar terhadap keselamatan. Berikut 3 langkah memakai sabuk pengaman yang benar agar memberi manfaat maksimal.

Lihat juga