Akal-Akalan Jenius Pabrik Ban dalam Sejarah Michelin Star

17/07/2021

Pasar mobil

4 menit

Strategi marketing Michelin patut diacungi jempol. Dimana sejarah Michelin Star awalnya bermula sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan ban mereka.

Michelin merupakan produsen ban kedua terbesar di dunia. Mereka memasok ban untuk supercar, dump truk, bahkan ban Pesawat Ulang-alik. Lalu apa hubungan ban Michelin dengan penilaian restoran Michelin Star? Ternyata hal ini bermulai dari keinginan pendiri Michelin agar semakin banyak orang melakukan perjalanan, sehingga lebih banyak menggunakan ban, dan produk mereka semakin laris.

Sejarah lahirnya Michelin

Dua bersaudara Andre yang merupakan seorang insinyur dan Eduardo Michelin, seorang seniman lanskap mengambil alih bisnis keluarga mereka yang mengkhususkan diri untuk membuat peralatan pertanian. Mereka melakukan diversifikasi ke penjualan ban karet di akhir 1800-an ketika mobil pertama diluncurkan.

tempat lahir ban Michelin yang berada di Prancis
Clermont-Ferrand, kota di Prancis yang menjadi tempat lahirnya Michelin

Saat membantu memperbaiki ban sepeda di pabrik mereka, mereka menemukan teknik yang tidak mengharukan ban direkatkan ke tepi roda. Lahirlah ban pneumatic pertama yang dapat dilepas dan menandai lahirnya merek Michelin di 1889.

Pada tahun 1900 terjadi ledakan penjualan mobil. Ada sekitar 3.000 unit mobil di Prancis kala itu. Michelin bersaudara menemukan ban berisi udara yang “dapat diganti’. Untuk meningkatkan penjualan, mereka fokus pada pengadaan ban bagi mobil baru serta untuk penggantian ban bekas.

>>> Pilihan Tipe dan Harga Ban Mobil Michelin di Indonesia Terlengkap

mobil di Prancis pada tahun 1900-an
Di tahun 1900-an, ada banyak mobil yang terjual di Prancis

Dan salah satu marketing jenius yang mereka lakukan akan memperkenalkan berbagai restoran menarik di sekitar Prancis. Semakin banyak orang yang melakukan perjalanan, semakin cepat ban tergerus dan habis. Sehingga semakin cepat siklus penggantian ban yang tentu saja menguntungkan bagi bisnis ban mereka.

>>> Ban Michelin MotoGP 2021 Dinilai Kurang Berkualitas

Michelin Guide pertama

Setelah dua tahun membuat informasi secara gratis, Andre Michelin datang ke sebuah toko ban untuk melihat buku panduan dari Michelin yang terletak di toko tersebut. Dengan slogan “orang-orang hanya menghargai apa yang mereka bayar”, Michelin akhirnya meluncurkan Michelin Guide pertama pada tahun 1920 dan dijual dengan harga 7 franc (dengan kurs saat ini atau sekitar Rp 110 ribu).

Sebelum adanya Google, buku ini populer kala itu. Berisi tentang semua mekanik di Prancis, instruksi mengganti ban kempes, lokasi pompa bensin, serta restoran dan hotel yang cocok bagi para pelancong lengkap dengan peta jalan yang terperinci. Tentu saja, buku panduan ini langsung populer.

Michelin Guide yang berisi tentang informasi teknis hingga peta Prancis
Michelin Guide berisi semua informasi teknis otomotif hingga peta Prancis

Tapi di era 1920-an, dimana mobil menjadi lebih umum dan orang-orang mulai mengerti tentang mekanis, Michelin bersaudara ingin fokus pada makanan. Mereka memutuskan untuk menunjuk ‘inspektur makanan’ dan kritikus makanan professional untuk meninjau restoran dan menilai masakan secara anonim. Hanya restoran terbaik yang ditampilkan dalam buku panduan ini.

Pada tahun 1926, mereka membuatnya lebih eksklusif. Mengingat hanya orang kaya yang mampu membeli dan mengendarai mobil. Mereka mulai memberikan peringkat dan Michelin Star. Selama lima tahun, hanya restoran terbaik yang mendapatkan satu bintang Michelin.

>>> 5 Fakta Menarik Tentang Maskot Michelin Bibendum

Michelin Star Restaurant

Baru pada tahun 1931, Michelin Star terbagi menjadi tiga kategori, mulai dari bintang 1 hingga bintang 3. Berikut arti dari masing-masing bintang yang diberikan.

  • Bintang 1: Makanan berkualitas tinggi. Bagi Anda yang sedang melewati daerah tersebut, restoran ini layak untuk dikunjungi.
  • Bintang 2: Makanan luar biasa. Restoran ini layak untuk dikunjungi bagi Anda yang berada di daerah yang jauh dari restoran.
  • Bintang 3: Menawarkan makanan dan pengalaman kuliner yang luar biasa. Restoran ini sangat layak untuk dikunjungi bagi Anda yang berada di daerah yang jauh dari restoran.

penghargaan Michelin Star dengan logo ban Michelin
Ada Bibendum, logo ban Michelin dalam setiap pemberian penghargaan Michelin Star

Warisan Michelin Star semakin kuat hingga saat ini. Dengan pemilik restoran membanggakan bintang Michelin yang mereka dapatkan. Bahkan penerima penghargaan Michelin, Gordon Ramsay, sangat terpukul ketika ia kehilangan dua Michelin Star untuk restorannya, The London, pada 2013 silam.

Walaupun tetap ada kontroversi yang mengiringi. Beberapa restoran yang menolak peringkat Michelin karena ekspektasi ini hanya mewakili sebagian orang. Namun Michelin bersaudara tentu menjadi pelopor dan inovator dalam memberikan penghormatan kepada bisnis kuliner. Dan tentu saja sebagai teman perjalanan yang menarik untuk Anda kunjungi.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top