4 Alasan yang Membuat Mobil SUV Makin Populer

18/06/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
4 Alasan yang Membuat Mobil SUV Makin Populer
Popularitas mobil SUV makin populer semakin harinya apabila dibandingkan dengan model lain. Ada beberapa alasan yang membuat SUV kian populer, yuk simak!

Mobil berjenis SUV makin ke sini makin banyak peminatnya. Bisa dilihat, sejumlah pabrikan pun tak mau ketinggalan untuk menghadirkan mobil berjenis SUV dalam deretan produknya. 

Produksi mobil SUV tak hanya dilakukan oleh pabrikan yang menggarap mobil massal. Produsen mobil premium pun ikut ambil bagian dalam melahirkan SUV. Bahkan produsen supercar yang biasanya identik dengan model sedan pun kini ada versi SUVnya. 

Lamborghini Urus

Lamborghini ikutan memproduksi SUV

SUV sendiri merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Bila melihat dari namanya, mobil identik dengan tampilan yang kekar dan kemampuannya melahap berbagai medan. 

>>> Studi Menyebut Mobil SUV Lebih Mematikan saat Tabrak Pejalan Kaki

SUV juga identik dengan kegiatan-kegiatan off-road, dimana hanya mobil jenis tertentu yang bisa melintasinya. Padahal, untuk jalanan off-road mobil harus memiliki kemampuan 4X4 agar bisa dengan mudah melintasinya. 

SUV sejatinya adalah mobil harian yang memiliki tampilan laiknya dan fitur mirip dengan mobil 4x4. Mobil SUV cukup populer di Amerika pada akhir tahun 1980-an hingga awal tahun 1990-an. Tetapi makin ke sini, banyak juga penggemar SUV dari Benua Biru, hingga ke seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Mobil SUV

Bodi SUV cukup bongsor

Apa yang membuatnya Populer? Melansir Insurance Choice, Kamis (18/6/2020), ada sederet alasan yang membuat SUV makin dicintai oleh para pengendara. 

>>> Honda Civic Estilo, Mobil Lama yang Harga Bekasnya Nyaris Rp 200 Juta

1. Bisa Dipakai sebagai Mobil Keluarga

Desain SUV dari tahun ke tahun terus berkembang. Bila biasanya identik dengan kegiatan off-road, saat ini para pabrikan juga mulai mendesain SUV dengan berorientasi pada keluarga. Maksudnya, banyak SUV yang dijual saat ini di pasaran memiliki desain interior yang mampu memuat banyak orang. 

Sebagai contoh, SUV berkapasitas 7-seater mulai banyak dihadirkan oleh para produsen mobil. Padahal SUV biasanya hanya mampu memuat 5 orang di dalamnya. Mobil juga memiliki kabin lebih luas, sehingga mampu mengakomodir barang bawaan ketika sebuah keluarga merencanakan untuk berpergian. 

>>> Meramal Nasib Mobil Manual di Masa Depan

2. Lebih Praktis

SUV juga menjadi pilihan bagi mereka yang sering berpergian dan membutuhkan ruang luas untuk membawa barang. SUV memang lebih lega baik di bagian depan maupun belakang dan dinilai lebih nyaman untuk diajak berpergian jauh. 

3. Lebih Merasa Aman

Mobil SUV

Bodi besarnya membuat orang merasa nyaman di dalamnya

Tak ada yang menjamin kalau mobil SUV lebih aman dari model lainnya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang merasa aman ketika naik SUV lantaran posisi duduk lebih tinggi. Hal itu membuat visibilitas para pengendara juga lebih luas. 

>>> Merek Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Mei 2020

4. Nyaman saat Dikendarai

SUV memiliki bobot dan ukuran yang lebih besar dari mobil pada umumnya. Tapi ini tak lantas menghilangkan kepuasan berkendara. Semakin ke sini, teknologi di dalam mobil SUV serta bobotnya juga sudah disesuaikan agar para pengendara lebih merasa nyaman. 
 

>>> Simak juga berita otomotif terkini dari dalam dan luar negeri di sini 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top